Thursday, 18 Jul 2024

11 Makanan dan Minuman Burung Parkit Agar Jinak

6 minutes reading
Wednesday, 18 Oct 2023 14:19 0 259 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Tidak hanya anjing dan kucing saja yang dijadikan hewan peliharaan namun sudah banyak juga memelihara burung parkit sebagai peliharaannya, dalam memelihara burung parkit agar terus sehat tentu saja harus tahu dengan makanan dan minuman burung parkit agar menjadi jinak.

Burung parkit adalah salah satu spesies burung paruh melengkung dengan memiliki tubuh yang sangat kecil dan juga ramping paling banyak dikenal di dunia, dengan memiliki ekornya yang panjang menjadi daya tarik tersendiri untuk para penggemarnya.

Burung parkit ini yang sudah tersebar dan juga tersedia sangat melimpah di daerah asalnya yaitu di Australia, burung parkit yang tidak hanya sebagai burung kicau biasa saja tetapi burung yang satu ini yang memiliki banyak keunikan yang tidak banyak orang tahu.

Burung parkit yang terkenal sebagai burung eksotis dan jenis burung ini juga mempunyai kemampuan untuk dilatih dan bahkan dapat berbicara karena masih termasuk ke dalam satu spesies dengan burung beo, bahkan burung ini menjadi salah satu burung pintar dalam spesies burung beo.

Sehingga tidak heran jika banyak orang yang memilih untuk memelihara burung parkit di rumahnya sebagai hewan peliharaan, jika kamu ingin memelihara burung parkit tentu saja sebelumnya kamu harus mencari tahu terlebih dahulu dengan jenis makanan dan minuman yang disukai burung tersebut.

Untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja makanan dan minuman untuk burung parkit agar menjadi jinak, maka untuk mengetahui dengan makanan dan minuman burung parkit agar jinak bisa simak ulasannya dibawah ini.

Makanan dan Minuman Burung Parkit Agar Jinak

Makanan dan Minuman Burung Parkit Agar Jinak

Burung parkit sendiri menjadi salah satu burung kicau yang sangat populer untuk dipelihara karena memiliki warna yang mencolok dan juga jinak, dimana burung parkit ini termasuk jenis burung sosial yang menyukai hidup dengan kelompoknya.

Burung parkit yang bisa hidup sampai 20 tahun jika melakukan perawatannya dengan baik dan benar, salah satu perawatan yang sangat penting dan tidak boleh terlupakan yaitu pemberian makan dan juga minuman untuk memenuhi asupan nutrisi burung agar tetap sehat dan kuat.

Oleh karena itu berikut di bawah ini beberapa jenis makanan dan minuman burung parkit yang bisa diberikan pada burung kesayangan kamu yaitu sebagai berikut:

Pelet

Salah satu jenis makanan burung parkit yang pertama bisa kamu berikan yaitu ada pelet menjadi makan sehat untuk burung parkit, pelet yang terkenal dengan memiliki nutrisi tinggi dan banyak dipilih oleh para pemelihara burung parkit untuk membantu dalam menunjang pertumbuhan dan juga kesehatan burung parkit.

Dimana pelet sendiri yang diformulasikan dengan vitamin, asam amino, dan juga mineral yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan untuk mendukung burung parkit agar bisa lebih cepat bertelur, tetapi tidak semua burung parkit menyukai makanan yang satu ini sehingga kamu perlu membiasakannya terlebih dahulu dan proses tersebut biasanya memakan waktu.

Milet

Milet yang termasuk ke dalam  tumbuhan kelompok serealia dengan memiliki bulir berukuran kecil, terdapat dua jenis milet umum dijumpai di pasaran yaitu ada milet merah dan juga milet putih, dan untuk jenis milet sering digunakan sebagai makanan burung parkit yaitu milet putih.

Milet sendiri yang tidak hanya dapat diberikan pada burung parkit saja tetapi juga bisa diberikan untuk beberapa jenis burung lainnya seperti burung perkutut, lovebird dan sebagainya, kamu bisa memberikan milet ke burung parkit ini dengan jumlah yang pas.

Biji Beras Merah

Beras merah yang digemari oleh burung parkit dan bahkan menjadi makanan burung parkit lokal, biji beras merah ini yang bisa disajikan dalam situasi kering dan tidak buruh direndam terlebih dahulu, kamu bisa menemukan biji beras merah di pasar atau toko sembako.

Buah-buahan Segar

Buah-buahan yang merupakan salah satu jenis makanan yang sehat dan baik diberikan pada burung parkit selanjutnya, untuk makanan sehat tersebut yang dipercaya mengandung mineral, vitamin dan juga antioksidan yang dibutuhkan untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar dan sehat pada burung parkit.

Karena memang buah-buahan yang tidak hanya untuk manusia saja tetapi untuk kesehatan burung juga yang membutuhkan buah-buahan segar yang diperlukan untuk tubuh, untuk buah-buahan yang memiliki manfaat dalam menambah energi agar burung terlihat lebih sehat dan juga tidak lesu.

Untuk pemberian buah-buahan segar ini yang bisa kamu lakukan dengan memberikannya 2 hingga 3 dalam seminggu, buah-buahan yang bisa kamu pilih sebagai makanan burung parkit yaitu ada pepaya, melon, pisang, jeruk, anggur dan lainnya.

Biji Jagung Muda

Untuk jagung muda yang bisa kamu berikan kepada burung parkit dan jagung muda segar dan juga tidak banyak basah menjadi salah satu menu makanan paling disukai oleh burung parkit, sebelum memberikan biji jagung muda maka pastikan merendamnya terlebih dahulu agar sedikit basah.

Tulang Sotong

Burung parkit betina yang umumnya akan bertelur akan mengalami kekurangan kalsium, sehingga jika burung parkit yang akan bertelur kamu harus memberikan tulang sotong yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan pakan harian untuk mengatasi kekurangan kalsium.

Sayuran Segar

Sayuran menjadi salah satu jenis makanan yang sehat untuk diberikan pada burung parkit, untuk jenis sayuran yang biasanya diberikan pada burung sebagai pakannya yaitu sayuran berupa biji-bijian yang nantinya akan disajikan dengan pelet atau makanan harian yang lainnya.

Untuk beberapa jenis sayuran yang bisa dijadikan makanan parkit yaitu seperti wortel, brokoli, sawi hijau, bayam, kol, tomat dan lainnya, dengan memberikan sayuran pada makanan burung parkit yang kemungkinan akan membuat kotoran mereka menjadi sedikit berair, tetapi jangan khawatir selama burung parkit tidak menunjukan gejala masalah kesehatan yang lain.

Tauge

Tauge yang termasuk rekomendasi jenis makanan yang bisa diberikan pada burung parkit yang dipercaya bisa berpengaruh besar pada kesuburan, sehingga untuk kamu yang ingin lihat burung parkit cepat bertelur maka bisa dengan memberikan tauge sebagai makanannya.

Disamping itu juga taoge yang dapat membantu untuk meningkatkan birahi fertilitas telur sehingga bisa menghasilkan anakan parkit yang bagus dan berkualitas, tetapi pastikan memberikannya dalam jumlah yang tepat.

Biji Jewawut

Untuk jenis makanan yang baik diberikan pada burung parkit yaitu ada biji jewawut dan di Indonesia untuk biji jewawut ini yang memiliki banyak sebutan seperti otek atau lelawut, jewawut biasanya yang akan disajikan dengan malai atau hanya bagian biji jewawut saja.

Jewawut sendiri merupakan tumbuhan keluarga padi-padian yang berbiji kecil dan lembut sering digunakan sebagai pakan burung yang mampu mencukupi kebutuhan karbohidrat, lemak dan protein yang dibutuhkan, untuk biji jewawut yang sangat mudah untuk didapatkan di pasar burung atau toko penjual pakan burung,

Kacang-kacangan

Burung parkit yang termasuk jenis burung yang suka mengkonsumsi kacang-kacangan sehingga untuk makanan burung parkit yang selanjutnya bisa kamu berikan yaitu kacang-kacangan, namun pastikan konsumsinya yang harus dibatasi karena sebagian besar kacang-kacangan mengandung lemak yang tinggi sehingga tidak baik dijadikan pakan harian.

Dimana kamu yang bisa memberikan kacang-kacangan dalam 2 atau 3 kali seminggu dengan jumlah atau takaran yang pas, pastikan juga memberikan kacang-kacangan mentah dan untuk beberapa jenis kacang-kacangannya yaitu ada kacang tanah, kacang almond dan juga kacang mete.

Air Bersih

Untuk minumannya sendiri yang bisa kamu berikan ke burung parkit yaitu dengan minuman air bersih setiap harinya, pastikan kamu selalu membersihkan wadah minuman yang secara rutin untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri.

Untuk suplemen atau vitamin yang sebaiknya kamu campurkan pada makanan, perlu diingat pastikan untuk menghindari mencampurkan suplemen tersebut ke dalam minuman agar bakteri tidak cepat bersarang dalam wadah minuman tersebut.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa makanan dan minuman burung parkit agar jinak yang bisa kamu berikan ke burung kesayangan kamu dengan porsi yang tepat tidak berlebihan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.