Wednesday, 17 Jul 2024

6 Makanan Mood Booster Untuk Memperbaiki Suasana Hati

4 minutes reading
Sunday, 17 Mar 2024 02:17 0 224 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Anak-anak remaja zaman sekarang, kalau lagi bete atau kesal, mereka menyebutnya dengan sebutan bad mood. Dimana, kondisi ini diartikan sebagai suasana hati yang sedang memburuk. Begitupun dengan istilah mood booster yang sering digunakan sebagai objek yang dapat meningkatkan suasana hati seseorang menjadi lebih baik, dan salah satu objek tersebut adalah makanan mood booster.

Makanan memang memiliki peran besar dalam membantu meningkatkan suasana hati seseorang. Makanya ada istilah “Perut kenyang, hatipun senang”, ternyata memang benar faktanya seperti itu. Banyak makanan mood booster yang dapat kamu coba saat sedang merasa tidak baik atau bad mood, agar dapat kembali ceria.

Lantas, apa saja sih makanan mood booster? Nah, disini akan memberikan beberapa rekomendasi makanan yang dapat kamu konsumsi sebagai mood booster dikala sedih ataupun galau. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Makanan Mood Booster, Dijamin Langsung Happy Lagi

6 Makanan Mood Booster Untuk Memperbaiki Suasana Hati

Kamu pernah mengalami situasi yang awalnya membuat kamu merasa bersemangat, namun saat mendapati masalah tiba-tiba melanda atau bahkan tanpa permasalahan yang jelas, kamu secara tiba-tiba menjadi tampak lebih lesu dan kecewa? Orang zaman kini, cenderung lebih senang menyebut kondisi tersebut sebagai Mood Swing.

Yakni, suatu kondisi dimana kamu akan mengalami perubahaan emosi, dari yang tadinya bernuansa positif, kini malah menjadi negatif.

Maka dari itu, ketika tengah berada dalam kondisi tersebut, seseorang cenderung akan lebih banyak diam daripada beraktivitas seperti biasanya. Dengan demikian, sebuah peristilahan baru yakni “mood booster” muncul sebagai salah satu bentuk penanggulangan terhadap kondisi perubahaan mood ini.

Mood booster sendiri banyak ragamnya, mulai dari jenis obat yang dapat membangkitkan mood, playlist musik yang disenangi, seseorang yang dicintai dan dikagumi, bahkan jenis makanan tertentu diyakini dapat menjadi mood booster kala sedang merasa tidak baik-baik saja.

Oleh sebab itu, berikut adalah macam-macam makanan penambah mood yang dapat kamu coba. Yuk, simak ulasan ini sampai tuntas!

Dark Chocolate

6 Makanan Mood Booster Untuk Memperbaiki Suasana Hati

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dark chocolate sangat efektif untuk meningkatkan mood.

Menurut studi dari Australian Academy of Science, coklat mengandung beberapa bahan seperti theobromine, anandamide, phenylethylamine, dan glukosa. Selain itu, ada polifenol dalam coklat, yang memiliki potensi yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu mengurangi gejala depresi.

Kandungan-kandungan tersebut bekerja secara bersama-sama untuk mengurangi kecemasan, meningkatkan rasa cinta, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kegembiraan. Tidak mengherankan bahwa dark chocolate disebut sebagai “love drug”, “happiness drug”, atau “pleasure drug”.

Teh Hijau

6 Makanan Mood Booster Untuk Memperbaiki Suasana Hati

Meneguk secangkir teh hangat dapat menenangkan kamu pada hari yang sulit. Saat kamu merasa sedih, teh hijau adalah minuman yang bagus untuk dikonsumsi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi dua hingga tiga cangkir teh hijau setiap hari dapat membantu orang lanjut usia mengurangi gejala depresi.

Teh hijau mengandung asam amino L-theanine, yang dapat melawan kecemasan, dan kafein, yang dapat meningkatkan gairah dan semangat.

Alpukat

Alpukat dianggap sebagai makanan yang dapat meningkatkan mood saat suasana hati kamu sedang buruk, alpukat baik untuk hal itu karena mengandung vitamin B6 dan asam folat yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi serotonin di otak.

Dengan serotonin, alpukat secara tidak langsung akan membantu kamu menjadi lebih berstamina dan menghindari diri dari rasa mudah lelah.

Pisang

Menurut Healthline. Pisang dapat membantu kamu dalam meningkatkan mood. Sebab buah ini kaya akan vitamin B6, yang membantu mensintesis hormon bahagia seperti dopamin dan serotonin. Pisang juga mengandung banyak gula dan serat.

Serat memungkinkan gula dilepaskan perlahan ke aliran darah, yang membantu menjaga kadar gula stabil dan meningkatkan suasana hati.

Es Krim

Menurut Graham Family Dairy, es krim mengandung protein dan lemak yang dapat meningkatkan mood. Kandungan asam amino tryptophan juga memiliki kemampuan untuk mendorong produksi serotonin lebih banyak di otak.

Jadi, ketika kamu mengonsumsi es krim dengan porsi sewajarnya, kamu akan lebih dapat santai dan merasa bahagia.

Makanan Pedas

Ternyata makanan pedas seperti ayam geprek, seblak, mie nyemek, dan berbagai sambal dapat meningkatkan mood kamu, lho. Makanan mood booster satu ini memang paling banyak disukai, terkhususnya bagi para kaum wanita.

Sebuah studi yang dimuat oleh Liberty University menemukan bahwa cabai memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi zat endorfin, yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit alami bagi tubuh.

Cabai juga meningkatkan produksi serotonin, yang berdampak langsung pada suasana hati. Selain itu, makanan pedas yang kaya vitamin A dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Itulah beberapa jenis makanan mood booster, yang dapat membantu kamu dalam meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Setiap orang memiliki preferensi tertentu tentang cara membangkitkan mood, ketika mendapati dirinya sedang dalam keadaan mood yang buruk. Akan tetapi, kamu dapat mencoba segelintir makanan yang disebutkan diatas untuk mengatasi permasalahan mood yang kurang mengenakan. Good Luck semoga membantu.