Monday, 17 Jun 2024

7 Makanan Penghambat Tinggi Badan Yang Harus Kamu Hindari

6 minutes reading
Thursday, 27 Jul 2023 01:29 0 160 Muti Karya

Nesiaverse.com – Perhatikanlah  jenis makanan yang kamu konsumsi, bisa jadi terdapat jenis  makanan penghambat tinggi badan yang masuk ke tubuh kamu. Tidak hanya kebiasaan yang buruk yang malas berolahraga yang membuat tubuh sulit tinggi, namun jenis makanan juga mempengaruhi. Sehingga penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, karena ditakutkan kamu mengonsumsi jenis makanan yang menghambat pertumbuhan. 

Selain mengonsumsi makanan dan minuman yang bagus, pola dan jenis makanan harus kamu perhatikan. Tidak semua jenis makanan bisa kamu konsumsi dengan bebas, karena ada beberapa jenis makanan yang justru akan menghambat prose pertumbuhan tinggi badan kamu. Penting untuk mengetahui jenis makanan yang harus dihindari ketika kamu sedang melakukan program penambah tinggi badan, dari segi makanan hingga olahraga. 

Makanan Penghambat Tinggi Badan 

7 Makanan Penghambat Tinggi Badan

 Banyak orang yang ingin memiliki tubuh yang tinggi secara optimal. Salah satu faktor yang menentukan tinggi badan seseorang adalah genetika dan hormon, keduanya memiliki persentase yang cukup besar sebagai faktor penentu tinggi badan seseorang hingga 80%. Selain itu tinggi badan juga dipengaruhi dari nutrisi yang didapatkan dalam makanan yang dikonsumsinya. 

Ketika seseorang salah mengkonsumsi makanan, maka nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak tepat. Karena ada beberapa jenis makanan yang justru dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan seseorang. Dikutip dari Healthline ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari karena dapat menjadi makanan penghambat pertumbuhan tinggi badan.

Makanan Manis Yang Mengandung Banyak Gula

Jenis makanan pertama yang harus dihindari adalah makanan manis dengan kandungan gula yang sangat tinggi. Makanan yang memiliki kandungan gula berlebih dapat menyebabkan obesitas, umumnya makanan ini terdapat dalam permen atau makanan pencuci mulut dapat merusak fungsi otak anak. 

Dalam sebuah penelitian oleh UCLA ditemukan bahwa kelebihan kadar fruktosa seperti gula dapat mempengaruhi kinerja insulin untuk menggunakan gula dalam kinerja perasaan dan pikiran. Sehingga ketika seseorang yang terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi akan mengalami penghambatan kinerja otak, mood hingga pertumbuhan yang terganggu. Maka, hindarilah makanan manis dengan kadar gula berlebih. 

Makanan Cepat Saji atau Fast Food

Makanan cepat saji memiliki nilai gizi yang sangat rendah, bahkan sebagian besar tidak memiliki nilai gizi sama sekali. Umumnya makanan cepat saji ini justru didominasi oleh kandungan garam yang tinggi dan pengawet di dalamnya. Hal inilah yang akan berakibat fatal bagi tubuh yang menyebabkan seseorang terkena obesitas. diabetes, hipertensi, gagal ginjal hingga serangan jantung. 

Pada masa pertumbuhannya, anak-anak membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya. Sehingga dengan mengonsumsi makanan cepat saji mereka tidak akan mendapatkan gizi apapun darinya, sehingga dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan si kecil. Selin terhambatnya pertumbuhan anak, dengan mengonsumsi makanan cepat saji kamu juga akan terancam terserang berbagai macam penyakit yang parah di kemudian hari. Maka, hindarilah makanan cepat saji atau fast food ini. 

Makanan Instan

Makanan instan merupakan salah satu jenis makanan yang sangat menggoda. Selain rasanya yang enak dalam mengolahnya pun sangatlah praktis, sebagai salah satu contohnya yaitu mie instan. Mie instan memang merupakan makanan instan yang mudah diolah, kamu hanya membutuhkan waktu 3 menit kurang saja.

Makanan instan seperti mie instan merupakan makanan yang memiliki beragam rasa dan varian, selain itu kamu juga bisa menyimpannya dalam jangka panjang. Namun, makanan instan yang sama seperti junk food ini hanya akan menumpuk pada tubuh, tidak memiliki manfaat apapun. Justru dengan mengonsumsi makanan instan akan meningkatkan risiko atau gejala demensia dimana fungsi otak akan mengalami kemunduran.

Dengan begitu akan berpengaruh pada tumbuh kembang seseorang, selain nutrisi tidak terpenuhi, kamu akan terancam dengan beragi gejala penyakit lainnya. Maka, alangkah baiknya untuk menghindari makanan yang dapat menghambat tumbuh tinggi badan kamu. 

Daging Olahan

Daging olahan merupakan salah satu jenis makanan yang masuk ke daftar makanan yang dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan seseorang. Meskipun daging merupakan salah satu sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh, namun dipastikan bahwa protein yang dibutuhkan adalah dari daging asli, bukan dari daging olahan. 

Daging olahan akan merubah komposisi dan kandungan didalamnya, dimana kamu nantinya akan mendapatkan protein buatan, bukan protein alami. Protein buatan dalam daging olahan merupakan protein yang sudah mencampurkan bahan-bahan kimia dalam proses pengolahannya. Sehingga, jika kamu sering mengonsumsi makanan dari daging olahan justru akan menabung tumpukan bahan kimia dalam tubuh. 

Sehingga dengan tumpukan bahan kimia ini akan mengganggu sistem saraf kamu, yang akan membuat fungsi otak tergantung. Selain itu akan berdampak juga pada proses perkembangan yang mempengaruhi tinggi badan seseorang. 

Teh dan Kopi

Teh dan kopi merupakan salah satu jenis minuman yang harus dihindari, kamu boleh mengkonsumsinya hanya saja tidak dalam jumlah atau porsi yang besar. Hal ini dikarenakan minuman kopi dapat menyebabkan insomnia. Sehingga akan mengganggu masa tumbuh kembang, khususnya bagi anak-anak dan remaja yang belum menginjak usia 18 tahun. 

Kandungan kafein di dalamnya lah yang akan bekerja dan menghambat fungsi otak untuk menyerap zat besi yang diperlukan oleh tubuh. Dimana nantonya dapat menghambat kinerja otak sehingga perkembangan otak akan terganggu, begitupun dengan perkembangan dan tumbuh fisik seseorang.

Ketika waktu jam istirahat atau tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon yang membantu proses perkembangan dan kecepatan tinggi badan. Namun justru jika waktu tidurnya berkurang karena insomnia, maka proses pengeluaran hormon yang membantu perkembangan dan kecepatan tumbuh tinggi badan tidak akan bekerja dengan cepat.

Makanan Gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat di Indonesia, bahkan makanan ini akan memberikan efek ketagihan untuk terus mengkonsumsinya. Kebiasan mengkonsumsi gorengan ini sangatlah tidak baik, karena dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Sebaiknya kamu menghindari makanan yang mengandung kolesterol seperti tahu goreng, tempe mendoan, bakwan dan banyak lagi jenis gorengan lainnya. 

Makanan Dengan Tinggi Garam

Terakhir, salah satu jenis makanan yang harus kamu hindari adalah makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi. Makanan jenis ini tidak baik bagi pertumbuhan tinggi badan si kecil. Dengan mengkonsumsi garam secara berlebihan juga dapat mengurangi kadar kalsium dalam tubuh sehingga akan menghambat pertumbuhan tinggi badan seseorang. 

Ketika kadar kalsium dalam tubuh berkurang, tentunya akan menghambat pertumbuhan tulang dan kepadatannya. Dengan begitu pertumbuhan tulang tidak akan bekerja secara maksimal karena terjadinya penghambatan. Sehingga untuk menghindarinya kamu harus membatasi diri untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan garam yang cukup tinggi. 

Selain jumlah nutrisi dari sebuah makanan yang sehat, kamu harus memperhatikan juga beberapa hal lainnya. Diantaranya adalah jam istirahat, kesehatan mental, kebiasaan sehari-hari yang meliputi aktivitas berolahraga, genetik atau keturunan hal hal tersebut merupakan salah satu faktor penentu yang memiliki peranan penting terhadap tinggi badan kamu. 

Itulah pembahasan mengenai beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menghambat proses pertumbuhan tinggi badan seseorang. Kamu harus memperhatikannya sejak dini sehingga dapat menghindarinya atau meminimalkan porsi konsumsi. Untuk mendapatkan tubuh yang tinggi dan sehat kamu harus memperhatikan jumlah nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi.