Monday, 15 Apr 2024

10 Makanan Penghilang Jerawat dan Bekasnya

7 minutes reading
Monday, 24 Jul 2023 19:57 0 132 Muti Karya

Nesiaverse.com – Jerawat dan bekasnya memang menjadi salah satu masalah yang mengganggu, maka kamu harus mengatasinya dengan memperbaiki dari dalam, yaitu jeni makanan penghilang nodanya. Noda bekas jerawat sering kali membuat seseorang kehilangan kepercayaan dirinya, bahkan bisa membuat kulit seseorang terlihat tidak sehat dan kusam. Tentunya kamu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan, maka kamu harus segera mengatasinya. 

Untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya memang sudah banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan fungsi tersebut. Namun, kamu juga bisa mencoba berbagai cara untuk membantu menghilangkan atau menutupi bekas jerawat tersebut. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan penghilang jerawat dan bekasnya. 

Makanan Penghilang Jerawat dan Bekasnya

Makanan Penghilang Jerawat dan Bekasnya

Dalam melakukan perawatan pada jerawat dan bekasnya, kamu tidak boleh bergantung pada perawatan luar saja seperti skincare. Namun, kamu juga harus memperhatikan perawatan untuk penghilang jerawat dan bekasnya lewat dalam, yaitu segala jenis yang kamu konsumsi yaitu makanan dan minuman. Sehingga mduah untuk mendpatkan hasil kulit yangs ehat dna bersih kembali. 

Kulit adalah cara tubuh berbicara ketika kita tidak memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, pun timbulnya jerawat bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa makanan yang memiliki kadar glikemik dna protein yang tinggi memiliki peranan yang tinggi dalam meningkatkan risiko kulit seseorang berjerawat. 

Mkaa, kamu harus memperhatikan berbagai jenis makanan yang dikonsumsi, salah satunya memperhatikan jenis makanan pemicu dan menghindarinya. Adapun jenis makanan yang dpaat membantu penghilang jerawatan dan bekasnya. Berikut kami sudah merangkum beberapa jenis makanan yang dapat membantu kamu untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya jika dikonsumsi secara rutin.

Kale

Kale merupakan salah satu jenis makanan yang diklaim mampu mencegah resiko kulit seseorang terkena jerawat. Sayuran kale ini memiliki kandungan yang padat akan nutrisi. Dikutip dari Healthline merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan serta yang sangat tinggi. Selain itu kale juga memiliki kandungan kalori yang rendah. Kale memiliki kandungan nutrisi mulai dari Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C dan Vitamin K. Selain itu terdapat kandungan nutrisi lainnya mulai dari mangan, kalsium, kalium, magnesium serta copper. 

Kale memiliki sifat antioksidan, sehingga dapat mengurangi proses hiperpigmentasi pada kulit seseorang. Kale memiliki manfaat yang dapat meratakan warna kulit seseorang. Dengan kandungan vitamin C di dalamnya, kale akan mempromosikan pembentukan kolagen dalam tubuh. Sehingga dapat memperbaiki bekas jerawat yang menghitam. Bahkan proses penyembuhan bekas jerawat tersebut akan tergantikan dengan sel baru. Kamu bisa mengkonsumsi kale dalam olahan smoothies maupun sayur tumis. Konsumsilah siang dan malam hari. 

Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki manfaat untuk memberantas jerawat dan bekasnya. Bahkan dengan mengkonsumsi ubi kamu dapat mencegah terjadinya keriput pada wajah. Ubi memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Ubi memiliki kandungan beta karoten yang bisa diubah menjadi vitamin A, Sehingga kamu bisa mendapatkan bantuan dari ubi untuk mengatasi jerawat yang membandel hingga menghilangkan bekasnya yang menghitam. 

Vitamin A dalam ubi jalar sendiri akan bertindak sebagai tameng penghalang kulit terhadap perubahan warna, pori-pori yang tersumbat, peradangan yang disebabkan oleh efek dari radikal bebas. Ubi merupakan sumber alami yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan kulit bahwa merupakan bahan utama dari beberapa produk kecantikan kulit. Sehingga dengan mengkonsumsinya secara langsung kamu sudah melakukan hal tepat. 

 Pepaya

Berikutnya dari buah pepaya yang memiliki kandungan enzim papain. Pepaya dan enzim papain didalamnya inilah yang akan membantu kamu menghilangkan jerawat dan bekasnya. Pada penggunanya sendiri pepaya bisa kamu jadikan masker maupun dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus. Kandungan enzim papain dalam pepaya adalah sebagai berikut.

  • Membantu untuk mengatasi sel kulit mati
  • Membantu mengecilkan pori-pori kulit
  • Memudarkan bekas jerawat
  • Melembabkan kulit 
  • Mencegah resiko terkena jerawat di masa depan

Selain enzim papain, pepaya juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk meningkatkan elastisitas dalam kulit. Dengan begitu dapat menghilangkan garis-garis halus pada wajah. Pepaya memiliki kandungan vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, Vitamin B, Magnesium, Kalsium dan kalium. Sehingga kamu akan mendapatkan banyak manfaat dari buah satu ini. 

Kembang Kol

Sayuran satu ini memiliki kandungan amino acid yang bernama histidine. Histidine memiliki manfaat untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah. selain itu kandungan dalam histidine berkhasiat untuk mengurangi efek gelap pada kulit yang mana disebabkan oleh sinar UV. Karena sinar UV merupakan salah satu faktor yang menyebabkan spot bekas jerawat menjadi lebih buruk lagi. 

Dalam kembang kol kamu juga mendapatkan nutrisi dan vitamin yang kaya akan vitamin B6, Vitamin C, Vitamin K, Folat. Fosfor dan magnesium. Kamu bisa mengkonsumsi kembang kol dan disantap baik secara langsung maupun diolah menjadi salad atau topping pada makanan lainnya seperti pizza. 

Lemon

Air perasan lemon memiliki manfaat sebagai salah satu zat alami yang akan membantu meningkatkan elastisitas kulit. Sehingga bagi kulit yang kendur akan mengencang. Selain itu lemon juga dapat membantu untuk menghilangkan bekas noda hitam di kulit. Dalam penggunaan lemon untuk wajah harus menggunakan bahan campuran lainnya. Kau bisa mengolahnya menjadi infused water yang dicampur dengan air putih maupun dijadikan salah satu menu makanan seperti salad. 

Dalam mengkonsumsi lemon ini, yang kamu butuhkan adalah bulir buahnya. Lemon bisa meningkatkan produksi kolagen dna memblokir radikal bebas juga, sehingga bekas jerawat dalam wajah bisa hilang dengan cepat. Konsumsilah minuman infused water dengan bahan lemon ini secara rutin pada pagi hari, sehingga kamu bebas dari jerawat dan bekasnya. 

Buah Beri

Buah beri memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang sama baiknya dengan buah stroberi, ceri, blueberry dan raspberry. Kamu juga dapat menemukan kandungan vitamin C dan antioksidan pada paprika dan brokoli. Kandungan vitamin C dan sifat antioksidan pada buah beri inilah yang akan membantu untuk melawan noda bekas jerawat dan menghindari resiko seseorang terkena jerawat di kemudian hari. 

Buah beri juga memiliki manfaat untuk menghindari serangan kombo terhadap noda dan bintik-bintik gelap pada kulit wajah yang mengganggu. Kamu bisa menikmati buah beri ini dalam bentuk aslinya, maupun kamu jadikan cemilan haria dan dikombinasikan dengan oatmeal dan yogurt. Konsumsilah buah beri secara rutin, sehingga efek yang kamu dapatkan sama banyaknya. 

Brokoli

Dikutip dari Female, diakatkana bahwa brokoli memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, sehingga mampu meningkatkan pembentukan kolagen dalam kulit. Dengan begitu akan meningkatkan elastisitas dalam kulit, bahkan brokoli memiliki kandungan yang bersifat antioksidan dan anti-inflamasi. Dengan begitu brokoli dapat mengatasi jerawat dan menghilangkan bekasnya yang menghitam. 

Sulforaphane juga dapat membantu proses penuaan kulit disi dan bekerja dengan cara merangsang proses perlindungan sel kulit dengan membentuk sel baru. Bahkan brokoli memiliki efek yang meredakan jerawat dan bekasnya yang bekerja dengan cepat dan terbukti secara ilmiah. Kamu bisa mengkonsumsi brokoli untuk meredakan jerawat dan memudarkan bekasnya. 

Almond

Almond merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan sumber vitamin E sehingga cocok untuk menghidrasi kulit dari dalam. Dengan begitu bekas jerawat bisa disembuhkan dengan cepat. Dikutip dari Stylesatlife, bahwa almond ini sering kali dimanfaatkan minyaknya sebagai salah satu pengobatan alami untuk jerawat. Memiliki sifat yang ringan dan anti alergi membuat almond cocok di kulit yang sensitif. 

Labu

Labu merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan enzim berupa seng dan AHA. Sehingga dapat emembantu menegmbalikan keseimbanagn PH dna eningkatkan tekstur kulit wajah menjadi lebih lembut. Selain itu kandungan seng dalam labu dapat membantu mengatur proses produksi sebum dengan baik. Sehingga labu menjadi salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk meredakan peradangan karena jerawat dan memudarkan bekasnya. 

Asam Lemak Omega 3 

Terakhir, kamu bisa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 didalamnya. Hal ini karena sifatnya yang antioksidan, sehingga mampu membantu mengurangi peradangan pada kulit karena jerawat Selain itu dapat memudarkan bekas jerawat yang membandel. Asam lemak omega 3 ini memiliki manfaat lain guna mencegah risiko kanker kulit dan mengurangi flek hitam yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak dari ikan salmon, ikan sarden, ikan makarel dan ikan teri. 

Demikian pembahasan mengenai jenis makanan yang dapat membantu proses penghilangan jerawat dan bekasnya. Tidak hanya perawatan luar dengan menggunakan skincare atau produk medis untuk jerawat, kamu harus melakukan perawatan melalui dalam juga dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.