Monday, 15 Apr 2024

8 Makanan Untuk Orang Sakit Perut

6 minutes reading
Monday, 12 Feb 2024 19:37 0 58 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk orang yang sakit perut. Sakit perut sendiri memang dapat menyerang siapa saja dan kapan saja, kondisi ini memiliki banyak faktor penyebab namun umumnya dikarenakan adanya infeksi dan gangguan pencernaan. 

Hampir semua orang pernah mengalami kondisi sakit perut, entah karena sakit perut akibat diare atau gangguan pencernaan lainnya seperti maag atau asam lambung. Keluhan satu ini sering kali muncul bersamaan gejala lainnya sepetir mual atau muntah. 

Namun, tenang saja karena ada jenis makanan yang dapat diandalkan untuk dikonsumsi orang yang sakit perut bahkan dapat meredakan gejala sakit perut. Untuk mengetahuinya, kamu dapat mengikuti pembahasan lengkapnya dalam artikel kami dibawah ini. 

Makanan Untuk Orang Sakit Perut 

Makanan Untuk Orang Sakit Perut

Masalah sakit perut yang kamu alami tidak jarang menjadi penyebab kondisi tidak nyaman ketika menjalani aktivitas harian. Kondisi kesehatan tersebut bahkan dapat memicu rasa mual, kembung hingga kondisi dimana perut menjadi begah. Hal ini akan menghambat produktivitas harian kamu dalam menjalani pekerjaan atau lainnya. 

Gangguan kesehatan satu ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor penyebab, misalnya gangguan pencernaan dari infeksi virus dan bakteri pada saluran pencernaan, maag hingga gangguan pencernaan umumnya dan lainnya. 

Ketika sakit perut melanda, maka kamu tidak ingin mengonsumsi jenis makanan ataupun minuman apa pun. Meskipun demikian ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu untuk meredakan sakit perut yang dirasakan.

Nah, langsung saja, berikut beberapa jenis makanan untuk orang sakit perut. 

Greek Yogurt

Makanan Untuk Orang Sakit Perut

Jenis makanan untuk orang sakit perut yang pertama adalah Greek youth, yang mana makanan satu ini bahkan mampu mengatasi permasalahan perut melilit. Karena yogurt sendiri memiliki kandungan probiotik yang dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan usus.

Saat perut ebr masalah, maka konsumsi yogurt tanpa tambahan apapun, khususnya gula atau buah-buahan. Jika kondisimu sudah membaik atau sembuh kamu dapat mencampurkannya dengan toping atau bahan lainnya. 

Teh Peppermint

Makanan Untuk Orang Sakit Perut

Teh peppermint memang sudah sejak lama diketahui memiliki manfaat yang menjadi anti nyeri secara alami. Sehingga teh peppermint ini dapat dikonsumsi oleh orang yang sakit perut untuk meredakan permasalahan tersebut. 

Sehingga kamu tidak perlu repot-repot juga untuk memetik daun peppermint, saat ini banyak sekali teh peppermint yang bisa kamu dapatkan dan tersedia di supermarket dengan harga terjangkau. Selanjutnya kamu dapat langsung mengkonsumsi teh satu ini untuk permasalahan sakit perut. 

Ubi

Makanan Untuk Orang Sakit Perut

Ubi merupakan makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi sakit perut yang dirasakan. Makanan satu ini dapat membantu untuk meredakan sakit perut juga, mulai dari rasa perih atau sakit perut saja. 

Hal ini dikarenakan ubi merupakan makanan yang memiliki kekurangan kalium yang tinggi, merupakan zat penting untuk memulihkan elektrolit yang hilang karena diare atau muntah. 

Sehingga bagi kamu yang malas menggigit, dapat mengkonsumsi ubi dan diolah menjadi mashed potato. Namun, pastikan kulit ubi tidak terbawa dan adiknya untuk dikupas terlebih dahulu. 

Pepaya

Makanan Untuk Orang Sakit Perut

Pepaya adalah jenis buah yang kaya akan kandungan serat dan air di dalamnya. Karena hal itulah mengapa buah satu ini dapat menjadi makanan untuk menghilangkan rasa sakit perut yang dirasakan. Tidak hanya membantu meredakan perut dan nyeri saja namun melancarkan BAB. 

Pepaya memiliki kandungan serat dan air di dalam pepaya yang juga bisa melancarkan buang air besar. imana pepaya juga memiliki kandungan enzim papain yang akan membantu proses pencernaan protein di dalam saluran cerna. 

Sehingga nantinya lebih madah dan optimal prose spenyerpannya, maka pepaya ini dapat bekerja dengan baik juga sebagai makanan untuk orang sakit perut dan meredakannya.

Pisang

Makanan Untuk Orang Sakit Perut

Pisang adalah salah satu jenis buah yang mampu mengatasi permasalahan sakit perut. Buah ini dapat dikonsumsi orang yang sakit perut. Pisang memiliki kandungan yang rendah akan serta namun tinggi kalori dan tidak akan membebani sistem pencernan kamu ketika dilanda sakit perut. 

Kalori yang tinggi di dalam buah pisang ini tentunya membuat menyuplai energi bagi tubuh ketika kamu sedang dalam kondisi tidak nafsu makan.

Selain itu kandungan kalium yang terkandung dalam pisang juga dapat membantu mengganti kehilangan kalium ketika kamu mengalami diare atau muntah muntah karena sakit perut. 

Makan, buah ini termasuk buah yang dapat dikonsumsi sebagai makanan untuk orang yang sakit perut. Buah satu ini kaya akan manfaat sehingga dapat kamu konsumsi dan tidak membebani sistem kerja pencernaan kamu. 

Oat

Makanan Untuk Orang Sakit Perut

Oat merupakan salah satu jenis makanan yang dapat kamu konsumsi ketika mengalami sakit perut. Beberapa orang tidak dapat mencerna karbohidrat dan disebut FODMAP atua fermentable oligosaccharides disaccharides, monosaccharides and polyol.

Jika FODMAP yang tidak tercerna masuk ke dalam usus, maka hal ini dapat menyebabkan kamu mengalami sakit perut seperti diare dan perut kembung. Bagi penderita IBS yang merupakan hal paling rentan mengalami masalah pencernaan.

Nah, oat memiliki kandungan sedikit FODMAP sehingga tidak akan menyebabkan memperparah kondisi atau penumpukan gas di dalam saluran pencernaan. Kamu dapat mengkonsumsinya ketika mengalami permasalahan seperti sakit perut. 

Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang memiliki manfaat untuk mengatasi permasalahan sakit perut yang disertai mual atau muntah. Jahe termasuk herbal yang dapat kamu konsumsi dengan baik untuk bekerja mengatasi sakit perut. 

Dalam sebuah studi juga menunjukkan konsumsi jahe ini terbukti dapat mengurangi kondisi mengurangi mual yang parah akibat dari kemoterapi hingga kehamilan. Maka, untuk mengatasi sakit perut sendiri sangatlah mudah. 

Meskipun para ahli belum mengetahui dan memahami sepenuhnya mengenai mekanismenya, namun mereka menduga jika jahe ini berinteraksi dengan sistem saraf untuk mengirimkan sinyal menuju perut. 

Sehingga jahe dapat bekerja untuk mempercepat proses pengosongan lambung sehingga rasa mual dan sakit perut yang dirasakan akan berangsur-angsur hilang. Kamu dapat mengkonsumsinya dalam bentuk minuman atau menjadikan jahe diolah dengan jenis makanan lainnya dalam lauk pauk. 

Air Kelapa

Air kelapa menjadi salah satu jenis minuman yang dapat membantu meredakan permasalahan dan gangguan pencernaan yang muncul, misalnya mual dan kembung. Air kelapa ini bekerja secara optimal untuk mengatasi nya. 

Memiliki kandungan kadar gula yang rendah jika dibandingkan dengan jenis minuman lainnya. Namun air ini bermanfaat untuk mengatasi permasalahan sakit perut secara tepat. 

Selain itu jika kamu ingin mengkonsumsi air kelapa dalam kemasan, maka pastikan membeli yang tidak memiliki kandungan perasa, tanpa tambahan gula ataupun jus. Sehingga air kelapa ini akan memiliki efek maksimal dan tanpa menambah kalori secara signifikan. 

Nah, Oat memiliki kandungan sedikit FODMAP sehingga tidak akan menyebabkan memperparah kondisi atau penumpukan gas di dalam saluran pencernaan. 

Nah, demikian pembahasan mengenai beberapa jenis makanan, yang meliputi minuman juga yang dapat dikonsumsi oleh orang yang mengalami permasalahan seperti sakit perut. Sehingga bisa dijadikan referensi untuk menu makanan dan mengatasi permasalahan sakit perut menjadi lebih mudah lagi.