Monday, 15 Apr 2024

5 Makanan Untuk Orang Sakit Tipes

6 minutes reading
Monday, 12 Feb 2024 19:28 0 50 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk orang sakit tipes. Yang mana perlu diperhatikan makanan ini harus aman dikonsumsi untuk pengidap tipes, agar daya tahan tubuh menjadi lebih baik lagi. 

Tentunya tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan dan minuman, khususnya jika kamu memiliki riwayat medis tertentu. Mengonsumsi makanan dan minuman harus disesuaikan dengan kondisi kamu. 

Kebersihan su atau makanan juga harus terjamin, hal ini berkaitan agar kamu dapat terhindar dari berbagai bahaya seperti penyakit tipes, yang mana disebabkan oleh bakteri Salmonella thypi dan dapat berkembang biak di saluran pencernaan melalui makanan yang terkontaminasi. 

Nah, untuk mengetahui jenis makanan untuk orang yang sakit tipes, maka kamu dapat mengikuti pembahasan secara lengkapnya dalam artikel kami dibawah ini. 

Makanan Untuk Orang Sakit Tipes

Makanan Untuk Orang Sakit Tipes

Penyakit demam tifoid atau tifus ini sifatnya menular melalui jenis makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Sehingga untuk membantu pengobatan atau pemulihan tipes ini kamu membutuhkan waktu beristirahat dan cukup dan mengelola jenis makanan yang dikonsumsi dengan baik. 

Tipes menular karena adanya kebiasaan dan lingkungan yang tidak bersih, seperti seringnya mencuci tangan dan kebiasaan jajan yang sembarangan. Dimana makanan yang dikonsumsi adalah makanan sembarangan yang tidak terjaga kebersihannya. 

Sehingga tentunya penting untuk memperhatikan kebersihan dan jenis makanan yang dikonsumsi, khususnya jika kamu adalah orang yang punya riwayat penyakit tipes. Nah, berikut kami merekomendasikan beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi untuk orang yang sakit tipes. 

Makanan yang Lunak

Tipes merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi karena adanya infeksi di saluran pencernaan. Maka, disarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang lunak dan lembek, berkuah seperti bubur ataupun sup kaldu. 

Hal ini dilakukan agar makanan yang dikonsumsi akan mudah untuk dicerna. Selain itu hal satu ini penting dilakukan karena adanya sistem pencernaan yang mengalami tipes, dalam kondisi yang kurang baik. Bahan membutuhkan waktu dalam proses penyembuhan yang tepat. 

Selain itu, dalam pemberian makanan yang lunak dan lembek hal ini bertujuan untuk membantu menghindari komplikasi tipes, diantaranya terjadinya pendarahan di usus serta perforasi usus atau munculnya lubang pada dinding usus. 

Selama sakit, kamu dianjurkan untuk mengunyah dan mengonsumsi jenis makanan hingga teksturnya lunak atau lembut. Semakin kamu mengunyahnya dengan lembut maka akan semakin mudah makanan tersebut dicerna oleh tubuh. 

Makanan Tinggi Kalori dan Padat Gizi

Selanjutnya, kamu harus memperhatikan asupan makanan berkalori tinggi yang dapat membantu untuk mempercepat proses pemulihan orang yang sakit tipes. Hal ini dikarenakan asupan kalori dari jenis makanan tertentu dapat membantu mencegah penurunan berat badan karena tipes. 

Selain memiliki kalori yang tinggi, tentunya penting juga untuk memperhatikan kandungan gizi dari suatu makanan, khususnya protein. Protein merupakan salah satu sumber tenaga dan zat pembangun yang berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan yang rusak. 

Bagi orang yang mengalami permasalahan tipes, jenis asupan makanan yang tinggi protein ini sangat diperlukan, guna mempercepat proses pemulihan dan mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan protein bekerja untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak karena infeksi.

Nah, beberapa sumber protein yang baik dikonsumsi bagi orang yang sakit tipes diantaranya adalah:

  • Dada ayam
  • Hati ayam
  • telur
  • Ikan
  • Tahu dan tempe

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika makanan sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi lunak dan berukuran kecil. Sehingga dalam pengolahannya kamu harus memastikan menambahkannya ke dalam sup dan mengukusnya. 

Hindari proses pengolahan dengan cara digoreng, karena dapat membuat teksturnya menjadi keras dan sulit dicerna oleh orang yang sakit tipes. Selain itu telur yoghurt dan keju juga santan dicerna dan bisa menjadi sumber protein yang baik. 

Yoghurt dapat membantu untuk meringankan gejala tipes yang mengganggu seperti diare. Nah, perhatikanlah jenis makanan satu ini. 

Makanan Rendah Serat

Berikutnya adalah makanan rendah serat yang dianjurkan untuk seseorang yang sakit tipes, karena pantangan bagi orang yang sakit tipes adalah makanan tinggi serat. Pasalnya, makanan yang kaya akan kandungan sertakan sulit dicerna dan dapat mengiritasi usus yang sebelumnya sudah meradang. 

Sehingga apabila ingin mengonsumsi buah atau sayuran, alangkah baiknya memilih buah dan sayuran dengan kandungan serat yang rendah. Selain itu kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran yang telah dimasak dengan baik, hal ini untuk menghindari kontaminasi. 

Adapun jenis buah dan sayuran yang dapat dikonsumsi oleh orang sakit tipes adalah:

  • Jus buah tanpa ampas
  • Pisang
  • Alpukat
  • Buah matang tanpa kulit atau biji
  • Kerang tanpa kulit
  • Tomat tanpa kulit dan biji
  • Saus apel

Nah,selain jenis buah dan sayuran di atas, kamu dianjurkan untuk memasukan sayuran hijau ke dalam menu makanan harian. Hal ini dikutip dari laman Johns Hopkins Medicine, yang mengatakan bahwa sayuran hijau mengandung jenis gula yang baik bagi kesehatan usus. 

Sehingga kamu dapat mengonsumsi jenis makanan yang rendah serat, misalnya nasi putih, kentang, roti tawar hingga pasta. Perhatikan cara pengolahan yang tepat dan porsinya yang cukup, tidak berlebihan. 

Cairan

Jika kamu adalah pasien dari penyakit tipes, maka tentunya tahu jika salah satu dampak dari penyakit satu ini adalah diare. Dimana diare sendiri dapat membuat kamu mengalami dehidrasi yang ekstrim. Sehingga kamu dianjurkan untuk memperhatikan kebutuhan cairan juga, selain makanan. 

Kamu harus mengonsumsi air putih minimal 6 hingga 8 gelas dalam sehari. Selain itu asupan cairan, keseimbangan elektrolit di dalam tubuh inilah yang perlu diperhatikan dan dijaga. Supaya kamu cepat sembuh dari permasalahan tipes. 

Selain itu kamu juga dapat menggantikan asupan air putih dengan mengkonsumsi kuah sayur atau air perasan dari buah. Dimana keduanya ini dapat menggantikan elektrolit yang hilang dikarenakan diare yang menyebabkan dehidrasi. 6. 

Makanan Tinggi Protein

Protein sangat berguna bagi pertumbuhan dna bekerja dengan cara memelihara jaringan yang rusak di dalam tubuh. Bagi penderita tifus, makanan berprotein tinggi ini sangat bermanfaat untuk proses penyembuhan dan pemulihan tipes. Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan protein ini. 

Namun, tentunya kamu harus memperhatikan cara mengelolah yang baik disertai dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Kemudian perhatikan jika kamu juga memiliki alergi tertentu, sehingga dapat menghindari komplikasi dari beberapa jenis makanan yang sudah disebutkan diatas. 

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi orang yang menderita tipes. Namun, tentunya kamu harus memahami kondisi yang dirasakan, dimana jika kamu merasa tidak ada perbaikan dari kondisi tifus kamu, maka dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan dengan ahlinya. 

Perawatan tipes di rumah sakit ini akan dia lakukan dengan berbagai cara medis, diantaranya adalah pemberian antibiotik melalui cairan infus dan juga suntikan. Selain itu, antibiotik ini dapat diberikan melalui jenis obat-obatan oral, sehingga bakteri penyebab tifus dapat hilang dari tubuh.