Thursday, 20 Jun 2024

10 Menu Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

6 minutes reading
Monday, 13 Feb 2023 20:42 0 262 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Tidak sedikit orang yang telah mengalami penyakit asam lambung dengan rasa panas pada area perut dan juga sekitar dada, untuk penderita asam lambung tentu saja perlu memperhatikan makanan yang akan dikonsumsinya sehingga untuk kamu yang ingin tahu apa saja menu makanan  yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung maka bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Asam lambung atau biasa dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan salah satu masalah gangguan kesehatan yang kerap dialami oleh orang dewasa, penyakit ini yang biasanya akan menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati (heartburn), dan juga rasa pahit dan asam yang muncul di pangkal tenggorokan.

Selain itu juga terdapat sensasi panas atau perih pada area dada hingga kerongkongan, jika penyakit asam lambung ini sudah parah maka bisa saja penderita mengalami kesulitan dalam menelan makanan, sehingga dengan begitu untuk pengidap asam lambung yang perlu memilih makanan yang tepat.

Untuk kamu yang mungkin masih belum tahu apa saja menu makanan yang bisa dikonsumsi untuk penderita asam lambung, untuk mengetahuinya kamu bisa dengan menyimak alasannya dibawah ini dengan baik.

Menu Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

10 Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Memang  penyakit asam lambung ini yang banyak ditemui pada masyarakat di Indonesia baik itu untuk remaja maupun untuk dewasa hingga lansia, tentunya penyakit asam lambung ini yang terdapat beberapa faktor penyebabnya sehingga membuat asam lambung kambuh atau naik.

Jika asam lambung sudah masuk ke tahap yang lebih parah maka sebaiknya penderita asam lambung untuk melakukan pemeriksaan ke dokter atau kamu juga bisa dengan mengetahui berbagai cara untuk menurunkan atau meringankan gejala asam lambung.

Salah satu untuk menurunkan asam lambung naik yaitu dengan menjaga pola makan dan memilih makanan yang bisa membantu dalam penurunan gejala asam lambung, di bawah ini ada beberapa makanan yang bisa menurunkan asam lambung yang baik untuk dikonsumsi untuk penderita asam lambung yaitu sebagai berikut:

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah non-sitrus yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung, hal ini dikarenakan Pisang yang mengandung serat larut didalamnya yaitu pektin yang bisa membantu dalam mendorong makanan melewati saluran pencernaan.

Dengan kondisi seperti ini yang bisa membantu mencegah terjadinya kenaikan asam lambung dimana mengingat dengan menumpuknya makanan di usus yang dapat menambah kadar asam lambung, sehingga buah Pisang yang bisa menjadi salah satu buah untuk penurunan asam lambung.

Sayuran

Makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung yaitu sayuran, hal ini dikarenakan sayuran yang secara alami mengandung rendah gula, rendah lemak dan juga bisa membantu dalam mengurangi asam lambung naik.

Adapun untuk beberapa pilihan yang bagus dikonsumsi untuk menurunkan asam lambung naik yaitu seperti kembang kol, kentang, sayuran berdaun hijau. asparagus, kacang hijau, mentimun dan juga brokoli.

Melon

Buah yang baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung dan bahkan bisa membantu penurunan asam lambung yaitu ada buah Melon, dimana buah Melon ini yang termasuk ke dalam makanan sumber magnesium yaitu mineral yang kerap ditemukan di berbagai macam obat untuk asam lambung.

Selain itu juga buah Melon yang mengandung pH sekitar 6,1 atau kadar asam rendah di dalamnya, sehingga dengan begitu membuat buah Melon ini yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Selain mengkonsumsi buah Melon kamu juga bisa mengkonsumsi buah lainnya seperti Apel dan Pir yang baik untuk penderita asam lambung, hal ini dikarenakan buah ini yang tidak memicu terjadinya gejala refluks asam lambung.

Seafood dan Daging Tanpa Lemak

Untuk penderita asam lambung yang bisa mengkonsumsi makanan daging yang tanpa lemak seperti ikan, ayam, kalkun dan juga makanan laut lainnya, dengan jenis makanan seafood dan daging tanpa lemak ini yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena dapat membantu mengurangi gejala refluks.

Untuk penderita asam lambung yang sudah kita ketahui bahwa tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak yang tinggi di dalamnya, karena makanan yang mengandung lemak tinggi dapat menambah produksi asam yang menjadi lebih banyak.

Dimana untuk makanan yang mengandung lemak tinggi yang cenderung akan tertahan lebih lama di dalam lambung, dengan begitu bisa memicu otot pada bagian bawah esofagus yang mulai rileks hingga terjadi refluks asam lambung naik.

Yoghurt

Mungkin kebanyakan penderita asam lambung yang memilih untuk menghindari mengkonsumsi yoghurt dikarenakan rasa asam terdapat pada yoghurt ini yang dikhawatirkan dapat memperburuk asam lambung, namun ternyata untuk penderita asam lambung yang baik untuk mengkonsumsi yoghurt.

Dengan mengkonsumsi yoghurt yang memiliki efek yang sangat baik untuk penderita asam lambung hal ini dikarenakan yoghurt sudah difermentasi, sehingga kandungan bakteri asam laktat di dalamnya yang bisa menenangkan lambung dan memberikan efek yang nyaman untuk penderita asam lambung.

Dalam mengkonsumsi yoghurt tentu saja kamu perlu mengkonsumsinya sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai mengkonsumsi yoghurt yang secara berlebihan, apalagi jika mengkonsumsinya dalam keadaan perut kosong hal ini bisa berpotensi menyebabkan asam lambung yang naik.

Oatmeal

Pastinya sudah tahu dengan jenis makanan yang satu ini yaitu oatmeal yang merupakan salah satu makanan yang sumber serat yang sangat baik, ternyata oatmeal juga termasuk ke dalam jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung.

Dimana dengan diet tinggi serat yang dikaitkan dengan penurunan asam lambung lebih rendah, adapun untuk jenis pilihan makanan sumber yang lainnya yang bisa kamu konsumsi yaitu seperti nasi gandum dan juga roti gandum.

Putih Telur

Untuk jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung yaitu putih telur namun untuk kuning telurnya yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, karena kuning telur yang mengandung lemak yang cukup tinggi di dalamnya yang bisa memicu gejala refluks asam lambung naik.

Sehingga untuk kamu yang penderita asam lambung yang sebaiknya untuk mengkonsumsi putih telurnya saja yang lebih sehat, apalagi jika mengkonsumsi putih telur ini dimasak dengan menggunakan cara direbus yang akan lebih sehat.

Jahe

Jahe menjadi salah satu jenis makanan untuk penderita asam lambung, hal ini dikarenakan jahe yang memiliki sifat anti inflamasi yang bisa menjadi pengobatan yang secara alami untuk penyakit asam lambung, sakit maag dan bahkan untuk masalah pada pencernaan yang lainnya.

Dimana untuk kamu yang penderita asam lambung untuk mengkonsumsi jahe ini bisa dengan menggunakan caranya yang mudah, dengan menambahkan irisan atau parutan jahe ke dalam menu makanan dalam sehari-hari yang akan membantu menurunkan asam lambung.

Lidah Buaya

Lidah buaya menjadi salah satu jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung, dimana lidah buaya ini selain digunakan sebagai bahan kecantikan namun lidah buaya juga yang bisa membantu untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan dan termasuk juga dengan penyakit asma lambung.

Lidah buaya yang berdasarkan dengan penelitian menyatakan dengan mengkonsumsi jus lidah buaya yang sudah terbukti bisa membantu untuk mencegah terjadinya lonjakan asam lambung, hal ini dikarenakan terdapat komponen anti inflamasi yang terdapat di dalam lidah buaya.

Mungkin hanya itu saja beberapa menu makanan untuk penderita asam lambung yang perlu kamu ketahui dan juga bisa kamu konsumsi untuk membantu menurunkan asam lambung naik, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.