Monday, 17 Jun 2024

Makanan Untuk Penderita Tipes Agar Cepat Sembuh

5 minutes reading
Friday, 17 Feb 2023 06:09 0 274 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Untuk penderita tipes tentu saja perlu mengetahui berbagai makanan yang bisa membantu untuk mempercepat proses penyembuhan, karena memang tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan untuk penderita tipes yang agar tidak memperburuk kondisinya.

Demam tifoid atau bisa dikenal penyakit tipes merupakan salah satu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi, dimana penyakit ini yang akan menyerang saluran pencernaan dengan mengkonsumsi minuman atau makanan yang terkontaminasi dan tipes ini yang berkaitan dengan sumber air atau lingkungan dengan sanitasi buruk.

Gejala tipes ini yang meliputi penurunan nafsu makan, berat badan turun, nyeri pada tubuh, sakit kepala, demam, kelelahan, menggigil, diare atau konstipasi, mual, sakit perut, disentri atau radang usus disertai dengan diare berdarah atau berlendir, syok, splenomegali atau pembesaran organ limpa, dan juga distensi abdomen atau penumpukan gas atau cairan di lambung.

Penyakit tipes bisa diatasi dengan melakukan perubahan pola dan jenis makanan yang akan membantu dalam mengurangi gejala dan juga membantu mempercepat proses penyembuhan tipes atau demam tifoid.

Mungkin banyak yang bertanya apa saja makanan untuk penderita tipes apalagi penyakit ini yang menyerang pada saluran pencernaan, untuk kamu yang ingin tahu apa saja jenis makanannya bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Makanan Untuk Penderita Tipes

Makanan Untuk Penderita Tipes

Pada saat mengalami tipes biasanya kamu tidak hanya perlu beristirahat yang cukup tetapi juga kamu perlu mengikuti saran terkait dengan makanan yang baik untuk penderita tipes, biasanya makanan untuk penderita tipes yang memilih jenis makanan yang padat nutrisi dan juga mudah untuk dicerna bisa membantu untuk memberikan energi yang tahan lama serta membantu meredakan masalah pada sistem pencernaan.

Memperhatikan pola makan dan juga jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita tipes menjadi salah satu hal yang wajib dan harus kamu perhatikan, hal ini bertujuan agar gejala tipes tidak semakin parah dan juga membantu mempercepat pemulihan dan beberapa jenis makanan yang baik dan aman dikonsumsi penderita tipes yaitu sebagai berikut.

Makanan Rendah Serat

Makanan untuk penderita tipes memilih makanan yang rendah serat pasalnya untuk makanan tinggi serat yang akan sulit dicerna dan ini berpotensi mengalami iritasi usus yang telah meradang di akibatkan penyakit tipes, sehingga untuk penderita tipes diusahakan untuk mengkonsumsi makanan rendah serat seperti memilih sayuran dan buah yang rendah serat.

Beberapa jenis sayuran dan juga buah-buah yang baik dan aman dikonsumsi penderita tipes yaitu seperti buah Alpukat, Pisang, Tomat tanpa biji dan kulit atau membuat jus buah tanpa ampas, selain mengkonsumsi buah dan sayuran kamu juga mengkonsumsi nasi putih, kentang dan juga roti tawar yang merupakan makanan rendah serat.

Makanan Tinggi Protein dan Kalori

Makanan untuk penderita tipes yaitu jenis makanan yang tinggi protein dan kalori,makanan tinggi protein yang menjadi sumber tenaga dan juga zat pembangun berfungsi di dalam proses pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan yang mengalami kerusakan.

Dengan makanan yang tinggi kandungan kalori yang akan membantu prose pemulihan penyakit tipes lebih cepat, dengan memenuhi kebutuhan asupan kalori yang bisa mencegah terjadinya penurunan berat badan yang secara drastis diakibatkan oleh tipes dan kamu perlu untuk memastikan tetap memperhatikan kandungan gizinya.

Makanan Tinggi Karbohidrat

Makanan tinggi karbohidrat menjadi salah satu jenis makanan yang baik dan aman dikonsumsi oleh penderita tipes, dengan makanan tinggi karbohidrat yang memiliki peran penting untuk membantu proses pemulihan menjadi lebih cepat dan beberapa makanan tinggi karbohidrat seperti bubur serta kentang yang dipanggang.

Cairan

Gejala penyakit tipes yaitu diare dan ini bisa mengakibatkan pengidap mengalami dehidrasi, sehingga dengan begitu untuk penderita tipes juga perlu memperhatikan asupan cairan tubuh dan setidaknya minum air sekitar 6 hingga 8 gelas setiap harinya untuk membantu mencegah dehidrasi.

Dengan memenuhi asupan cairan tubuh selain menghindari dehidrasi namun sangat penting juga untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, selain minum air putih kamu juga bisa mengkonsumsi makanan berkuah atau air perasan dari buah yang memiliki peran untuk menggantikan elektrolit yang hilang didalam tubuh diakibatkan oleh diare.

Olahan Susu

Penyakit tipes yang mempengaruhi pada sistem pencernaan sehingga membuat fungsi kerjanya menjadi kurang baik, untuk itu makanan untuk penderita tipes yang disarankan untuk mengkonsumsi olahan susu seperti keju atau yoghurt karena susu mudah dicerna oleh sistem pencernaan.

Makanan Lunak

Untuk penderita tipes direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang lunak seperti kentang tumbuk atau bubur agar mempermudah dalam fungsi kerja dari sistem pencernaan, dimana salah satu gejala dari tipes yaitu gangguan sistem pencernaan sehingga proses pencernaan makanan yang sedang dalam kondisi tidak baik.

Dengan mengkonsumsi makanan yang lunak selain membantu untuk menghindari penderita tipes dari berbagai risiko komplikasi seperti pendarahan usus atau perforasi usus (lubang di dinding usus), untuk penderita tipes juga disarankan mengunyah makanan sampai tekstur makannya benar-benar lunak .

Makanan dalam Porsi Sedikit

Untuk penderita tipes yang biasanya kehilangan nafsu makan, sehingga dengan begitu untuk penderita tipes sebaiknya makan dalam porsi yang kecil atau sedikit namun sering yaitu disarankan porsi makan kecil 4 hingga 5 kali dalam sehari, hal ini bertujuan untuk membantu meringankan proses pencernaan tubuh dan juga menghindari rasa mual.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa jenis makanan untuk penderita tipes yang bisa kamu konsumsi untuk membantu mempercepat proses penyembuhan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.