Monday, 15 Apr 2024

10 Makanan yang Mengandung Hormon Estrogen dan Progesteron

6 minutes reading
Monday, 12 Feb 2024 19:47 0 64 Muti Karya

Nesiaverse.com- Ada beberapa jenis makanan yang mengandung hormon estrogen dan hormon progesteron. Secara alami, kedua hormon tersebut akan mengalami naik dan turun selama siklus haid berlangsung dan akan menurun ketika menopause. 

Namun, untuk estrogern sendiri akan terus menerus sebelum waktunya, dimana kondisi satu ini merupakan salah satu tanda adanya gangguan kesehatan. Kamu bisa melakukan konsultasi pada dokter dan mengkonsumsi makanan yang mengandung hormon estrogen. 

Ada beberapa jenis makanan yang dapat mendukung produksi hormon progesteron juga, yang memiliki peranan dalam kesuburan wanita. Selain itu, tentunya dapat membantu meningkatkan dengan sendirinya. 

Nah, untuk mengetahui jenis makanan yang mengandung hormon estrogen dan progesteron, kamu dapat menyimak pembahasan lengkapnya dalam artikel di bawah ini. Dengan begitu bisa kamu jadikan referensi sebagai menu makanan harian.

Makanan yang Mengandung Hormon Estrogen dan Progesteron 

Makanan yang Mengandung Hormon Estrogen dan Progesteron

Meskipun bisa diproduksi oleh tubuh secara mandiri, kamu tetap membutuhkan asupan makanan yang memiliki kandungan estrogen. Hal ini dikarenakan, kekurangan estrogen dapat menimbulkan gejala tertentu.

Hal tersebut dapat berdampak pada berbagai gejala tertentu, mulai dari sulitnya berkonsentrasi, gairah seks yang menurut, gangguan sulit tidur, mood swing, hingga kondisi hair yang tidak teratur. 

Estrogen sendiri merupakan hormon penting yang dibutuhkan untuk membantu dan mengatur banyak sistem dalam tubuh, salah satunya ialah sistem reproduksi. Dimana salah satu fungsi dari hormon atau ini adalah untuk mengatur jalannya siklus menstruasi. 

Dimana normalnya tubuh akan selalu berusaha untuk menyeimbangkan kadar hormon satu ini. Namun, tentunya ada beberapa kondisi dan kadar hormon yang dapat menurun. Kondisi dan penyakit yang dimaksud salah satunya menopause, penyakit ginjal, anorexia, kelenjar pituitari hingga berbagai penyakit lainnya. 

Dima kedua hormon tersebut memiliki fungsi dan tugas utama dari masing-masing jenis kelamin atau individunya. Untuk mengetahui makanan yang mengandung hormon estrogen dan progesteron sehingga bisa kamu jadikan referensi menu harinya.

Makanan yang Mengandung Hormon Estrogen 

Biji Wijen

Biji wijen merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung hormon estrogen karena memiliki jumlah ligan yang cukup tinggi, yaitu fitoestrogen yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Maka, hal itulah yang mengkonsumsi biji wijen setiap harinya. 

Sehingga nantinya dapat membantu untuk peningkatan jumlah estrogen di dalam tubuh dan bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol. Biji wijen juga bisa meningkatkan kadar poliestrigen pada wanita ketika masa menjelang menopause atau perimenopause. 

Selain itu untuk mengkonsumsi biji wijen, kamu dapat mengolahnya dengan cara menulisnya atau dijadikan saus untuk salad. Sehingga agar jauh untuk lebih praktis namun juga bisa mengkonsumsi biji wijen yang sudah diolah.

Flax Seed 

Flaxseed atau biji rami merupakan salah satu jenis makanan yang juga mengandung hormon estrogen yang paling tinggi, khususnya adalah jenis fitoestrogen. Yang dilansir dari Balance My Hormones, dimana penelitian menunjukan bahwa fitoestrogen dalam biji rami yang membantu mengurangi resiko kanker payudara, khususnya bagi wanita yang memasuki masa menopause. 

Kemudian cara untuk mengkonsumsi salah satu sumber serat ini bisa ditaburkan sebagai topping pada sereal ataupun salad. Kemudian biji rami juga bisa dijadikan sebagai campuran di dalam yoghurt atau jenis smoothies. 

Kacang-Kacangan

Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan estrogen yang tinggi di dalamnya, diantaranya adalah:

  • Kacang pistachio
  • Kacang kenari
  • Kacang tanah

Jenis kacang-kacangan tersebut memiliki kandungan mineral dan vitamin yang tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga mengkonsumsi kacang-kacangan sendiri sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Kacang-kacangan sendiri dapat dikonsumsi secara alasgung sebagai camilan yang cukup sehat, namun kamu tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan juga. Batasilah porsi konsumsi kacang dan sesuai dengan kadar estrogen yang dibutuhkan saja. 

Buah Beri

Buah berry termasuk jenis makanan yang memiliki kandungan hormon estrogen yang cukup tinggi di dalamnya. Dimana beberapa jenis buah berry ini memiliki kandungan poliestrigen seperti stroberi, beberi, raspberry, cranberry. 

Buah beri ini dapat dikonsumsi secara langsung atau sebagai camilan yang diolah menjadi jus. Buah satu ini juga cocok dicampurkan ke makanan lainnya dan bekerja untuk meningkatkan rasa dan tampilan saris suatu makanan. 

Sayuran Lucifer

Selanjutnya adalah sayuran kucifer, yang merupakan salah satu jenis sayuran yang umumnya dikonsumsi sebagai menu makanan sehari-hari. Ada beberapa jenis sayuran lucifer dengan kandungan hormon estrogen yang cukup tinggi yaitu:

  • Bunga kol
  • Brokoli
  • Kecambah brussel
  • Kubis

Dengan mengkonsumsi jenis sayuran di atas, maka dapat membantu untuk meningkatkan kadar estrogen tubuh dengan baik. Selain itu jenis sayuran lucifer juga dapat dimasak dengan sayuran lainnya dan digunakan sebagai sald juga. 

Makanan yang Mengandung Hormon Progesteron

Oat

Jika kamu ingin menyeimbangkan hormon estrogen yang terlalu tinggi, maka konsumsilah oat. Karena oats memiliki kandungan progesteron yang cukup baik di dalamnya. Oat ini berperan menjadi salah satu pilihan menu makanan dengan kandungan serat yang tinggi. 

Oat juga dapat melancarkan sistem pencernaan dengan baik, dimana feses yang merupakan hasil akhir dari sistem pencernaan akan membuat kelebihan hormon estrogen di dalam tubuh dengan baik. 

Nantinya ketika hormon estrogen yang berlebihan tersebut terbuang, kemudian angka hormon akan normal dan kadar progesteron akan meningkat secara optimal. 

 

Jeruk

Jeruk tidak hanya memiliki fungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jeruk mampu membuatnya meningkatkan hormon progesteron. 

Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang bekerja meningkatkan hormon progesteron pada wanita yang sedang memasuki mas perimenopause. Sehingga dengan demikian, secara tidak langsung ketika mengkonsumsi jeruk dapat meningkatkan peluang dalam tubuh. 

Cokelat Hitam

Coklat hitam atau dark chocolate adalah salah satu camilan yang tinggi akan kadar magnesium di dalamnya. Setiap 100 gram dark chocolate terdapat 252 mg magnesium di dalamnya yang didapatkan oleh tubuh. 

Kandungan magnesium inilah yang dapat merangsang proses peningkatan produksi dari hormon progesteron di dalam tubuh. Sehingga pastikan untuk mengonsumsi jenis coklat hitam untuk memiliki kandungan magnesium yang lebih sedikit. 

Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu meningkatkan hormon progesteron dalam tubuh. Bayam ini memiliki manfaat yang optimal dalam peningkatan hormon karena kandungan magnesium dan kalsium yang baik di dalamnya. 

Dimana kedua mineral satu ini dibutuhkan untuk membantu merangsang produksi dari hormon progesteron di dalam tubuh secara maksimal. Maka, kamu dianjurkan untuk mengkonsumsinya untuk meningkatkan hormon progesteron.

Ikan Salmon

Terakhir, ikan salmon yang kaya akan kandungan omega-3, yaitu asam lemak tak jenuh yang memiliki banyak manfaat di dalamnya. Yang mana omega-3 juga bekerja untuk meningkatkan hormon progesteron di dalam tubuh dengan baik. 

Asam lemak omega 3 ini dapat meningkatkan produksi dari progesteron dengan menstimulasi hormon luteinizing atau LH. Sehingga dapat menghasilkan lebih banyak progesteron. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa makanan yang mengandung hormon Estrogen dan Progesteron yang bisa kamu konsumsi. Selain itu kamu dapat menyesuaikan porsi dan kebutuhan untuk meningkatkan kedua hormon tersebut.