Monday, 15 Apr 2024

7 Makanan Yang Mengandung Lemak Jahat dan Jenuh

6 minutes reading
Saturday, 2 Dec 2023 04:17 0 118 Muti Karya

Nesiaverse.com – Kamu harus berhati-hati dengan jenis makanan yang mengandung lemak jahat dan jenuh. Ada beberapa jenis makanan sumber lemak yang perlu kamu hindari, memang kebanyakan memiliki rasa yang enak, namun terdapat serta makanan yang mengandung lemak jahat atau lemak jenuh yang tidak menyehatkan badan. Hal ini tentunya akan merugikan kamu, karena di masa mendatang kamu akan mudah terjangkit penyakit. 

Mengkonsumsi terlalu banyak lemak jenuh atau lemak jahat yang tentunya akan meningkatkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat di dalam darah. Kolesterol jahat inilah yang dapat memicu risiko penyakit jantung dan stroke. Sehingga kamu harus mengetahui jenis makanan yang mengandung lemak jahat dan jenuh ini, dengan begitu kamu akan terhindar dari bahaya dimasa mendatang. 

Makanan Yang Mengandung Lemak Jahat dan Jenuh

Makanan Yang Mengandung Lemak Jahat dan Jenuh

Pada dasarnya lemak merupakan salah satu jenis nutrisi yang memegang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga tentunya ada kebutuhan lemak dan kamu harus mengkonsumsinya. Namun, tidak semua makanan yang memiliki kandungan lemak itu baik untuk dikonsumsi. Karena terdapat beberapa jenis lemak yang harus kamu perhatikan, yaitu lemak jenuh lemak tak jenuh dan lemak trans.

Lemak jenuh sendiri seringkali disebut dengan lemak jahat, yang mana jenis lemak satu ini memang dapat mengancam dan membahayakan kesehatan kamu. Karena lemak jenuh dapat meningkatkan resiko terkena beberapa jenis penyakit, yaitu mulai dari penyakit jantung, kolesterol yang tinggi hingga tekanan darah tinggi dan berbagai jenis penyakit karena kelebihan berat badan. 

Sehingga lemak jenuh ini umumnya dihasilkan oleh jenis makanan yang berasal dari hewan atau biasa disebut dengan “gajih” serta beberapa jenis makanan lainnya. Sementara padi American Diabetes Association, yang mana telah menetapkan batasan aman dalam konsumsi lemak jenuh, yaitu sebesar 7% dari total kalori harian kamu. Artinya, kamu tidak boleh mengkonsumsi secara berlebihan dari 16 gram dari lemak jenuh, jika kamu mengikuti diet kalori 2000 ( jumlah kalori umum orang dewasa).

Sehingga untuk menjaga kesehatan banyak para ahli yang menyarankan untuk tidak banyak mengonsumsi makanan yang mana mengandung lemak jenuh di dalamnya. Nah, langsung saja , berikut kami sudah merangkum beberapa jenis makanan yang mengandung lemak jahat dan jenuh, sehingga kamu dapat berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan apapun itu, khususnya makanan yang mengandung lemak jahat dan jenuh.

Es Krim

Es krim merupakan salah satu jenis makanan manis dan dingin, yang sama es krim sendiri digemari oleh segala usia. Namun, faktanya es krim merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung lemak jahat dan jenuh did lamanya. 

Hal ini dikarenakan es krim memiliki kandungan susu, vanila dan komposisi lainnya. Yang mana jika terlalu banyak mengkonsumsi es krim tentunya tidak hanya akan membuat kandungan lemak jenuh dalam tubuh meningkat, namun mampu meningkatkan efek buruk dari konsumsi gula secara berlebihan dan perasa makanan buatan. 

Daging Olahan

Selanjutnya adalah daging olahan, diantaranya adalah seperti sosis dan nugget, yang aman olahan daging ini sebagiannya juga memiliki akal naungan lemak hewani. Sehingga makanan tersebut terdiri dari 15% lemak jenuh almanya. 

Artinya, dengan mengonsumsi daging dengan takaran 85 gram dari daging olahan, maka sudah dapat memberikan 12.5 gram lemak jenuh atau setara dengan memenuhi 63% kebutuhan lemak harian kamu. Sehingga hati-hatilah dalam mengkonsumsinya, usahalah juga melakukan pengolahan dengan cara yang sehat. 

Daging Babi

Tidak hanya dari sapi, namun daging babi juga masuk ke dalam deretan jenis daging yang memiliki kandungan lemak jenuh. Lemka jenuh di dalam daging babi inilah yang membuatnya meningkat setelah diolah atau dimasak. 

Hal atribut dapat kamu lihat pada minyak babi setelah daging babinya di masak, maka dalam setiap 100 gram daging babi mentah, maka mengandung 15.80 gram lemak jenuh di dalamnya. Sehingga perhatikan atau berhenti mengonsumsi daging babi adalah hal tepat yang dapat kamu coba untuk hidup sehat. 

Mayonnaise

Mayonaise merupakan salah satu jenis makanan tambahan yang umum digunakan,diantaranya adalah digunakan untuk sandwich, burger dan jenis makanan lainnya. Namun, mayonaise juga memiliki bahaya, dimana makanan satu ini masuk ke dalam jenis makanan yang mengandung lemak jahat dan jenuh. 

Dalam satu sendok makan mayonaise, memiliki kandungan 1,5 lemak jenuh. Sehingga berapa ram lemak jenuh yang telah masuk ke dalam tubuh kamu? jika kamu mengonsumsi sepiring darah dan taburan mayonaise diatasnya, maka celakalah kamu. 

Tingginya kandungan lemak jenuh di dalam tubuh ini, maka dapat juga meningkatkan jumlah kalori dari makanan yang kamu konsumsi. Dalam setiap sendok makan mayonaise dengan isi sekitaran 1,5 gram lemak jenuh di dalamnya. 

Sehingga jumlah lemak total ini akan menyentuh 9.8 gram dan inilah yang akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika terlalu banyak mengkonsumsi mayonaise juga dapat meningkatkan berat badan secara ekstrim dan kadar kolesterol yang berisiko terhadap penyakit tekanan darah tinggi. 

Kentang Goreng

Kentang goreng merupakan salah satu cemilan yang enak, namun sayangnya jenis makanan satu inilah yang merupakan makanan yang mengandung lemak jahat dan jenuh. Cemilan atau kudapan yang terlihat kecil ini merupakan salah satu penyebab penyakit besar bagi tubuh. Umumnya hal ini dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya, mulai dari penyakit jantung, diabetes, kanker hingga stroke. 

Kentangs endieir merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Namun, jiak cara pengolahannya salah, dengan cara digoreng hal inilah yang membuatnya tidak sehat, karena akan mengubahnya menjadi sumber lemak jenuh dan berbahaya bagi kesehatan. 

terlebih lagi jika sebelumnya kentang sudah memasuki proses pembekuan, maka kadar lemak jenuh didalamnya akan semakin tinggi. Kamu dianjurkan tetap mengkonsumsi binatang dengan cara yang baik dan sheta yaitu direbus atau dikukus saja. 

Whipped Cream

Selanjutnya adalah bahan yang kerap kali digunakan sebagai topping untuk kue dan kopi, yang ternyata memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Dalam 10 gram shipper crema memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi yaitu 14 gram atau 14%, yang aman setara dengan memenuhi kebutuhan lemak harian hingga 69%. 

Jika mengkonsumsinya dengan cara yang salah, maka kamu akan memiliki peningkatan berat badan yang drastis. Maka hindarilah konsumsi shipped cream secara berlebihan, jika kamu ingin emnjaga kesimbangan ebrta badan kamu.

Mentega

Mentega merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung lemak jahat dan jenuh. Kandungan lemak jenuh yang tinggi di mentega ini merupakan salah satu alasan, kenapa banyak makanan yang dipanggang tidak baik bagi kesehatan. Hanya satu sendok makan mentega saja memiliki 7 gram lemak jenuh. Maka, memang harus berhati-hati lagi. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis makanan yang mengandung lemak jahat dan jenuh di dalamnya. Dengan memperhatikan jenis makanan diatas, kemudian kamu menghindarinya maka kamu bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Selain itu dapat menghindari kamu dari kenaikan berat badan dan terjangkitnya berbagai penyakit serius yang tentunya berbahaya.