8 Makanan Yang Mengandung Potasium Tinggi

6 minutes reading
Thursday, 16 Nov 2023 02:18 0 11 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi kita, ternyata tidak cukup hanya dengan asupan karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin saja. Melainkan tubuh juga perlu asupan makanan yang mengandung potasium tinggi, agar asupan nutrisi jadi lebih seimbang.

Mungkin kebanyakan orang hanya lebih mementingkan karbohidrat dan protein. Asal bisa makan nasi berarti stamina serta asupan nutrisi sudah terpenuhi, nyatanya tidak sesimpel itu. Ada yang namanya antioksidan, vitamin, serta mineral yang baik bagi tubuh seperti potasium.

Jangan sampai kamu kekurangan asupan potasium, karena tubuh juga perlu asupan tersebut. Potasium memiliki banyak manfaatnya, terutama mencegah penyakit-penyakit kronis tumbuh di tubuh kamu. Makanya penting sekali mengkonsumsi makanan dengan kandungan potasium.

Lalu kalau begitu apa saja sih makanan yang mengandung potasium tinggi? Nah, disini akan memberikan beberapa informasi terkait jenis-jenis makanan yang mengandung potasium tinggi secara menyeluruh. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Makanan Yang Mengandung Potasium Tinggi

Potasium atau bisa disebut juga sebagai kalium, merupakan jenis mineral esensial yang bagus untuk kepentingan dan keperluan tubuh manusia. Mineral ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita dengan sendirinya, sedangkan manusia butuh 100 mg potasium setiap harinya.

Maka dari itulah penting sekali untuk kamu mengonsumsi makanan yang mengandung potasium, supaya tubuh kita dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Manfaat potasium bagi tubuh sangatlah banyak dan beragam, seperti berikut di bawah ini manfaat potasium yaitu:

  • Menjaga cairan di dalam tubuh agar tetap seimbang
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mengurangi resiko penyakit jantung
  • Mengurangi resiko terkena stroke
  • Membantu melawan osteoporosis
  • Mencegah batu ginjal
  • Membantu kinerja fungsi saraf dan otot

Nah, buat kamu yang kekurangan potasium segeralah untuk rutin konsumsi makanan dengan kandungan potasium tinggi. Tetapi, jangan konsumsi secara berlebihan juga karena tidak bagus walaupun memiliki manfaat baik bagi tubuh. Sebelum itu, seperti apa sih gejala atau tanda kalau kita kekurangan potasium? Berikut adalah gejala dan tanda kekurangan potasium, yaitu:

  • Gampang lelah dan lesu secara berlebihan
  • Kram otot
  • Jantung berdebar-debar tanpa alasan
  • Mual dan muntah
  • Sering kesemutan
  • Mudah sembelit
  • Tekanan darah tinggi

Jika kamu mengalami gejala seperti di atas, berarti kamu memerlukan asupan potasium dan pastikan untuk cek ke dokter untuk lebih jelasnya. Tapi, jangan khawatir karena kamu bisa mengatasinya sendiri dengan mengonsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi, yaitu:

Ubi Jalar

8 Makanan Yang Mengandung Potasium Tinggi

Ubi jalar adalah makanan yang berupa umbi-umbian, biasanya sering dikonsumsi dengan cara direbus. Ubi menjadi salah satu makanan yang mengandung potasium tinggi, satu buah ubi untuk ukuran sedang terdapat sekitar 541 mg potasium hingga 1100 mg untuk ukuran besar.

Dengan adanya kandungan potasium pada ubi dan mengkonsumsi ubi setiap harinya, mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh sebanyak 12%. Kandungan potasium yang terdapat pada ubi mempunyai banyak manfaat baiknya bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara teratur.

Membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi serta mencegah penyakit kardiovaskular. Selain itu ubi juga dilengkapi dengan kandungan serat, beta-karoten, dan karbohidrat yang diperlukan tubuh.

Jus Tomat

8 Makanan Yang Mengandung Potasium Tinggi

Selain membuat dahaga kamu jadi terobati, ternyata jus tomat juga mengandung potasium tinggi. Bahkan hanya dengan mengkonsumsi setengah mangkuk atau gelas jus tomat, mengandung sebanyak 500 mg potasium. Jadi harus bisa menukarnya sebaik mungkin, ya.

Karena kalau dikonsumsi secara berlebihan tidak begitu baik juga untuk tubuh, sebab dapat meningkatkan kadar potasium di dalam tubuh kamu. Usahakan juga tidak menambahkan gula berlebih pada jus tomat, supaya kamu mendapatkan manfaat baiknya dari jus tomat tersebut.

Yoghurt

8 Makanan Yang Mengandung Potasium Tinggi

Yoghurt atau kita kenal sebagai olahan susu yang diproses melalui fermentasi bakteri sehingga menghasilkan asam laktat, ternyata mengandung potasium tinggi. Pada 227 gr yoghurt mengandung sekitar 579 mg potasium, tergantung jenis atau produk dari yoghurt itu sendiri.

Potasium yang terdapat pada yoghurt memiliki manfaat untuk membantu menjaga cairan tubuh dan tekanan darah agar tetap seimbang. Hal itu terjadi karena potasium pada yoghurt berperan dalam mengeluarkan natrium dari dalam tubuh, mengurangi resiko kardiovaskular.

Yoghurt terbuat dari bahan utama seperti susu sapi dan kedelai, sehingga kamu mendapatkan nutrisi lainnya juga yaitu protein, kalsium, vitamin B kompleks, magnesium, fosfor, zat besi, selenium, serta mengandung probiotik yang bagus untuk kesehatan sistem pencernaan tubuh.

Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan yang mengandung potasium tinggi, satu butir kentang utuh dengan kulit-kulitnya terdapat kurang lebih 900 mg potasium. Mengkonsumsi kentang setiap harinya dengan takaran atau porsi secukupnya, dapat memenuhi kebutuhan potasium.

Kadar potasium atau kalium paling banyak terdapat pada bagian kulit kentang. Selain itu kentang juga dikenal karena terdapat kandungan karbohidrat dan serat tinggi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh dan menjadi sumber nutrisi bagi bakteri baik yang ada di usus.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan dipercaya menjadi sumber potasium yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Terutama pada kacang polong, kacang merah, dan kacang almond, masing-masing mengandung potasium tinggi tergantung seberapa banyak kamu mengonsumsi setiap harinya.

Mengolah lalu mengkonsumsi setiap satu takaran saji kacang polong, kamu bisa mendapatkan potasium sebanyak 354-612 mg. Satu cangkir kacang merah terdapat sekitar 600 mg potasium dan satu ons kacang almond mengandung potasium sekitar 200 mg, terbilang cukup tinggi.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung potasium cukup tinggi, untuk satu buah pisang dengan ukuran sedang terdapat sekitar 422 mg potasium. Mengkonsumsi pisang secara rutin, dapat memenuhi kebutuhan harian potasium pada tubuh kamu setiap harinya.

Potasium pada pisang bermanfaat dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh, membantu mengatur tekanan darah, mendukung fungsi otot dan saraf, serta kamu juga mendapatkan tambahan nutrisi lainnya seperti serat, karbohidrat, antioksidan, vitamin C dan vitamin B6.

Seafood atau Makanan Laut

Makanan laut atau seafood seringkali digemari banyak orang karena rasanya yang enak dan gurih, serta kita juga bisa mendapatkan nutrisi baik seperti potasium. Terutama pada ikan tuna, salmon, tenggiri, dan kerang laut, semuanya mengandung potasium yang cukup tinggi.

Pada kerang mengandung sebanyak 534 mg potasium per 100 gr, sedangkan untuk ikan tuna, salmon, dan tenggiri terdapat sekitar 300-400 mg potasium per 100 gr. Kandungan potasium yang ada pada ikan laut ataupun kerang, ternyata memiliki berbagai manfaatnya untuk tubuh.

Tetapi usahakan untuk mengolahnya dengan tidak memberikan garam berlebih, agar jauh lebih sehat. Selain potasium, kamu juga mendapatkan nutrisi lainnya seperti asam lemak omega 3 yang bagus untuk kesehatan jantung, otak, dan mata, serta vitamin agar imun tubuh jadi kuat.

Sayuran Hijau

Selain makanan hewani, disini juga ada sayuran hijau yang menjadi sumber potasium nabati. Seperti pada sayur bayam yang mengandung potasium sebanyak 838 mg untuk satu takaran. Selain bayam, ada juga pokcoy dan lobak mengandung sekitar 200 mg potasium per 100 gr.

Manfaat potasium pada sayuran hijau tidak lain untuk menjaga kesehatan jantung, menyeimbangkan cairan dalam tubuh, serta kamu juga mendapatkan manfaat lainnya dalam bidang kecantikan seperti membantu pembentukan sel kulit agar tampak lebih sehat dan cerah.

Itulah beberapa macam makanan yang mengandung potasium tinggi, mungkin perlu untuk kamu ketahui. Supaya bisa memilih makanan apa saja yang memiliki kandungan potasium yang tinggi. Dengan begitu dapat kamu manfaatkan, terutama bagi yang kekurangan potasium.

Pastikan dibarengi dengan asupan nutrisi lainnya agar lebih seimbang, karena kalau terlalu sering memakan makanan yang mengandung potasium saja tentunya tidak baik untuk tubuh. Semuanya ada takarannya dan kamu harus bisa menukarnya. Good Luck semoga membantu.