Saturday, 22 Jun 2024

13 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil Trimester 1

9 minutes reading
Friday, 19 May 2023 16:37 0 249 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Ternyata pada saat ibu hamil trimester 1 ini terdapat beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan, nah mungkin masih banyak para ibu hamil yang belum tahu apa saja jenis makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil pada trimester 1.

Pada trimester pertama yang merupakan fase paling awal kehamilan yang akan membuat ibu hamil yang mengalami transformasi baik itu secara fisik maupun secara emosional, dengan mengetahui perubahan yang akan dialami oleh ibu hamil yang akan membantu bumil dalam menjalankan kehamilannya menjadi lebih matang.

Dimana salah satu perubahan yang signifikan yang terjadi pada trimester 1 yaitu mengalami perubahan selera makan, karenakan biasanya ibu hamil yang kemungkinan menjadi lebih sensitif dengan bau-bau yang tertentu dan juga indra perasa yang mungkin berubah.

Biasanya ibu hamil yang cenderung akan menyukai jenis makanan yang tertentu dan kan membenci makanan yang lainnya, tetapi ternyata ibu hamil pada trimester pertama juga perlu mengetahui jenis makanan yang tidak boleh dimakan karena tidak semua makanan yang disukai oleh ibu hamil dapat dikonsumsi selama kehamilan fase pertama.

Nah untuk mengetahui apa saja jenis makanan yang tidak boleh dimakan atau dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama, maka bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan baik.

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil Trimester 1

13 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil Trimester 1

Dimana kehamilan  yang memiliki 3 fase yaitu trimester 1, trimester 2 dan juga trimester 3,  dan pada saat ibu hamil dalam fase trimester 1 maka harus mendapatkan perhatian yang ekstra hal ini dikarenakan trimester 1 yang rentan mengalami keguguran.

Mengutip dari Anmum bayi secara fisik tumbuh dalam rahim pada akhir trimester 1 dan sebagian besar organ janin yang telah terbentuk, tetapi bayi dalam janin yang masih lemah dan belum mempunyai kekebalan sendiri sehingga dengan begitu untuk para ibu hamil yang harus berhati-hati.

Dimana perkembangan janin yang sehat sejalan dengan ibu melakukan kebiasaan hidup yang baik seperti mengkonsumsi makanan yang sehat dan benar, terhidrasi dan juga rutin olahraga secara teratur, mungkin untuk ibu hamil dalam memilih makanan yang menjadi salah satu hal yang sulit untuk ibu yang sedang mengalami morning sickness.

Untuk morning sickness ini yang akan terjadi pada ibu hamil selama trimester 1 seperti mual dan muntah dan bahkan masalah ini tidak hanya terjadi di pagi hari tetapi bisa muncul kapan saja dengan beragam pemicu, sehingga dengan begitu dapat mempengaruhi dengan jumlah nutrisi yang dibutuhkan ibu kehamilan berlangsung.

Agar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bisa tercukupi dan morning sickness ini dapat diatasi sehingga bisa mengisi perut yang kosong, yaitu dengan makan makanan yang lebih sedikit tetapi frekuensi yang lebih sering dengan rendah lemak, memilih jenis makanan mudah dicerna dan minum banyak cairan.

Mengidam makanan yang menjadi salah satu hal yang wajar selama kehamilan namun sangat penting untuk memastikan jika ibu hamil tidak melupakan tujuan nutrisi pada saat memakan makanan tersebut,dan selama kehamilan yang menjadi waktu yang sangat tepat untuk bisa mendapatkan makanan yang bergizi.

Tetapi ternyata terdapat beberapa jenis makanan yang tertentu sebaiknya dihindari oleh ibu hamil demi menjaga kesehatan kehamilan ibu hamil, adapun untuk beberapa makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil trimester 1 yaitu sebagai berikut:

Makanan Sayuran Mentah dan Kecambah

Dimana untuk ibu hamil yang paling baik untuk mengkonsumsi makanan yang sudah matang termasuk jenis sayuran, untuk jenis sayuran yang mentah menjadi salah satu jenis makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil trimester 1 hal ini dikarenakan sayuran mentah memiliki kandungan bakteri dan pestisida di dalamnya yang bisa menyebabkan penyakit pada ibu dan janin dalam kandungan.

Bahkan selain itu juga ibu hamil yang perlu menghindari untuk membeli sayuran dan buah-buahan yang sudah dipotong sebelumnya dari supermarket, hal ini tidak hanya kemungkinan kontaminasi yang tinggi tetapi sayuran yang telah dipotong dan disimpan dengan waktu yang lama yang cenderung akan kehilangan sebagian besar nutrisi didalamnya karena terjadinya oksidasi.

Makanan Ikan dan Makanan Laut

Dimana ternyata ikan dan makanan laut menjadi salah satu jenis makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil trimester 1 dan  ikan dikenal sebagai sumber protein yang baik dan mengandung asam lemak omega -3 yang menjadi sebagai salah satu nutrisi yang sangat penting untuk ibu hamil, tetapi ternyata ada  beberapa jenis ikan yang tidak boleh untuk ibu hamil seperti king mackerel, tilefish, hiu dan swordfish yang memiliki kandungan merkuri dengan jumlah yang tinggi.

Dengan mengkonsumsi merkuri secara berlebihan selama kehamilan yang bisa menghambat perkembangan dan juga menyebabkan kerusakan otak bayi, selain itu juga makanan laut yang bisa menyebabkan alergi untuk beberapa orang seperti mengalami ruam pada kulit, diare, muntah hingga pembengkakan.

Makanan Keju Lunak

Keju Lunak yaitu seperti brie, gorgonzola dan juga yang lainnya yang tidak boleh dimakan selama kehamilan trimester 1, hal ini dikarenakan dalam proses pembuatannya yang menggunakan jamur dengan kadar air yang tinggi, sehingga dengan begitu bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri listeria yang bisa membahayakan janin dalam kandungan.

Walaupun untuk infeksi dari listeria ini yang jarang terjadi tetapi lebih baik untuk mencari aman saja karena penyakit ringan pada ibu hamil yang bisa memicu keguguran, jika ibu hamil ingin memakan keju maka bisa diganti dengan jenis keju yang teksturnya keras seperti cheddar, paneer dan parmesan.

Makanan Kemasan

Ibu hamil juga yang harus menghindari untuk mengkonsumsi makanan kemasan, siap saji atau beku hal ini dikarenakan mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi dan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, sehingga dengan begitu untuk makanan kemasan yang menjadi salah satu jenis makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil trimester 1.

Makanan kemasan juga yang memiliki kandungan garam dengan jumlah yang tinggi dan juga bahan pengawet, bahkan selain itu juga hindari untuk makan makanan jalanan yang tidak higienis hal ini karena menggunakan minyak goreng curah atau pewarna buatan yang tidak baik untuk ibu dan janin dalam kandungan.

Makanan Telur Mentah

Untuk jenis telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah yang seharusnya dihindari oleh ibu hamil selama kehamilan trimester pertama, hal ini sama halnya seperti ikan dan makanan laut mentah dimana telur mentah juga yang dapat berpotensi mempunyai mikroorganisme yang berbahaya untuk tubuh ibu hamil.

Walaupun bahayanya yang tidak dirasakan secara langsung oleh ibu hamil tetapi jika ibu hamil mengkonsumsi telur mentah yang bisa menyebabkan bayi yang mengalami kesulitan, hal ini dikarenakan kesehatan ibu hamil yang kesehatannya memburuk.

Makanan MSG

Monosodium Glutamat atau MSG ini merupakan zat aditif yang sangat umum digunakan untuk bisa meningkatkan cita rasa pada masakan dan MSG ini yang aman untuk dikonsumsi, tetapi MSG juga yang bisa membuat orang yang memakannya mengalami mati rasa, mual, sakit kepala, otot menegang dan juga berkeringat.

MSG juga menjadi salah satu jenis makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil trimester 1 dan perlu menghindari mengkonsumsi MSG jika bumil mengalami salah satu gejala yang diatas sebelum hamil, dengan mengkonsumsi MSG yang secara berlebihan bisa menyebabkan retensi air dan juga rusaknya penghalang plasenta dari suplai makanan untuk janin dalam kandungan.

Makanan Daging Mentah

Untuk salah satu jenis makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil trimester 1 yaitu mengkonsumsi daging mentah, hal ini dikarenakan kemungkinan kandungan mikroorganisme seperti salmonella, E-Coli dan juga yang lainnya yang bisa menyebabkan keracunan makanan akut.

Tetapi jika ibu hamil pada trimester 1 ini ingin memakan daging maka sebaiknya untuk memasaknya terlebih dahulu hingga matang tanpa menyisakan darah atau warna merah pada dagingnya, pastikan juga untuk mencuci tangan sampai bersih setelah memegang daging mentah tersebut sebelum makan.

Makanan Buah Pepaya Mentah

Dimana untuk buah Pepaya yang sudah matang memang baik untuk ibu hamil tetapi jenis buah Pepaya masih mentah menjadi salah satu jenis makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil trimester 1, hal ini dikarenakan kandungan zat papain dan pepsin yang terdapat di dalam Pepaya mentah yang dapat mempengaruhi perkembangan janin, bahkan selain itu juga dapat menginduksi kontraksi pada rahim yang dapat mengakibatkan kelahiran dini atau prematur dan bahkan keguguran.

Biji Adas, Wijen dan Fenugreek

Sebenarnya ibu hamil yang bisa mengkonsumsi biji ada, wijen dan juga fenugreek jika dalam jumlah yang sedikit tidak akan bermasalah, tetapi dikarenakan untuk ketiga jenis biji tersebut yang bisa merangsang kontraksi rahim sehingga bisa menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur sehingga ketiga jenis biji tersebut menjadi salah satu jenis makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil trimester 1 yang harus dihindari.

Minuman Alkohol

Selama kehamilan jika ibu hamil yang minum alkohol yang bisa membahayakan janin yang sedang berkembang dalam rahim, hal ini dikarenakan alkohol yang bisa masuk ke darah bayi dengan melalui ibu dan dapat  menyebabkan adanya kerusakan pada sel otak bayi dan juga sumsum tulang belakang bayi.

Sehingga dengan begitu alkohol menjadi salah satu jenis makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil trimester 1 dan masalah ini yang akan timbul bisa berkisar dari ringan sampai berat, alkohol yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi fitur wajah dan juga perkembangan vertikal bayi bahkan bisa menyebabkan keguguran, lahir prematur atau lahir mati jika mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.

Makanan Buah Nanas

Buah Nanas menjadi salah satu jenis makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil trimester 1, hal ini dikarenakan buah Nanas yang memiliki kandungan enzim bromelain di dalamnya yang dapat melembutkan serviks dan juga bisa menyebabkan persalinan dini, sehingga dengan begitu ibu hamil yang harus berhati-hati untuk tidak mengkonsumsi buah yang satu ini.

Makanan Pemanis Buatan

Terdapat banyak sekali berbagai jenis pemanis buatan yang tersedia di pasaran dengan memiliki kandungan didalamnya berbeda-beda diantaranya seperti Cyclamate, Aspartame, Stevia, Sucralose dan Saccharin, semua jenis pemanis buatan ini yang memiliki kandungan kalori sedikit tetapi tidak aman jika dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan.

Dimana Food and Drug Administration yang telah menandai bahwa untuk jenis pemanis buatan ini yang disebutkan sebelumnya dimana untuk jenis Sucralose, Aspartame dan juga Stevia yang aman dikonsumsi sedangkan untuk jenis Cyclamate dan Saccharine yang berbahaya untuk ibu hamil.

Minuman Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil trimester 1 yaitu susu yang tidak dipasteurisasi hal ini dikarenakan kandungan mikroba yang cukup banyak bisa membahayakan ibu hamil dan juga perkembangan bayi di dalam rahim, sehingga dengan begitu untuk selalu mengkonsumsi susu pasteurisasi atau rebus susu terlebih dahulu sebelum dikonsumsi karena memang susu merupakan sumber kalsium yang baik untuk ibu hamil.

Mungkin hanya itu saja beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil trimester 1 yang perlu ibu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.