Monday, 15 Apr 2024

14 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

8 minutes reading
Sunday, 18 Feb 2024 04:10 0 50 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Apakah kamu tahu dengan buah ciplukan atau biasanya disebut buah cecendet dalam bahasa Sunda, ternyata buah tersebut yang bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, dan untuk kamu yang penasaran dengan manfaatnya bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Buah ciplukan yang memiliki nama ilmiahnya Physalis peruviana merupakan salah satu jenis buah dengan memiliki bentuk yang unik, hal ini dikarenakan buah tersebut yang ditutupi oleh lapisan luar seperti daun.

Pada saat ingin mengkonsumsi buah ciplukan maka bisa dengan membuka lapisan luar buah tersebut terlebih dahulu dan pada saat buahnya di gigit atau dikunyah tekstur daging buahnya menyerupai buah tomat.

Jika buah ciplukan sudah matang biasanya memiliki warna jingga kekuningan dengan rasanya manis namun sedikit kecut yaitu seperti buah mangga, banyak orang yang menyukai buah ciplukan yang satu ini dan bisa didapatkan dengan mudah dan biasanya kebanyakan tumbuh di kebun atau persawahan.

Namun selain memiliki rasa yang manis buah ciplukan juga yang memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan sangat sayang untuk dilewatkan, di ketahui dapat membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh dan bahkan hingga bisa mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker.

Beragam manfaat untuk kesehatan tersebut berkat adanya kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah ciplukan seperti mengandung karbohidrat, serat, lemak, protein dan kaya akan vitamin dan mineral yaitu seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, fosfor, zat besi dan riboflavin.

Tidak hanya itu saja buah ciplukan juga yang terdapat berbagai kandungan antioksidan seperti polifenol dan juga beta karoten, untuk kamu yang penasaran dengan manfaat buah ciplukan untuk kesehatan bisa simak informasi di bawah ini.

Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

Sudah bukan rahasia lagi buah ciplukan ini yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh, hal ini dikarenakan tanaman herbal buah ciplukan ini yang kaya akan kandungan karotenoid, kandungan ini yang merupakan antioksidan berfungsi membantu mencegah atau memperlambat kerusakan sel tubuh.

Kandungan antioksidan dalam buah ciplukan yang bisa membantu dalam memperkuat sistem kardiovaskular, dengan beragam kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah ciplukan sehingga tidak heran jika buah ini memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Adapun di bawah ini terdapat beberapa manfaat buah ciplukan untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui dan rasakan manfaatnya secara optimal yaitu sebagai berikut:

Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Kandungan antioksidan yang tinggi terdapat pada buah ciplukan yang dimana menurut US Proceedings of The National Academy of Science mengatakan bahwa, senyawa tersebut berfungsi dalam melindungi serta membantu memperbaiki kerusakan disebabkan oleh adanya radikal bebas.

Penelitian yang lain dari Procedia Chemistry yang mengatakan bahwa kandungan antioksidan terkandung pada buah ciplukan ini yang memiliki peran aktif dalam mengatasi berbagai macam penyakit diantaranya seperti kanker, asma, hepatitis, rematik, dermatitis dan juga malaria.

Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat buah ciplukan untuk kesehatan yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sebuah penelitian yang mengungkapkan buah ciplukan ini yang terlibat dalam efek imunologis atau sistem kekebalan tubuh.

Peneliti yang mengeringkan buah ciplukan dan juga meng ekstraksi dengan etanol sekitar 70% dan hasil ekstraknya bisa memberikan dampak yang positif dan dapat menginduksi apoptosis atau kematian terhadap sel kanker payudara.

Walaupun penelitian ini yang masih memerlukan tahap lanjutan namun hasilnya bisa menjadi daya baik untuk bisa dikembangkan menjadi salah satu terapi kanker diakui, sementara dari studi lain dilakukan pada sel manusia yang mencatat buah ciplukan mengandung polifenol tinggi dapat menghalangi pelepasan penanda kekebalan inflamasi yang tertentu.

Dengan begitu hal ini yang akan membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh, kandungan vitamin C dalam buah ciplukan juga bermanfaat memiliki peran kunci di dalam merespon sistem imunitas tubuh yang kuat dan juga sehat.

Membantu Menyembuhkan Penyakit Kuning

Penyakit kunyit yaitu salah satu penyakit menyebabkan adanya perubahan warna kulit yang menjadi kuning dikarenakan tingginya kadar bilirubin dalam darah, penyakit ini biasanya dialami oleh bayi terutama yang baru lahir.

Namun untuk beberapa kondisi penyakit kuning yang dapat menyerang orang dewasa juga dan ini bisa diatasi dengan buah ciplukan dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit kuning, berkat kandungan antioksidan yaitu seperti flavonoid, saponin, polifenol dan juga fisalin.

Sebagai Anti Kanker

Buah ciplukan yang memang belum terbukti secara ilmiah dapat mengobati atau mencegah kanker, hal ini karena efek potensial dari buah ciplukan pada kanker yang hanya diteliti pada sel serta hewan saja tetapi yang penting untuk diketahui bahwa terdapat zat memiliki efek anti kanker dalam sel dan bahan kimia yang beracun.

Kandungan senyawa terdapat dalam buah ciplukan ini disebut dengan 4 beta-Hydroz Withanolide E yang kemungkinan memiliki sifat anti kanker, efeknya sudah dipelajari pada hewan serta sel pada jenis kanker seperti kanker hati, kanker payudara dan kanker paru-paru.

Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Buah ciplukan yang tinggi akan vitamin larut lemak, dan juga vitamin K ada dalam metabolisme tulang, kandungan vitamin K ini merupakan komponen cukup penting dari tulang dan juga tulang rawan serta terlibat dalam tingkat perombakan tulang sehat.

Dimana hal ini salah satu cara bagaimana tulang rusuk dan juga terbentuknya kembali tulang dengan baik, menurut International Journal of Endocrinology mengatakan vitamin K harus dikonsumsi bersamaan vitamin C untuk bisa menjaga kesehatan tulang lebih optimal.

Membantu Mengontrol Gula Darah

Beberapa senyawa ditemukan dalam buah ciplukan yang bermanfaat untuk membantu memperlambat pemecahan dan asupan gula sederhana dari karbohidrat, sehingga manfaat buah ciplukan untuk kesehatan bisa membantu mengontrol gula darah atau mengelola diabetes.

Hal ini yang berarti tubuh serta aliran darah kemungkinan tidak dibanjiri gula dan reseptor insulin diatur dengan benar, fluktuasi gula darah cukup drastis adalah salah satu penyebab utama diabetes serta sangat berbahaya untuk orang menderita kondisi tersebut.

Sehingga dalam artian buah ciplukan ini yang bisa memberikan peranan penting menjadi metode dalam proses pencegahan dan juga pengobatan sangat efektif untuk diabetes tipe II, sehingga kamu bisa merasakan manfaat ini hanya dengan konsumsi buah ciplukan.

Membantu Mencegah Kerusakan Sel

Dimana menurut penelitian Pharmacognosy Review yang mengatakan bahwa kandungan antioksidan adalah zat yang berfungsi melindungi dan juga memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh yang akibat efek radikal bebas, dan buah ciplukan  yang diperkaya kaya akan antioksidan sehingga bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel.

Contoh paling umum dari masalah kerusakan sel dikatakan radikal bebas dapat terjadi yaitu penuaan dini serta penyakit kronis seperti peradangan, kanker, penyakit jantung dan juga katarak, dengan buah ciplukan yang dipercaya bisa mengatasi masalah tersebut.

Buah ciplukan mengandung antioksidan dan fenolik yang tinggi dapat membantu melawan perkembangan sel kanker payudara, serta kanker usus besar, sehingga dengan begitu kamu bisa dengan mengkonsumsi buah ciplukan untuk mendapatkan manfaat pencegahan terhadap penyakit yang diakibatkan kerusakan sel.

Membantu Menjaga Kesehatan Hati dan Ginjal

Buah ciplukan yang memiliki banyak kandungan nutrisi didalamnya yang ternyata dipercaya dapat membantu dalam mengurangi luka ada dalam organ hati, selain itu memberikan efek memulihkan penurunan fungsi hati dan buah ini dapat melindungi ginjal dari racun dengan menggunakan cara menstimulasi pengeluaran  urine serta menyingkirkan lemak, racun dari sistem getah bening serta garam.

Sebagai Anti Inflamasi

Selanjutnya manfaat buah ciplukan untuk kesehatan yaitu sebagai anti inflamasi, senyawa terdapat dalam buah ciplukan disebut withanolide ini yang memiliki efek anti inflamasi dalam tubuh berfungsi melindungi dari kanker usus besar.

Sebuah penelitian dari Journal of Crohn’s and Colitis yang menyatakan bahwa ekstrak buah ciplukan bisa mengurangi peradangan pada tikus dengan memiliki penyakit radang usus, selain itu tikus diobati dengan ekstrak buah ini memiliki tingkat penanda inflamasi lebih rendah dalam jaringannya.

Walaupun belum ada penelitian dilakukan pada manusia tetapi penelitian tabung reaksi telah dilakukan pada sel manusia yang mengungkapkan adanya manfaat buah ciplukan untuk kesehatan terhadap peradangan cukup menjanjikan.

Menurunkan Berat Badan

Setiap orang menginginkan berat badan yang normal dan ideal dan tidak sedikit juga yang memiliki berat badan berlebih berniat untuk diet atau menurunkan berat badannya, salah satu cara bisa dilakukan yaitu dengan konsumsi buah ciplukan bermanfaat membantu menurunkan berat badan.

Buah ciplukan menjadi makanan rendah kalori yaitu 53 kalori dalam porsi per 100 gram, sehingga buah ciplukan cocok dijadikan cemilan sehat yang bisa memberikan sebagian besar nutrisinya untuk kita, dan buah ciplukan tidak menyumbangkan lemak dan kalori negatif apapun pada asupan keseluruhan dan ini bisa membantu menjaga menurunkan berat badan.

Membantu dalam Keterampilan Kognitif

Buah ciplukan yang memiliki banyak kandungan vitamin C yang bisa berperan penting dalam membantu mencegah terjadinya penyakit otak yaitu seperti alzheimer dan demensia, kedua penyakit tersebut yang mengakibatkan proses penurunan daya ingat dan vitamin C pada buah ciplukan bisa membantu menjaga kognisi, memori pada otak dna juga fokus.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Masalah kesehatan paling umum di masyarakat yaitu masalah kolesterol, dengan tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh perlu diwaspadai karena dapat memicu berbagai macam penyakit kardiovaskular yaitu seperti serangan jantung koroner atau stroke.

Untuk manfaat buah ciplukan untuk kesehatan yang lainnya yaitu bisa membantu dalam menurunkan dan menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga dengan begitu cukup mengkonsumsi buah ciplukan yang sudah bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Membantu Mempertahankan Kerja Saluran Kemih

Dengan mengkonsumsi buah ciplukan yang bisa memberikan manfaat salah satunya membantu dalam mempertahankan kerja saluran kemih, buah ciplukan ini yang dapat menjadi salah satu obat diuretik dapat memperlancar buang air kecil, mencegah batu kandung kemih dan juga mencegah infeksi saluran kemih hingga mengobati penyakit kencing nanah.

Membantu Meningkatkan Sistem Penglihatan

Terakhir manfaat buah ciplukan untuk kesehatan yaitu bisa membantu meningkatkan sistem penglihatan atau kesehatan mata, manfaat ini berkat adanya kandungan lutein, beta karoten dan juga beberapa karotenoid didalamnya.

Dengan makanan tinggi karotenoid dari buah-buahan dan sayuran yang dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula yang terkait dengan usia dan juga penyebab utama kebutaan, secara khususnya kandungan karotenoid lutein ini yang dikenal dapat mencegah penyakit pada mata.

Mungkin hanya itu saja untuk beberapa manfaat buah ciplukan untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat mencoba mengkonsumsi buah ciplukan untuk merasakan manfaatnya dengan baik.