Manfaat Buah Raspberry Merah Untuk Kesehatan

4 minutes reading
Wednesday, 24 May 2023 00:00 0 80 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Biasanya buah Raspberry ditemukan dan sering dijumpai sebagai topping smoothie dan yoghurt, ternyata buah Raspberry merah ini juga yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan untuk kamu yang ingin tahu apa saja manfaatnya bisa dengan simak penjelasannya disini.

Raspberry merupakan salah satu jenis buah yang tersedia dalam beberapa warna dan juga dengan mempunyai dua varietas yang berbeda yaitu loganberry dan juga boysenberry, buah Raspberry yang termasuk ke dalam kategori buah berry yang diperkaya dengan kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Dimana buah Raspberry ini yang memiliki rasa yang manis dan terdiri dalam 4 warna yaitu merah, hitam, ungu dan juga emas atau kuning dan paling umum dijual di pasaran yaitu jenis buah Raspberry merah, walaupun buah Raspberry ini memiliki ukuran yang mungil namun terdapat berbagai kandungan antioksidan di dalamnya seperti vitamin C, serat dan juga yang lainnya.

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi pada buah Raspberry ini yang diyakini dapat membantu untuk mencegah penuaan dini seperti kulit kendur dan juga garis halus, bahkan selain itu juga buah Raspberry ini yang bisa menjaga kesehatan kulit dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Nah untuk kamu  yang penasaran dengan apa saja manfaat buah Raspberry merah yang bisa didapatkan, nah untuk mengetahui hal tersebut maka bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Manfaat Buah Raspberry Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Raspberry Merah Untuk Kesehatan

Buah Raspberry ini yang berasal dari Turki dan juga Amerika Utara yang biasanya hanya dipanen pada saat musim semi dan gugur, manfaat dari buah Raspberry ini  yang bisa didapatkan pada kondisi buah Raspberry yang masih segar maupun yang frozen fruit, walaupun demikian cara penyimpanan dan juga tingkat kematangan yang akan mempengaruhi pada kepadatan kandungan nutrisi.

Adapun untuk beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada buah Raspberry segar dalam 123 gr atau 1 cup yaitu terdapat:

  • 64 gram kalori
  • 14,7 gram karbohidrat
  • 8 gram serat
  • 5,4 gram gula
  • 1,5 gram protein
  • 0,8 gram lemak
  • 32,3 miligram vitamin C
  • 27,1 miligram magnesium
  • 41% dari Reference Daily Intake (RDI) mangan
  • 12% dari RDI vitamin K
  • 6% dari RDI tembaga
  • 5% dari RDI vitamin E
  • 5% dari RDI potasium
  • 4-6% dari RDI vitamin B, dan juga
  • 5% dari RDI fosfor.

Untuk semua kandungan nutrisi yang terdapat pada buah Raspberry ini yang bisa saja berubah tergantung dengan tingkat kematangan dan juga cara penyimpanan buah tersebut, adapun untuk beberapa manfaat buah Raspberry merah yaitu sebagai berikut:

Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Buah Raspberry yang memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tulang, dimana hal ini yang sudah dibuktikan oleh penelitian Advances in Nutrition yang telah menguji kandungan kolagen yang terdapat dalam ekstrak Raspberry merah yaitu sebanyak 15 mg/kg pada tikus lab.

Untuk hasil penelitian tersebut yang menunjukan bahwa berkurangnya gejala arthritis, pembengkakan jaringan lunak dan juga penyerapan pada tulang, bahkan selain itu juga ekstrak Raspberry merah ini yang dapat menekan pembentukan osteofit yaitu adanya benjolan tulang yang biasanya muncul pada sekitar persendian..

Membantu Menurunkan Berat Badan

Biasanya buah Raspberry ini yang sering digunakan sebagai campuran smoothie atau topping yoghurt dalam program diet, sehingga dengan begitu untuk manfaat buah Raspberry merah yang satu ini yang akan membantu menurunkan berat badan hal ini dikarenakan kandungan antioksidan pada buah Raspberry yang berlimpah yang akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Kamu bisa merasakan manfaat positif dari buah Raspberry ini dengan mengkonsumsinya secara rutin dalam jangka waktu yang tertentu, dimana sebuah penelitian pada NCBI yang menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi suplemen keton Raspberry dan diet tinggi lemak dalam 5 hingga 10 minggu yang dapat menurunkan berat badan.

Membantu Mengurangi Risiko Obesitas

Manfaat buah Raspberry merah yang lainnya yaitu membantu untuk mengurangi risiko terjadinya obesitas, hal ini yang sudah dibuktikan oleh penelitian NCBI yang menyebutkan bahwa dengan ekstrak buah Raspberry yang berhasil membantu dalam menurunkan stres oksidatif dan hal ini yang ditandai dengan berkurangnya lemak, kerusakan protein dan juga inflamasi setelah mengkonsumsi buah Raspberry selama satu bulan.

Selain itu juga buah Raspberry ini yang mengandung keton (asam terbentuk dalam darah dan dikeluarkan dengan melalui urin), dapat mencegah obesitas dan juga lemak hati untuk caranya dengan mengubah metabolisme lemak dan meningkatkan lipolisis telah dirangsang dengan norepinefrin yang sebelumnya ke dalam adiposa (sel lemak) putih.

Mungkin hanya itu saja mengenai beberapa manfaat buah Raspberry merah yang bisa kamu ketahui dan untuk mendapatkan manfaatkan secara optimal maka konsumsi buah Raspberry secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.

x