Monday, 15 Apr 2024

8 Manfaat Buah Sawo Untuk Ibu Hamil

6 minutes reading
Monday, 8 Jan 2024 21:04 0 75 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada banyak sekali manfaat dari buah sawo, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan ibu hamil. 

Buah yang memiliki aroma manis dan daging buah berwarna coklat ini memang memiliki segudang manfaat, begitupun bagi para ibu hamil. 

Manfaat buah satu ini karena kandungannya yang kaya akan nutrisi alaminya. Sehingga memegang direkomendasikan sebagai salah satu cemilan untuk para ibu hamil

Buah-buahan memang memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh ibu hamil, namun memang ada beberapa jenis yang memiliki manfaatnya tersendiri seperti buah sawo. 

Sawo sendiri memiliki kandungan antioksidan, anti radang, antivirus dan anti bakteri serta anti parasit. Hal inilah yang dapat memberikan banyak manfaat bagi para ibu hamil. 

Nah, untuk mengetahui manfaat secara spesifik dari buah sawo untuk ibu hamil, kamu dapat menyimak ulasan lengkapnya dalam artikel dibawah ini. 

Manfaat Buah Sawo Untuk Ibu Hamil 

Manfaat Buah Sawo Untuk Ibu Hamil

Sawo, buah dengan kulit kecoklatan ini tergolong sulit ditemukan jika bukan musimnya. 

Namun, terlepas dari itu, kandungan nutrisi dari buah sawo memiliki banyak manfaat untuk kesehatan para ibu hamil

Di dalam 100 gram buah sawo memiliki kandungan 83 kalori, selain itu buah sawo juga kaya akan kandungan dari vitamin A dan vitamin C di dalamnya. 

Kandungan niacin, folat, asam pantotenat kalium, tembaga dan zinc yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Buah sawo atau Manilkara zapota ini merupakan jenis buah yang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya, seperti yang sebelumnya kami sebutkan jika buah satu ini memiliki sifat anti radang, antioksidan, antivirus, antiparasit dna antibakteri juga. 

Karena kandungan dan manfaat dari buah sawo ini, maka ibu hamil empeng dianjurkan untuk mengkonsumsinya. 

Nah, berikut kami sudah merangkum beberapa manfaat dari buah sawo untuk ibu hamil. 

Membantu Mengontrol Tekanan Darah dan Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pertama dalam buah sawo bagi ibu hamil adalah dapat mengontrol tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung. 

Dalam 1 buah sawo, terdapat kandungan kalium sebanyak 330 miligram. Dimana kalium sendiri memiliki fungsi untuk membantu menjaga tekanan darah supaya tetap stabil dan mampu memelihara kesehatan jantung sang ibu dan anak. 

Karena kandungan antioksidan di dalam buah sawo, maka manfaatnya ini akan berdampak pada proses kontrol tekanan darah yang baik. 

Buah sawo ini baik dikonsumsi oleh para ibu hamil guna membantu mengurangi risiko terjadinya preeklampsia. 

Namun, tentunya kamu harus memperhatikan porsi dalam mengkonsumsi buah satu ini, karena memiliki rasa yang cukup manis juga. 

Meringankan Kram Kaki

Manfaat dari buah sawo bagi ibu hamil lainnya adalah membantu untuk meringankan gejala kram kaki. 

Kram kaki sendiri merupakan salah satu keluhan yang cukup sering terjadi dan dialami oleh ibu hamil. 

Hal tersebut biasanya disebabkan oleh berbagai banyak faktor, mulai dari perubahan hormon selama masa kehamilan, dehidrasi sehingga kekurangan mineral penting selama masa kehamilan. 

Mineral penting yang kami maksud adalah kalsium, kalium hingga magnesium di dalamnya. 

Tidak hanya bermanfaat guna mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung saja. Namun, kandungan kalium dalam buah sawo ini berkhasiat guna meringankan gejala kram kaki ketika masa kehamilan. 

Dengan begitu sang ibu akan mendapatkan pengalaman jauh lebih nyaman ketika masa kehamilan, kareena terhindar dari kram. 

Mencegah dan meredakan Sembelit

Sembelit merupakan salah satu hal dan keluhan yang memang sering kali dialami oleh pada para ibu hamil. 

Hal tersebut dikarenakan adanya proses produksi dan peningkatan pada hormon progesteron selama masa kehamilan. 

Selain itu kondisi kekurangan asupan serat dan air putih juga dapat menyebabkan seorang ibu hamil mengalami sembelit. 

Nah, dengan mengkonsumsi buah sawo ini maka kamu mendapatkan asupan serta yang cukup baikd ari buahnya. 

Sehingga akan bekerja untuk membantu mengatasi sembelit yang kamu rasakan selama masa kehamilan. 

Selain itu dapat membantu untuk menghindari kondisi sembelit yang kemungkinan muncul dimasa mendatang. 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seorang ibu hamil bisa menjadi lebih mudah jatuh sakit, hal ini diakibatkan adanya sistem imunitas yang memang cenderung menurun. 

Sehingga untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, sang ibu dapat mengkonsumsi buah sawo juga. 

Karena buah sawo termasuk jenis makanan yang bergizi, dimana dapat menutrisi dengan baik jika diiringi dengan kebiasaan dan pola istirahat yang baik. 

Agar daya tahan tubuh tetap kuat, ibu hamil dapat mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung antioksidan, vitamin, mineral, protein vitamin A, vitamin B serta vitamin C di dalamnya. 

Kandungan nutrisi ini juga dapat diperoleh melalui jenis buah-buahan, salah satunya adalah buah sawo yang memiliki manfaat lengkapnya. 

Meningkatkan Sistem Penyerapan Zat besi dan Mencegah Anemia

Selain memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, kandungan vitamin C dalam buah sawo ini berperan untuk membantu proses penyerapan zat besi pada tubuh seorang ibu hamil. 

Dengan adanya kehadiran zat besi selama masa kehamilan, maka sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah atau hemoglobin. 

Sehingga dengan tercukupinya kebutuhan dan asupan zat besi, nantinya ibu hamil mampu tercegah dari anemia atau kurang darah. 

Kondisi satu ini memang perlu diwaspadai karena dapat memicu dan menyebabkan berbagai jenis masalah pada masa kehamilan.

Maksudnya adalah permasalahan ketika bayi terlahir secara prematur atau lahir dengan bobot yang dibawah rata-rata atau rendah. 

Selain itu adanya kandungan folat did alma buah sawo inilah yang berguna untuk mendukung proses tumbuh kembang sang janin dan menghindarinya dari kecacatan lahir. 

Meredakan Morning Sickness

Manfaat buah sawo untuk ibu hamil lainnya adalah dapat membantu untuk meredakan permasalahan morning sickness yang dialami sang ibu. 

Sawo sendiri dikemas dengan elektrolit, vitamin A dan karbohidrat yang baik untuk ibu hamil. 

Buah sawo ini dapat membantu dalam proses produksi kolagen didalam tubuh serta mencegah terjadinya gangguan lambung pada ibu hamil.

Mencegah Anemia

Manfaat buah sawo diantaranya adalah membantu untuk mencegah permasalahan anemia yang tentunya berisiko dialami selama mengandung. 

Hal ini dikarenakan buah sawo memiliki kandungan zat besi yang mampu mencegah terjadinya anemia pada orang yang mengkonsumsinya. 

Nah, seseorang yang kekurangan asupan zat besi ini dapat menyebabkan kelelahan dan pusing. 

Sehingga dengan mengkonsumsi sawo bisa membantu untuk meningkatkan sel darah merah sekaligus menghasilkan kadar hemoglobin yang diperlukan secara efektif. 

Mencegah Hipertensi

Manfaat Dari buah sawo bagi ibu hamil diantaranya dapat membantu mencegah permasalahan hipertensi yang membahayakan ibu serta janin selama dalam masa kehamilan. 

Magnesium yang terkandung di dalam buah sawo ini bekerja untuk menjaga pembuluh darah sehingga dapat beroperasi dengan baik. 

Selain itu kalium di dalamnya juga dapat membantu mengatur tekanan dan sirkulasi darah. Sehingga buah sawo ini memnag dikenal dnegan sistem hemosttaiknya juga.

Maksudnya sifat hemosttiknya adalah mampu menghentikan kondisi kehilangan darah seseorang. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis manfaat dari buah sawo jika dikonsumsi untuk ibu hamil. 

Kayanya manfaat dari buah sawo, membuatnya menjadi salah satu rekomendasi jenis buah yang baik bagi para ibu hamil.