Monday, 15 Apr 2024

10 Manfaat Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil

6 minutes reading
Tuesday, 16 Jan 2024 00:02 0 30 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Terdapat mitos mengatakan buah sirsak ini yang ternyata bisa menyebabkan masalah persalinan, namun faktanya buah sirsak yang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan untuk kamu yang ingin tahu manfaatnya bisa simak ulasan di bawah ini dengan seksama.

Selama masa kehamilan berlangsung ibu yang harus selalu memperhatikan asupan makanan yang sehat dan hal ini tentu saja sebaiknya tidak ibu lewatkan, salah satunya bisa dengan memilih buah kaya akan nutrisi didalamnya.

Sehingga dengan begitu asupan nutrisi ibu hamil yang akan terpenuhi dan bermanfaat untuk ibu dan janin di dalam kandungannya, dari banyaknya jenis buah ibu bisa dengan mengkonsumsi buah sirsak yang dijadikan sebagai cemilan sehat selama kehamilan berlangsung.

Karena buah sirsak ini yang bisa memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil dan juga janin dalam kandungannya, beragam manfaat tersebut tentu saja ada berkat adanya kandungan nutrisi didalamnya yang memiliki peran penting untuk kesehatan ibu hamil.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil

Buah sirsak cukup populer karena jenis buah yang satu ini memiliki tekstur berbeda dari jenis buah lainnya dan sekaligus bisa menyegarkan tubuh, tidak hanya itu terdapat sejumlah kandungan nutrisi bermanfaat untuk kesehatan.

Beragam kandungan gizi dan nutrisi dari buah sirsak sebagai berikut:

  • 65 kalori
  • 81,7 gram air
  • 3,2 gram serat
  • 289,9 miligram kalium
  • 27 miligram fosfor
  • 20 miligram vitamin C
  • 14 miligram sodium
  • 14 miligram kalsium
  • 0,08 miligram vitamin B2
  • 10 mikrogram beta karoten

Dengan beragam kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam buah sirsak ini yang bisa memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil, untuk kamu yang belum tahu manfaat buah sirsak untuk ibu hamil maka bisa simak informasinya disini.

Ibu hamil yang mengkonsumsi makanan kaya akan gizi dan nutrisi selama masa kehamilan berlangsung yang bisa membantu bayi untuk tumbuh sekaligus berkembang  bayi dengan baik, dilansir dari National Health Service yang mengatakan makan buah dan sayuran kaya vitamin dan mineral bisa membantu bumil mendapatkan keseimbangan nutrisi.

Sama hal nya dengan mengkonsumsi buah sirsak yang memiliki teksturnya yang creamy dan juga rasanya sangat menyegarkan bisa menjadi cemilan sehat ibu hamil, adapun untuk beberapa manfaat buah sirsak untuk ibu hamil yaitu sebagai berikut:

Membantu Mencegah Mual dan Muntah

Biasanya pada masa awal kehamilan ibu yang sering merasakan mual dan juga muntah, kondisi seperti ini memang sangat wajar terjadi di trimester pertama kehamilan dan kondisi ini juga ternyata bisa diatasi dan dicegah hanya dengan mengkonsumsi buah sirsak secara rutin.

Dimana buah sirsak yang mempunyai rasa manis sedikit asam ini yang akan membuat produksi air liur menjadi meningkat, dengan peningkatan air liur bisa mengurangi rasa mual  sehingga rasa muntah yang bisa tertahan oleh ibu hamil.

Mengenyangkan Perut

Ternyata buah sirsak juga yang bisa memberikan efek kenyang yang menjadi salah satu manfaat buah sirsak untuk ibu hamil, walaupun buah sirsak ini tidak bisa menggantikan nasi sebagai makanan utama tetapi buah sirsak yang mengandung serat, karbohidrat dan juga gula bisa mengenyangkan perut.

Namun perlu ibu hamil ketahui dan ingat makan buah sirsak ini sebelum makan makanan utama, buah-buahan yang sebaiknya untuk dikonsumsi sebelum memakan makanan utama hal ini agar kandungan gizi yang tetap terjaga dengan baik.

Membantu Meningkatkan Nafsu Makan

Dengan munculnya rasa mual yang tentu saja sangat mengganggu di pagi hari sehingga ibu yang menjadi tidak berselera untuk makan, kondisi ini ternyata bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah sirsak bermanfaat membantu meningkatkan nafsu makan.

Sehingga dengan begitu ibu hamil yang bisa dengan mengkonsumsi buah sirsak ini sebagai cemilan sehat bisa diolah menjadi jus buah sirsak untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang, dengan nafsu makan membaik tentu saja akan memberikan dampak yang bagus untuk janin dan ibu.

Membantu Memperkuat Tulang

Kandungan kalsium dan fosfor terdapat didalam buah sirsak ini yang memiliki peranan penting dalam membantu memperkuat tulang sehingga mampu mencegah terjadinya tulang keropos dan osteoporosis baik pada ibu hamil maupun wanita menopause.

Dimana penipisan estrogen pada tulang yang bisa dicegah hanya dengan memperbanyak mengkonsumsi buah sirsak dalam asupan makanan, sehingga dengan begitu buah sirsak bisa menjadi cemilan sehat untuk ibu hamil dalam memperkuat tulang.

Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selanjutnya manfaat buah sirsak untuk ibu hamil yaitu bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, manfaat ini ada berkat kandungan vitamin C dalam buah sirsak yang sangat baik sebagai pertahanan tubuh dan kandungan antioksidan bagus untuk kesehatan bumil.

Ibu hamil yang mengkonsumsi buah sirsak selama masa kehamilannya yang bisa terhindar dari berbagai penyakit mengganggu selama proses kehamilan, bahkan masalah sariawan dan panas yang bisa dicegah dan ibu hamil bisa mengkonsumsi buah sirsak ini minimal dalam 1 minggu sekali.

Membantu Wajah Terlihat Lebih Muda

Terkadang ibu hamil yang merasa wajahnya terlihat lebih tua dan biasanya penuaan wajah pada bumil ini yang bisa terjadi pada saat ibu hamil yang merasa stress, lelah dan juga lelah, namun kondisi ini yang bisa ibu hamil lawan dan cegah penuaan dini dengan mengkonsumsi buah sirsak.

Manfaat buah sirsak untuk ibu hamil yang satu ini berkat adanya kandungan vitamin C dan juga antioksidan yang tinggi didalamnya, kedua kandungan nutrisi ini berperan dalam melawan tanda penuaan dan juga keriput wajah pada bumil atau ibu hamil.

Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker yang bisa menyerang siapa saja baik itu muda, tua bahkan ibu hamil tetapi tenang saja penyakit kanker yang masih bisa dicegah hanya dengan konsumsi jus buah sirsak secara rutin, sehingga manfaat buah sirsak untuk ibu hamil yaitu bisa mencegah penyakit kanker.

Dimana buah sirsak ini yang ternyata bisa membantu membunuh sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh secara total terutama kanker payudara, sehingga dengan begitu ibu hamil yang tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi jus buah sirsak ini dalam waktu tertentu untuk bisa mencegah tumbuh sel kanker dalam tubuh.

Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Biasanya ibu hamil yang sering mengalami masalah sistem pencernaan pada trimester kedua dan ketiga kehamilan janin yang mulai membesar dan masalah ini wajar terjadi pada ibu hamil, tentu saja konstipasi ini yang sangat mengganggu aktivitas harian.

Untuk ibu hamil yang sedang mengalami masalah sistem pencernaan maka jangan khawatir karena masalah ini yang bisa diatasi hanya dengan mengkonsumsi buah sirsak selama masa kehamilan, karena buah sirsak ini mengandung serat yang tinggi sangat baik dalam membantu melancarkan sistem pencernaan.

Membantu Mencegah Rambut Rontok

Khasiat buah sirsak untuk kesehatan ibu hamil yang utama harus diketahui yaitu mampu membantu mencegah rambut rontok, untuk beberapa ibu hamil ternyata rambut rontok di masa kehamilan yang kerap terjadi.

Masalah ini yang bisa diatasi hanya dengan konsumsi buah sirsak, karena buah sirsak ini yang mengandung vitamin C mampu membantu dalam mencegah rambut rontok hingga akar rambut akan menjadi lebih kuat dan rambutnya terlihat sehat dan juga lebat.

Membantu Merangsang Produksi ASI

Terakhir manfaat buah sirsak untuk ibu hamil yaitu bisa membantu merangsang produksi ASI sehingga menjadi lancar, ibu hamil yang bisa mencoba mengkonsumsi buah sirsak langsung atau dibuat jus buah secara rutin.

Buah sirsak ini yang mengandung magnesium, kalsium dan juga air didalamnya yang berperan penting untuk merangsang produksi ASI, sehingga jangan heran jika ASI lancar pada saat melahirkan nanti.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat buah sirsak untuk ibu hamil yang bisa diketahui dan bisa merasakan manfaatnya secara optimal, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.