Monday, 17 Jun 2024

Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Mentah Untuk Kucing

4 minutes reading
Saturday, 19 Aug 2023 04:43 0 176 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Apa saja manfaat kuning telur mentah untuk kucing? Apakah ada manfaat dan khasiatnya untuk kucing? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mencari tahu terkait manfaat kuning telur mentah apa saja untuk si kucing.

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani dan bergizi tinggi serta rasanya juga sangat enak. Selain itu telur juga merupakan salah satu makanan manusia yang boleh dimakan atau kamu berikan kepada si kucing. Kandungan protein pada telur, dibutuhkan oleh si kucing.

Protein banyak terdapat pada bagian kuning telurnya, tapi putih telur juga terdapat protein hanya saja protein yang tanpa lemak. Berbeda dengan kuning telur yang memiliki kandungan lemak di dalamnya, cocok buat kucing yang kurus membutuhkan protein lemak agar gemuk.

Lalu bagaimana dengan kuning telur mentah? Apa saja manfaatnya untuk kucing? Nah, disini akan memberikan beberapa informasi tentang manfaat kuning telur mentah untuk si kucing. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Manfaat Kuning Telur Mentah Untuk Kucing

Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Mentah Untuk Kucing

Kuning telur memiliki banyak manfaat untuk kucing, jika diberikan dalam jumlah yang sedikit itu masih aman. Sebagian besar gizinya pun terdapat pada kuning telur dibandingkan dengan putih telurnya dan juga kamu harus menghindari memberikan putih telur mentah pada kucing.

Menurut Feline Nutrition Education Society, kuning telur mentah kaya akan nutrisi seperti protein, asam amino, fosfor, kalsium, dan sulfur yang aman untuk kucing konsumsi. Hanya saja dalam jumlah yang sedikit, jangan terlalu sering dan berlebihan memberikannya.

Apalagi dalam keadaan mentah, sekalipun kuning telur memiliki banyak nutrisi tetap saja jangan berlebihan dan terlalu sering. Kuning telur mempunyai manfaat seperti mencegah kerontokan bulunya, menambah stamina, dan bagus diberikan untuk kucing yang sakit.

Karena dapat mempercepat pemulihan si kucing yang sedang sakit, tapi perlu diingat hanya berlaku untuk kuning telur dalam keadaan yang sudah matang, jangan mentah. Kamu bisa merebusnya dan berikan kepada si kucing yang sedang sakit sebanyak 3x dalam seminggu.

Kuning telur mentah memiliki manfaat salah satunya untuk meningkatkan energi atau stamina si kucing. 1 butir kuning telur mentah mengandung setengah vitamin hariannya, yaitu vitamin B12 yang sangat direkomendasikan, karena vitamin ini merupakan sumber utama energinya.

Selain itu ada hal yang perlu kamu ketahui juga mengenai efek samping atau bahaya memberikan telur mentah untuk si kucing itu seperti apa saja dan bagaimana. Penting untuk kamu kenali terlebih dahulu, supaya tidak sembarangan memberikan kuning telur mentah.

Bahaya Kuning Telur Untuk Kucing

Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Mentah Untuk Kucing

Sebenarnya kucing tidak boleh diberi makan telur mentah, baik itu putih telurnya saja maupun kuning telurnya. Karena telur mentah mengandung banyak bakteri yang dapat membahayakan si kucing seperti bakteri salmonella dan juga mengandung enzim avidin di dalam putih telur.

Bakteri salmonella akan membuat si kucing menyebabkan gastroenteritis atau septikemia yang merupakan kondisi dimana si kucing mengalami gangguan pada darah karena bakteri tersebut dapat masuk ke dalam aliran darah si kucing serta menyebabkan terjadinya keracunan darah.

Enzim Avidin yang terdapat pada putih telur mentah dapat menyebabkan si kucing kesulitan dan kehilangan kemampuan tubuh untuk menyerap biotin atau vitamin B. Sehingga dapat menyebabkan si kucing kehilangan vitamin B di tubuhnya dan membuat kucing kejang-kejang.

Resiko terburuknya adalah kematian, jika bakteri itu sudah menyerang pada bagian otak si kucing. Bukan hanya kejang-kejang saja, tapi sampai diare, muntah-muntah dan lama kelamaan akan mati jika dibiarkan terus menerus dan diberikan telur mentah setiap harinya.

Itulah penjelasan mengenai manfaat kuning telur mentah untuk kucing yang perlu untuk kamu ketahui, agar bisa mengetahui juga bahayanya seperti apa jika memberikan telur mentah untuk si kucing setiap harinya bagi kesehatan serta bagi kelangsungan hidupnya.

Pastikan saat kamu ingin memberikan kuning telur harus dalam keadaan matang, kamu bisa dengan merebusnya supaya lebih sehat dan aman daripada digoreng menggunakan minyak. Selalu ingat juga walaupun boleh diberikan, tapi jangan terlalu sering. Good Luck semoga membantu.