Saturday, 22 Jun 2024

10 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

8 minutes reading
Sunday, 12 Feb 2023 20:32 0 258 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Daun kelor yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, namun ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan sehingga dengan begitu untuk itu bisa dengan simak penjelasannya di sini.

Daun kelor atau moringa oleifera ini yang merupakan salah satu tanaman yang berada di daerah tropis yang biasanya daun kelor ini digunakan sebagai pengobatan alami, tanaman ini juga dikenal dengan memiliki ukuran daun yang kecil, bentuk oval dan bertangkai dan juga tinggi pohonnya yang dapat mencapai 11 meter.

Pada bagian ujung ranting daun kelor ini yang dihiasi dengan bunga yang berwarna kuning yang aromanya sangat semerbak, selain itu juga tanaman ini yang dapat tumbuh dengan cepat, tahan dengan kondisi panas yang ekstrim, berumur panjang dan juga berbunga sepanjang tahunnya.

Sehingga dengan begitu pohon kelor ini yang dapat tumbuh di berbagai tanah baik itu di tanah yang tidak terlalu subur tanaman ini bisa kita temui dengan mudah di Indonesia dan bahkan bisa ditemui pada pekarangan rumah.

Terdapat beragam manfaat yang bisa diambil dari daun kelor ini untuk kesehatan, untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja manfaatnya maka bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

10 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Dimana daun kelor yang memiliki nilai gizi yang cukup baik dan bahkan daun kelor juga bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi masalah kurang gizi, terdapat kandungan nutrisi di dalam daun kelor yang cukup beragam.

Dalam 21 gram daun kelor yang terdapat kandungan nutrisi seperti 9% dari AKG vitamin A (beta karoten), 11% dari AKG vitamin B2 (riboflavin), 19% dari AKG vitamin B6, 12% dari AKG  vitamin C,  2 gram protein, 11 % dari AKG zat besi, dan juga 8% dari AKG magnesium.

Daun kelor yang kaya asam amino dan juga penyusun protein, terdapat 18 jenis asam amino didalam daun kelor yang memberikan kontribusi penting untuk kesehatan tubuh, selain itu juga kaya akan antioksidan yang bisa membantu melindungi dari efek kerusakan oleh radikal bebas berasal dari lingkungan maupun dari kandungan betakaroten dan juga vitamin C.

Berdasarkan dengan berbagai kandungan nutrisi yang terdapat didalam daun kelor ini yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, adapun untuk beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan yaitu sebagai berikut.

Melawan Peradangan

Manfaat daun kelor untuk kesehatan lainnya yang bisa membantu untuk melawan peradangan dan manfaat ini yang berasal dari kandungan isothiocyanates bersifat anti inflamasi, selain itu juga daun kelor yang mempunyai senyawa niazimicin yang bisa membantu untuk mengontrol perkembangan sel kanker.

Peradangan sendiri yang merupakan akar penyebab dari berbagai penyakit seperti penyakit autoimun, kanker, arthritis, dan masih banyak lagi penyakit yang lainnya, peradangan yang bisa mengalami peningkatkan pada saat mengalami infeksi atau cedera.

Masalah peradangan ini yang merupakan mekanisme perlindungan terhadap trauma namun jika gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat maka peradangan  yang bisa meningkat, dengan peradangan dalam jangka panjang yang bisa menyebabkan timbulnya masalah kesehatan kronis maka dengan mengkonsumsi daun kelor yang bisa membantu untuk mengurangi peradangan.

Membantu Menurunkan Gula Darah

Kandungan antioksidan lainnya yang terkandung didalam daun kelor yaitu asam klorogenat dan juga isothiocyanate yang memiliki peran dalam membantu untuk menstabilkan kadar gula darah, dengan kadar gula yang tinggi yang secara berkelanjutan yang bisa menyebabkan perkembangan diabetes.

Diabetes ini yang bisa menyebabkan terjadinya masalah jantung dan juga kerusakan pada organ didalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi daun kelor ini secara rutin yang sangat baik untuk menjaga kadar gula darah tetap normal dan terkendali.

Kesehatan Sistem Saraf

Daun kelor yang memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E di dalamnya yang memiliki manfaat untuk kesehatan yaitu membantu memerangi degenerasi saraf dan juga membantu dalam meningkatkan fungsi otak berjalan dengan baik, sudah banyak sekali kasus yang mengalami gangguan saraf mengkonsumsi daun kelor sebagai obat perawatan yang memberikan hasil yang positif.

Untuk kamu yang sedang mengalami sakit kepala berulang atau migrain maka kamu bisa dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin yang akan membantu mendukung kesehatan otak dan juga bekerja sebagai neuro-enhancer, untuk manfaat daun kelor untuk kesehatan sistem saraf termasuk juga menyeimbangi suasana hati.

Hal ini dikarenakan bisa membantu dalam menstabilkan produksi neurotransmiter yaitu seperti dopamin, serotonin dan juga noradrenalin yang memiliki penting untuk memori, respon stimulus dan juga suasana hati.

Mencegah Terjadinya Sel Kanker

Manfaat daun kelor untuk kesehatan yaitu membantu dalam mencegah terjadinya sel kanker, hal ini yang berasal dari kandungan vitamin A dan vitamin C yang merupakan antioksidan  memiliki peran dalam melindungi tubuh dari berbagai kerusakan sel.

Dimana kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas yang bisa memicu terjadinya penyakit kanker, menurut tes laboratorium yang menyatakan bahwa manfaat dari daun kelor ini yang bisa membantu dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker pankreas dan juga membantu dalam pengobatan kanker yang lainnya.

Selain itu daun kelor yang memiliki kandungan asam amino didalamnya yang memiliki peran penting untuk membantu dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh, dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin yang bisa membantu penyintas kanker dalam menjalankan perawatan kemoterapi.

Membantu Melancarkan Produksi ASI

Daun kelor yang ternyata memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan dan melancarkan produksi ASI, dimana manfaat ini yang berasal dari kandungan asam amino didalam daun kelor yang dapat menunjang gizi untuk ibu menyusui.

Dimana sebuah studi yang dari Philippine Journal of Pediatrics menyatakan untuk ibu dari bayi prematur yang telah mengkonsumsi suplemen daun kelor yang telah mengalami peningkatan pada produksi ASI yaitu sebanyak 125%, adapun untuk cara membuat  ramuan dari daun kelor yaitu dengan merebus daun kelor dan diminum air rebusan tersebut.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Untuk kamu yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi maka bisa dengan mengkonsumsi daun kelor menjadi pilihan yang tepat, dimana dengan memakan daun kelor  yang bisa membantu menurunkan kolesterol dan kolesterol ini yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

Sehingga dengan begitu untuk manfaat daun kelor untuk kesehatan yaitu membantu untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dan juga melindungi serta mencegah terjadinya risiko penyakit jantung, biasa wanita hamil mengalami kadar kolesterol lebih tinggi dan ini bisa meningkatkan diabetes gestasional selama kehamilan.

Kesehatan Mata

Manfaat daun kelor untuk kesehatan yaitu membantu meningkatkan kemampuan mata menjadi lebih sehat dan jernih dalam melihat objek, dimana manfaat ini yang akan mengobati berbagai masalah gangguan penglihatan seperti penebalan membran kapiler, menghambat disfungsi kapiler.

Selain itu juga dengan mengkonsumsi daun kelor ini secara rutin yang bisa membantu mencegah terjadinya katarak, menghentikan pelebaran pembuluh retina dan juga meningkatkan penglihatan, hal ini dikarenakan tingkat antioksidan didalam daun kelor yang tinggi.

Kesehatan Tulang

Daun kelor yang merupakan sumber kalsium dan juga fosfor dan kedua senyawa ini yang memiliki peran penting dan dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan kesehatan pada tulang, hal ini dikarenakan daun kelor yang bersifat anti inflamasi yang akan membantu untuk memerangi radang sendi dan juga menyembuhkan tulang yang mengalami kerusakan.

Mengkonsumsi daun kelor secara rutin yang bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan tulang dan juga memiliki kemampuan dalam melawan osteoporosis dan menjaga tulang serta gigi agar tetap kuat.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Daun kelor yang mengandung salah satu jenis antioksidan didalamnya yaitu quercetin yang bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah, dengan tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yaitu hipertensi.

Dimana kandungan kalium dan antioksidan yang terdapat didalam daun kelor ini yang memiliki peran aktif untuk membantu menjaga tekanan darah didalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin yang bisa membantu untuk menjaga agar tekanan darah tetap stabil dan normal.

Kesehatan Hati

Untuk penderita penyakit tuberkulosis yang mengkonsumsi daun kelor yang dapat membantu untuk mengurangi efek negatif obat anti tuberkulosis, manfaat daun kelor untuk kesehatan hati dengan daun kelor yang akan mempercepat perbaikan sel hati dan juga memiliki konsentrasi polifenol yang cukup tinggi.

Dimana polifenol ini yang bermanfaat untuk membantu melindungi tubuh dari berbagai kerusakan oksidatif pada hati dan bahkan bisa menguranginya, dengan senyawa ini yang akan meningkatkan kadar protein didalam hati dan kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin.

Kesehatan Kulit dan Rambut

Untuk manfaat daun kelor untuk kesehatan yang terakhir yaitu membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan juga rambut, hal ini dikarenakan daun kelor yang mengandung antioksidan dan juga nutrisi didalamnya yang memiliki peran dalam menjaga kesehatan kulit dan juga rambut.

Dalam daun kelor ini yang memiliki antioksidan sekitar 30 dan senyawa ini yang bisa memberikan manfaat dalam mengurangi munculnya jerawat, kerutan dan bahkan garis-garis halus, selain itu dapat meningkatkan warna kulit dan juga menambahkan kecerahan karena bersifat pemurnian (purifying) dan juga sifat terapeutiknya.

Selain itu juga untuk pasta daun kelor ini yang bisa kamu oleskan ke kulit dan juga rambut yang bisa membantu untuk mengurangi ketombe dan juga kekusaman pada rambut, dan daun kelor juga yang dapat memperkuat folikel pada rambut.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui dan tentunya untuk mendapatkan manfaatnya kamu bisa dengan mengkonsumsi daun kelor ini secara rutin, semoga dengan adanya ulasan di atas bis membantu dan bermanfaat.