Saturday, 22 Jun 2024

Manfaat Daun Kersen dan Cara Mengolahnya

5 minutes reading
Friday, 30 Dec 2022 08:29 0 311 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Daun kersen sekarang ini menjadi salah satu tumbuhan yang cukup populer karena tanaman ini yang bisa digunakan sebagai obat untuk kesehatan, lalu apa saja manfaat dari daun kersen dan cara mengolahnya untuk mengetahuinya yuk simak ulasan di bawah ini.

Pohon kersen yang bisa ditemukan dengan mudah karena biasanya pohon ini suka berada di tempat seperti taman atau jalan, dengan memiliki buahnya yang bulat dan kecil yang melimpah dengan warnanya kuning dan merah jika sudah matang sedangkan belum matang berwarna hijau.

Sudah banyak penelitian yang menyampaikan bahwa daun kersen ini yang mengandung antioksidan yang pada umumnya telah dibentuk oleh fenol atau fenol, turunan asam sinamat, tokoferol, kumarin, flavonoid, asam polifungsional dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan memiliki banyak kandungan didalam daun seledri sehingga tidak heran jika banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, untuk manfaat daun kersen dan cara mengolahnya yang bisa kamu ketahui yaitu dengan simak ulasan di bawah.

Manfaat Daun Kersen dan Cara Mengolahnya

Manfaat Daun Kersen dan Cara Mengolahnya

Buah kersen ini yang merupakan salah satu tumbuhan termasuk ke dalam keluarga Elaeocarpaceae atau biasa dikenal dengan sebutan pohon sakura, untuk buah dan daun kersen yang sudah matang dikumpulkan dan diekstrak dengan menggunakan berbagai pelarut dan hal ini bertujuan untuk mendeteksi kandungan fitokimia didalamnya.

Ternyata hasil studi yang menyatakan bahwa terdapat kandungan flavonoid, antosianin, asam askorbat, fenolat dan juga vitamin E, sehingga daun kersen ini yang terlihat jelas mengandung antioksidan polifenol dengan aktivitasnya yang signifikan.

Daun kersen yang tumbuh subur pada daerah tropis di seluruh dunia, dimana tanaman ini yang populer di Asia Tenggara pada awal 1900-an sehingga untuk tanaman ini yang telah dibudidayakan secara luas di berbagai daerah seperti di India, Indonesia, Malaysia, Filipina yang telah dianggap bahwa tanaman ini sebagai tanaman asli.

Dimana untuk tanaman kersen ini yang diklaim sebagai tanaman yang tumbuh lebih baik jika dibandingkan dengan tanaman yang lainnya, bahkan  tanaman kersen ini juga yang dapat tumbuh di udara yang tercemar di Manila, di lereng gunung gundul dan juga di tebing.

Dengan memiliki banyak kandungan didalam daun kersen ini yang sangat baik untuk kesehatan tubuh sehingga daun kersen ini yang telah diklaim sebagai salah satu obat nabati yang penelitiannya telah dilakukan secara global, adapun untuk manfaat daun kersen yaitu sebagai berikut.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daun kersen yang mengandung vitamin dan antioksidan didalamnya yang dapat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap kuat, dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat bisa membantu untuk melawan virus dan bakteri sehingga mencegah berbagai penyakit seperti flu, batuk dan juga masalah lainnya yang disebabkan oleh infeksi.

Menurunkan Kolesterol

Daun kersen yang mengandung flavonoid dan saponin didalamnya yang membentuk antioksidan dan juga mensekresi hormon insulin yang dibutuhkan oleh tubuh dalam proses metabolisme gula, manfaat daun kersen yaitu untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Kesehatan Jantung

Manfaat daun kersen yaitu untuk membantu menjaga kesehatan jantung hal ini karena daun kersen yang memiliki kandungan saponin dna juga flavonoid didalamnya yang berguna untuk membantu mencegah stroke dan juga masalah penyakit jantung.

Mengatasi Masalah Batuk

Untuk kamu yang memiliki masalah batuk maka hal ini yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi daun kersen, hal ini karena daun kersen yang bersifat anti peradangan yang akan membantu untuk menenangkan masalah batuk dan bisa dijadikan sebagai salah satu obat radang tenggorokan.

Menurunkan Asam Urat

Manfaat daun kersen yang bisa kamu rasakan yaitu untuk membantu dalam mengobati asam urat, hal ini dikarenakan daun kersen yang terdapat senyawa flavonoid yang bermanfaat untuk membantu menurunkan asam urat dengan menggunakan cara menghambat enzim xantin oksidase dan juga daun kersen ini yang bersifat anti peradangan yang bisa membantu mengurangi rasa nyeri.

Menurunkan Hipertensi

Manfaat daun kersen yang selanjutnya yaitu mampu membantu dalam menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, dimana untuk mendapatkan manfaatnya kamu bisa dengan  merebus atau menjemur daun kersen tersebut hingga kering dan dibuat sebagai minuman teh.

Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker yang menjadi salah satu penyakit yang cukup mematikan dan ternyata penyakit ini yang bisa dibantu dengan mengkonsumsi daun kersen dan ini menjadi salah satu manfaat dari daun kersen, hal ini dikarenakan kandungan senyawa tanin, saponin dan flavonoid dalam daun kersen yang menjadi senyawa antioksidan yang mampu untuk membantu menangkal berbagai radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat daun kersen yaitu untuk membantu dalam mengontrol kadar gula darah agar tetap normal, hal ini dikarenakan daun kersen yang mengandung zat didalamnya dengan memiliki peran sebagai insulin dan juga menormalkan gula darah.

Mengatasi Masalah pada Sistem Pencernaan

Manfaat daun kersen yang selanjutnya yaitu bisa membantu dalam mengatasi masalah pada sistem pencernaan, hal ini dikarenakan daun kersen yang bersifat antibakteri dari kandungan flavon, flavonol, dan juga auron yang akan membantu dalam mengatasi masalah pencernaan seperti diare, keracunan makanan dan juga otitis internal.

Cara Mengolah Daun Kersen

Setelah kamu mengetahui manfaat dari daun kersen pastinya kamu ingin merasakan manfaatnya maka dibawah ini ada beberapa cara mengolah daun kersen untuk mendapatkan khasiat dan manfaatnya untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Adapun untuk cara mengolahnya yaitu dengan merebus daun kersen seperti proses pembuatan teh herbal, disajikan dalam keripik daun talok, sedangkan jika kamu ingin menggunakan daun kersen ini sebagai anti diabetes yaitu untuk cara mengolahnya sebagai berikut.

  • Terlebih dahulu cuci daun kersen sebanyak 50 hingga 100 gram daun kersen dengan menggunakan air mengalir hingga bersih.
  • Kemudian rebus dalam air sebanyak satu liter hingga mendidih dan menyisakan separuhnya.
  • Jika sudah ambil air rebusannya dan minum dalam dua kali sehari.
  • Jika menggunakan ekstrak daun kersen yang kering sekitar 2 hingga 5 gram dan seduh dalam 200 ml air.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat daun kersen dan cara mengolahnya yang bisa kamu ketahui dan untuk cara mengolahnya bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis dirumah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.