Saturday, 22 Jun 2024

5 Manfaat Garam Untuk Sariawan

5 minutes reading
Thursday, 14 Sep 2023 20:57 0 169 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Biasanya sariawan terjadi karena berbagai faktor penyebabnya dan untuk cara menghilangkan sariawan yang dapat dilakukan dengan bahan alami maupun obat-obatan salah satunya garam, lalu apa saja manfaat garam untuk sariawan dan untuk mengetahui manfaat garam bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Sariawan adalah salah satu penyakit mulut yang sering dianggap remeh untuk sebagian orang padahal ternyata sariawan ini yang sangat mengganggu, bahkan tidak hanya membuat mulut terasa nyeri saja namun sariawan juga yang bisa membuat kamu kehilangan nafsu makan dan juga jadi malas berbicara.

Dimana sariawan sendiri adalah luka atau peradangan terjadi pada gusi bibir dan juga rongga mulut yang akan menimbulkan nyeri, pembengkakkan dan juga rasa yang tidak nyaman, untuk sebagian para orang tua sering menganjurkan untuk berkumur-kumur air garam untuk mengatasi sariawan tanpa terlebih dahulu mencari penyebabnya.

Padahal sangat penting untuk mengetahui dengan  berbagai penyebab terjadinya sariawan hal ini bertujuan agar risiko penyakit tersebut yang bisa diminimalkan, biasanya sariawan yang disebabkan oleh satu atau kombinasi beberapa penyebab lainnya seperti:

  • Infeksi pada rongga mulut disebabkan oleh mikroorganisme (Jamur, virus, atau bakteri), salah satu bakteri helicobacter pylori.
  • Cedera pada rongga mulut pada saat tidak sengaja menggigit bibir atau lidah.
  • Perubahan hormon akibat masa menstruasi atau stres.
  • Tubuh kekurangan nutrisi yang tertentu seperti zat besi, zinc vitamin B12, vitamin C dan juga folat, hal ini yang berakibat daya tahan tubuh yang melemah dan akan lebih rentan sariawan.
  • Sering mengkonsumsi makanan atau minuman terlalu pedas, asem dan juga berminyak.
  • Penyakit autoimun seperti lupus.

Banyak orang yang beranggapan bahwa ternyata garam ini yang memiliki manfaat untuk membantu mengatasi sariawan yang sangat ampuh, namun untuk mengetahui lebih jelasnya kita akan membahas manfaat garam untuk sariawan di bawah ini.

Manfaat Garam Untuk Sariawan

Manfaat Garam Untuk Sariawan

Garam merupakan nama yang paling umum untuk natrium klorida (NaCl) yang terdiri sekitar 40% natrium dan juga 60% klorida, hal ini dengan kata lain yaitu dalam 2,5 gram garam yang mengandung sekitar 1 gram natrium dan juga klorida.

Biasanya garam ini digunakan sebagai pelengkap masakan yang akan memberikan cita rasa pada makanan menjadi lebih enak dan nikmat, namun selain itu juga ternyata garam yang memberikan manfaat untuk sariawan.

Memang cara menghilangkan sariawan yang dapat dilakukan dengan bahan alami atau obat-obatan dengan memiliki efek dan juga cara kerja yang berbeda-beda, perlu kamu ketahui bahwa obat atau bahan apa yang dapat dengan cepat untuk menghilangkan sariawan dan juga membuat kamu merasa nyaman selama proses penyembuhan.

Sariawan yang bisa muncul baik secara akut, kronis atau hilang timbul tergantung dengan faktor penyebabnya, jika daya tahan tubuh dan imunitas tubuh baik maka sariawan yang dapat sembuh dengan sendirinya hanya dengan waktu sekitar 1 hingga 2 minggu.

Tetapi untuk membantu dalam penyembuhan sariawan dan juga meredakan nyerinya maka ada beberapa cara yang dapat dilakuk fatan yaitu dengan memanfaatkan bahan alami seperti air garam, adapun untuk beberapa manfaat garam untuk sariawan yaitu sebagai berikut:

Membantu Mempercepat Penyembuhan Sariawan

Salah satu manfaat garam untuk sariawan yaitu air garam yang bisa berfungsi untuk membantu prose penyembuhan sariawan, hanya dengan berkumur dengan air garam yang akan terasa sedikit perih tapi cara ini yang cukup efektif.

Garam yang mengandung sifat antiseptik di dalamnya dapat berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri di mulut dengan begitu berkumur air garam bisa mempercepat penyembuhan sariawan, cara membuat larutan air garam dengan mencampurkan 1 sendok teh garam dalam 1/2 cangkir air hangat.

Setelah semua garam larut kemudian berkumurlah dengan larutan air garam ini beberapa detik, untuk cara menghilangkan sariawan dengan cara berkumur air garam ini yang dapat dilakukan sampai beberapa kali dalam seharinya.

Namun selain itu juga garam yang tidak hanya bisa membantu meringankan gejala sariawan saja, tetapi garam juga yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya seperti:

Mengatasi Bau Mulut

Dengan nafas yang tidak segar tentu saja bisa diakibatkan mulut yang kering dan juga penumpukan plak, dimana soda kue yang mengandung garam di dalamnya yang dapat digunakan untuk melawan mikroba di mulut dan juga membantu menetralisir bau mulut sampai 3 jam.

Untuk caranya bisa dengan membuat obat kumur air garam dengan 1/2 sendok teh soda kue dan juga secangkir air, kemudian gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur selama 1 menit, 3 hingga 4 kali dalam seharinya.

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Dengan berkumur air garam yang bisa memberikan manfaat untuk meredakan pembengkakan dan juga gatal yang diakibatkan oleh sakit tenggorokan, untuk mendapatkan manfaatnya hanya cukup dengan berkumur dengan larutan air garam saja.

Mengatasi Luka Kuku Tumbuh ke Dalam

Dimana dalam beberapa kasus tentunya terdapat sebagian orang yang pernah mengalami ujung kuku jempol kaki yang tumbuh ke dalam dan terperangkap di bawah kulitnya, dimana kondisi seperti ini yang dapat mengakibatkan kemerahan, rasa sakit dan juga bengkak bahkan luka.

Untuk membantu meredakan pembengkakan dan juga nyeri dari luka kuku tumbuh ke dalam ini yang bisa diatasi dengan mencoba merendam kaki dengan air garam hangat dalam beberapa kali sehari, kemudian setelah merendamkan kaki ke dalam air garam lanjutkan dengan memberikan salep antibiotik dan juga perban.

Membantu Meredakan Bercak Bersisik dan Perdagangan

Dimana air asin yang kaya akan mineral dengan meredamkan kulit dengan air garam yang bisa membantu untuk melembabkan dan juga mengurangi kemerahan pada kulit, biasanya pada penderita psoriasis atau eksim dengan meredamkan kulit ke dalam air garam yang bisa membantu meredakan bercak bersisik dan juga peradangan.

Untuk cara melakukannya agar bisa mendapatkan manfaat dari air garam yaitu dengan menambahkan garam atau garam epsom ke dalam bak mandi,  kemudian berendam di dalam air garam tersebut sekitar kurang lebih 15 menit.

Mungkin hanya itu saja untuk manfaat garam untuk sariawan dan juga manfaat lainnya selain mengatasi sariawan yang bisa kamu rasakan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.