5 Manfaat Gula Merah Untuk Tanaman

5 minutes reading
Friday, 8 Sep 2023 19:43 0 26 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya kamu sudah tidak asing mendengar dengan gula merah yang biasanya dijadikan sebagai pemanis makanan dan minuman, namun ternyata gula merah ini yang memiliki manfaat untuk tanaman dan untuk kamu yang ingin tahu dengan manfaatnya bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Gula yang tidak hanya digunakan sebagai penambah rasa pada makanan atau minuman saja namun kamu juga bisa memanfaatkan gula tersebut untuk merawat tanaman di kebun maupun untuk tanaman hias indoor dimana terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan gula untuk tanaman.

Hanya cukup dengan menggunakan sedikit gula kamu sudah bisa menemukan manfaat lainnya untuk tanaman, nah untuk kamu yang penasaran dengan apa saja manfaat gula merah untuk tanaman bisa dengan simak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Manfaat Gula Merah Untuk Tanaman

Manfaat Gula Merah Untuk Tanaman

Karena tidak banyak orang yang mengetahuinya sehingga selama ini gula hanya banyak dimanfaatkan untuk penambah rasa pada makanan dan minuman saja, padahal sebenarnya terdapat beragam khasiat atau manfaat lainnya salah satunya untuk tanaman dimulai dari menyuburkan hingga membantu mengatasi hama tanaman.

Untuk manfaat tersebut yang dapat diaplikasikan pada tanaman indoor maupun outdoor yang terdapat di pekarangan, bahkan selain itu juga gula yang dapat membuat bunga potong di dalam pot atau vas bertahan menjadi lebih lama.

Gula juga yang dapat diberikan sebagai nutrisi untuk tanaman, adapun untuk beberapa manfaat gula merah untuk tanaman yang bisa kamu rasakan yaitu sebagai berikut:

Membantu Menyingkirkan Nematoda

Jika kamu memiliki tanaman di kebun yang mati atau layu tanpa adanya alasan dan kamu bisa dengan mencoba memeriksa akarnya untuk mencari simpul yang disebabkan oleh nematoda, untuk mengatasinya bisa dengan memanfaatkan gula merah atau gula pasir.

Dimana kamu bisa dengan menggunakan gula dikarenakan gula berfungsi mendorong aktivitas mikroorganisme dan juga bakteri menguntungkan yang bisa menciptakan lingkungan yang awalnya tidak bersahabat bagi nematoda, selain itu juga kamu bisa dengan mencoba menanam marigold untuk membantu dalam mencegah nematoda.

Membantu Menambah Nutrisi Untuk Tanaman

Tentunya kamu harus memberi nutrisi ekstra pada tanaman salah satunya dengan larutan gula, cuka dan juga air, untuk caranya cukup mudah hanya cukup dengan mencampurkan 1 sendok makan gula dan 1 sendok makan cuka untuk setiap 8 ons air, selanjutnya kamu beri makan tanaman tersebut dengan nutrisi dari gula tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai Perangkap Alami Untuk Hama

Lalat rumah dan lalat buah yang tentu saja bisa menyebabkan banyak masalah di kebun dan di rumah sehingga untuk menghindarinya bisa dengan mencoba perangkap lalat gula, dimana untuk solusi ini yang akan bekerja dengan baik untuk serangga lain tertarik pada hal yang manis-manis.

Adapun untuk membuat perangkap gula ini yaitu dengan merebus 1/4 cangkir gula pasir atau gula merah, 1/4 cangkir madu dan juga 2 sendok makan air di dalam panci dengan menggunakan api kecil agar gula larut, kemudian celupkan potongan kertas kemasan coklat atau kertas kraft ke dalam campuran terakhir gantung.

Membantu Mengusir Semut

Untuk kamu yang memiliki tanaman penuh dengan semut maka bisa semut tersebut bisa diusir dengan mencoba memanfaatkan perangkap gula, untuk caranya dengan mencampurkan gula dan 1 sampai 1,5 sendok makan boraks dan kemudian tuangkan ke dalam 1 hingga 1,5 cangkir air hangat.

Kemudian rendam bola kapas di dalam campuran gula tersebut dan letakkan bola kapas di tempat semut berada, semut yang menyukai gula sehingga dengan begitu semut yang pastinya akan mendapatkan bola-bola tersebut dan boraks yang akan membunuh semut tersebut.

Membantu Bunga Potong Bertahan Lebih Lama

Dengan menambah gula ke dalam vas atau pot bunga yang bisa membantu memberikan manfaat untuk meningkatkan umur panjang pada bunga potong tersebut, untuk bisa mendapatkan manfaatnya hanya cukup dengan mencampurkan gula ke dalam vas berisi air.

Fula yang berfungsi memelihara bunga dan juga membantunya untuk bisa bertahan lebih lama, tetapi larutan gula juga yang akan mendorong pertumbuhan bakteri yang bisa membuat air berbau tidak sedap sehingga berdampak negatif pada bunga potong tersebut dan untuk mencegahnya kamu bisa dengan menambahkan satu sendok makan cuka ke dalam pas tersebut.

Setelah kamu mengetahui dengan beberapa manfaat gula merah untuk tanaman, mungkin kamu juga suatu saat nanti ingin mencoba membuat pupuk organik dengan memanfaatkan bahan dapur yaitu gula merah, gula merah ini yang dapat dibuat menjadi pupuk organik dengan cara molase.

Molase sendiri adalah hasil sampling dari pembuatan gula yang mempunyai senyawa tinggi, pemberian molase pada tanaman dijadikan sebagai sumber energi, di dalam media fermentasi menyimpan sumber energi di dalam mikroorganisme tanah yang akan membuat tanah menjadi gembur dan subur.

Dengan memiliki tanah  yang gembur dan subur tentu saja akan memberikan dampak pada tanaman menjadi tumbuh dengan kuat, dan sehat serta memacu masa generatif tanah yang akan membuat tanaman lebih cepat berbunga dan berbuah.

Adapun untuk pembuatan molase dari gula merah sendiri yang bisa dilakukan dengan mudah hanya perlu dengan menyiapkan 250 gram gula merah dan 200 ml air, kemudian rebus air putih sampai mendidih dan masukkan gula aren lalu aduk hingga larut, untuk air yang telah tercampur masukkan ke dalam botol.

Dalam proses ini kamu harus lebih berhati-hati bila perlu kamu bisa menggunakan sarung tangan dan corong gunanya agar penguapan terjadi dalam botol tersebut, kemudian tutup rapat botol lalu simpan dalam suhu ruang gelap selama 24 jam.

Jika sudah disimpan 24 jam lalu kamu bisa masuk ke tahap pengaplikasian molase dengan menyiapkan 1 liter air putih bersih, dan masukkan 2 sendok hasil molase dan aduk hingga molase terlarut bersama dengan air.

Untuk cara pengaplikasinnya 1 liter air campuran molase yang dapat digunakan sekitar 500 ml pada satu pot tanamannya dengan cara disiramkan ke akar tanaman, untuk proses menyiram pupuk molase ini yang dapat dilakukan 1-2 kali dalam seminggu tergantung dengan kebutuhan tanaman masing-masing.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat gula merah untuk tanaman dan juga cara untuk membuat pupuk organik dari gula merah yang dapat dijadikan sebagai pupuk alami yang bisa kamu coba gunakan untuk mendapatkan manfaatnya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.