Monday, 15 Apr 2024

Manfaat Jus Alpukat Untuk Asam Lambung

6 minutes reading
Tuesday, 11 Jul 2023 21:04 0 162 Muti Karya

Nesiaverse.com – Alpukat merupakan buah yang kaya akan nutrisi, kemudian adakah manfaat lain dari alpukat untuk penderita asam lambung dan adakah olahan selain jus alpukat ? Mengingat alpukat menjadi salah satu buah yang kaya akan nutrisi, tidak hanya mampu menurunkan berat badan saja, namun memiliki banyak manfaat di dalamnya untuk kesehatan tubuh, seperti meredakan gejala asam lambung.

Sedikit yang mengetahui bahwa buah alpukat memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan asam lambung. Memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh alpukat menjadi salah satu buah yang marak diolah seperti menjadi jus dan dinikmati oleh banyak orang, salah satunya penderita asam lambung. 

Manfaat Jus Alpukat Untuk Asam Lambung

Manfaat Jus Alpukat Untuk Asam Lambung

Salah satu untuk mengatasi masalah asam lambung adalah menghindari segala pantangan dan mencoba memperhatikan segala rekomendasi. Mulai dari rekomendasi makanan, minuman hingga pola hidup yang harus diperbaiki untuk menghindari pemicu asam lambung naik. 

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat untuk meredakan asam lambung. Alpukat juga dikenal dengan kandungan vitamin dan mineral yang kaya di dalamnya. Bahkan alpukat memiliki kandungan zat besi, fosfor, tembaga, zinc, vitamin A, vitamin B2, Vitamin B2, Vitamin B 3 dalam jumlah yang kecil. 

Selain itu kalori di dalam Alpukat sendiri aman untuk dikonsumsi, karena tergolong sebah kalori yang rendah sehingga aman dikonsumsi penderita asam lambung. Alpukat memiliki kandungan 160 kalori 15 gram lemak sehat dimana 1,8 gram nya adalah lemak tak jenuh ganda, 2 gram protein. Maka, alpukat sendiri disebut sebagai salah satu buah yang memiliki lemak yang cukup tinggi.

Alpukat menjadi buah yang ampuh mengatasi asam lambung, karena mampu mengatasi dan menenangkan kondisi usus sehingga mencegah terjadinya masalah pencernaan, seperti sembelit. Selain itu alpukat akan melindungi usus dari peradangan dan iritasi. Untuk pemanfaatannya bagi penderita asam lambung sendiri adalah kemampuan alpukat yang mampu meningkatkan kadar kolesterol dan mengeluarkan cairan empedu serta menjaga keasaman dalam lambung sehingga netral, 

Itulah manfaat dari jus alpukat bagi penderita asam lambung, karena dengan mengkonsumsi jus alpukat akan meredakan kadar asam dalam tubuh. Selain itu ada beberapa jenis olahan dari alpukat yang mampu mengatasi penyakit asam lambung dalam tubuh. Tidak hanya jus alpukat saja, kamu juga bisa mengolah alpukat menjadi berbagai macam olahan. Adapun cara mengolah alpukat tanpa menghilangkan nutrisi dan kandungan yang memiliki manfaat untuk meredakan asam lambung.

Berikut beberapa olahan alpukat untuk meredakan asam lambung.

Alpukat Smoothie

Alpukat smoothies merupakan resep olahan buah alpukat yang aman dan ampuh mengatasi asam lambung. Berikut bahan dan cara membuatnya. 

Bahan :

  •  1 buah alpukat matang
  • 100 mL susu cair plain
  • Es batu

Cara membuat Alpukat Smoothie:

  • Langkah pertama, potonglah buah alpukat menjadi beberapa bagian, buang bagian biji buah alpukat. Kerok buah atau daging alpukat hingga habis, hindari bagian daging alpukat yang menghitam. 
  • Lanjutkan dengan memasukan semua daging buah alpukat yang sudah kamu kerok ke dalam blender.
  • Masukan susu cair plain dan es batu secukupnya ke dalam blender. 
  • Klik tombol on untuk mulai menghaluskan kombinasi tersebut dalam blender. 
  • Jika sudah, sajikan alpukat smooties ke dalam gelas dan siap untuk diminum. 
  • Selesai

Jus Alpukat Kacang Mete

Jika kamu bosan dengan olahan jus alpukat saja, maka kamu bisa membuat kombinasi jus alpukat dengan tambahan kacang mete. Kamu tidak perlu khawatir karena kacang-kacangan aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Selain itu lemak pada kacang mete mampu meningkatkan fungsi pada katup lambung dna bersifat antioksidan. 

Bahan :

  • 3 Buah alpukat
  • 100 mL plain Yogurt
  • 500 mL krim
  • 50 g kacang mete 
  • Es batu

Cara Membuat jus alpukat kacang mete:

  • Langkah pertama dalam memisahkan daging buah alpukat dengan kulit dan bijinya.
  • Siapkan kacang mete dengan mengirisnya tipis-tipis agar mudah untuk di blender.
  • Masukan daging buah alpukat, lanjutkan dengan memasukan 100 mL plain yogurt. Jangan lupa masukan es batu juga, kemudian blender semuanya hingga tercampur merata. 
  • Lanjutkan dengan menyajikan jus alpukat kacang mete ke dalam gelas.
  • Hias bagian atas menggunakan krim dan taburi sisa kacang mete yang sebelumnya kamu potong tipis, sehingga menjadi cantik 
  • Selesai

Avocado Smoothie Oat Granola

Alpukat juga bisa kamu kombinasikan dengan oat granola loh. Granola merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat dan dipercaya mampu emnjaga kesimbangan produksi kadar asam lambung. Maka, mengkombinasikan alpukat dan granola bagi penderita asam lambung adalah cara yang baik dan direkomendasikan. 

Bahan :

  • 1 buah alpukat yang membeku
  • Oats dan granola
  • 1 sdm madu
  • 100 mL susu rendah lemak

Cara membuat avocado smoothie oat granola:

  • Langkah pertama tentunya memisahkan daging alpukat dengan kulit dan bijinya.
  • Lanjutkan dengan masukkan daging alpukat yang membeku, tambahkan 100 mL susu rendah lemak dan 1 sdm madu. Blender menjadi satu hingga halus dan tercampur merata. 
  • Hidangkan dalam mangkuk dan berilah topping oat granola di atasnya.
  • Selesai

Tidak hanya buah alpukat yang bisa mengatasi masalah asam lambung, namun ada beberapa jenis buah yang memiliki manfaat yang tidak kalah dari alpukat. Berikut kami sudah merangkum beberapa buah yang memiliki manfaat untuk asam lambung, kamu bisa mengolahnya menjadi jus.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam lambung, selain alpukat. Memiliki kandungan serat yang tinggi dan kandungan rendah asam, maka aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Pisang menjadi buah yang mampu melapisi kerontokan yang mengalami iritasi akibat naiknya asam lambung. 

Pisang menjadi buah yang mampu menetralkan kadar asam lambung yang bisa menurunkan gejala asam lambung hingga maag. Kandungan serat dalam pisang juga bisa membantu sistem pencernaan sehingga kamu akan memiliki resiko yang rendah untuk terkena asam lambung dikemudian hari. 

Semangka

Buah semangka masuk dalam kategori buah yang bisa diolah menjadi jus yang memiliki manfaat untuk asam lambung. Buah yang kaya akan kandungan air yang sangat tinggi ini mampu memenuhi kebutuhan tubuh. Selain itu kandungan air dalam semangka mampu menetralkan kadar asam lambung. Selain memiliki manfaat untuk asam lambung, semangka juga mampu mencegah kerusakan sel tubuh.

Melon

Melon merupakan buah yang sangat direkomendasikan bagi penderita asam lambung. Memiliki kandungan mineral dan magnesium yang bersifat basa inilah yang membuatnya mampu meredakan asam lambung. Selain itu memiliki kandungan kalium di dalamnya, buah melon mampu menjaga kesehatan jantung dan bersifat antioksidan sehingga peradangan bisa mereda dengan mengkonsumsi buah melon

Pepaya

Bagi kamu penderita asam lambung harus mengetahui jika buah pepaya adalah salah satu rekomendasi terbaik untuk mengatasi gejala asam lambung selain alpukat. Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang mampu melancarkan proses pencernaan, selain itu mempermudah penguraian protein dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah pepaya dalam olahan jus sekalipun akan meredakan gangguan pencernaan seperti asam lambung. 

Apel

Terakhir, ada buat apple yang mampu meredakan gejala asam lambung. Memiliki kandungan magnesium, kalsium, kalium didalamnya membuat apel menjadi buah yang ampuh untuk mengatasi asam lambung yang naik. Zat di dalam buah apel ampuh meredakan gejala asam lambung. Kamu juga disarankan untuk memilih jenis buah apel yang merah, hindari konsumsi buah apel yang berwarna hijau karena memiliki kadar asam yang tinggi, sehingga bukannya mengatasi asam lambung, justru memicu asam lambung menjadi naik. 

Itulah pembahasan mengenai manfaat dari jus buah alpukat bagi penderita asam lambung. Jika kamu konsumsi secara rutin maka akan sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta asam lambung yang membandel.