Saturday, 22 Jun 2024

Manfaat Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

6 minutes reading
Sunday, 14 May 2023 15:19 0 231 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Kelengkeng yang menjadi salah satu jenis buah-buahan yang disukai banyak orang dan bahkan buah ini juga yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil, tentu saja para ibu hamil ingin tahu dengan apa saja manfaat yang bisa dirasakan dengan memakan buah Kelengkeng untuk ibu hamil.

Buah Kelengkeng ini yang memiliki nama ilmiah yaitu Dimocarpus longan yang  termasuk ke dalam suku sapindaceae, dimana buah Kelengkeng merupakan salah satu tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara dan termasuk buah-buahan tropis.

Untuk buah Kelengkeng ini yang berasal dari Asia Tenggara ini yang memiliki bentuk bulat dengan ukuran yang kecil-kecil berwarna coklat kekuningan dan didalamnya terdapat daging buah berwarna putih dan biji yang berwarna hitam, buah ini yang memiliki rasa yang manis sehingga menjadi salah satu buah disukai oleh banyak orang.

Buah Kelengkeng ini yang dapat dikonsumsi secara langsung atau bisa juga dimasukkan ke dalam salad buah, selain rasanya yang manis namun buah ini juga yang ternyata memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh terutama untuk ibu hamil.

Untuk para ibu hamil tentu saja perlu mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah Kelengkeng ini, untuk mengetahuinya maka bisa dengan simak penjelasannya disini.

Manfaat Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

Manfaat Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

Ternyata terdapat mitos bahwa ibu hamil yang tidak boleh atau tidak baik mengkonsumsi buah Kelengkeng karena buah Kelengkeng yang memiliki efek panas seperti buah Nanas, sehingga dapat menyebabkan adanya reaksi alergi pada ibu hamil dan juga janin didalam kandungan dan bahkan banyak juga yang menganggap bahwa dengan memakan buah ini yang dapat mempersulit proses persalinan.

Faktanya untuk pernyataan tersebut yang masih belum terbukti secara medis dan bahkan sebenarnya buah Kelengkeng yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan bisa dapat memberikan berbagai manfaat yang bisa didapatkan dan dirasakan selama kehamilan, tentu saja beragam manfaat ini yang berasal dari berbagai kandungan nutrisi yang terdapat didalam buah Kelengkeng sendiri.

Dalam porsi sekitar 100 gram buah Kelengkeng ini yang memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral di dalamnya yaitu sekitar 60 kalori dan juga berbagai nutrisi lainnya seperti vitamin B, vitamin C, protein atau asam amino, kalium, fosfor, tembaga, kalsium, zat besi, dan juga karbohidrat.

Bahkan selain itu juga buah Kelengkeng ini yang memiliki banyak kandungan antioksidan, serat dan juga air, dengan beragam kandungan nutrisi yang tinggi membuat buah Kelengkeng ini baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Adapun untuk beberapa manfaat dari buah Kelengkeng untuk ibu hamil yang bisa diketahui dan juga bisa dirasakan yaitu sebagai berikut:

Membantu Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh

Selama kehamilan sistem imun ibu hamil yang akan bekerja lebih kerang untuk bisa melindungi tubuh ibu dan juga janin yang ada didalam rahim, hal ini yang berakibatkan ibu hamil yang mudah terserang infeksi dan bahkan berbagai penyakit yang berbahaya lainnya.

Manfaat Kelengkeng untuk ibu hamil yaitu dapat membantu untuk meningkatkan stamina dan juga daya tahan ibu hamil, hal ini dikarenakan buah Kelengkeng yang diperkaya kandungan vitamin C yang memiliki peran penting sebagai antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kandungan karbohidrat berfungsi untuk membantu menjaga stamina sehingga ibu hamil tidak akan mudah sakit dan tidak akan mudah lelah.

Membantu Memperkuat Tulang Janin dan Ibu Hamil

Buah Kelengkeng yang memiliki banyak kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi dengan kedua jenis kandungan mineral ini yang memiliki peran penting dalam membantu menjaga kesehatan tulang ibu hamil, sehingga manfaat Kelengkeng untuk ibu hamil yaitu dapat membantu untuk memperkuat tulang janin dan juga ibu hamil.

Dimana asupan mineral ini juga yang dipercaya bisa membantu untuk mengurangi risiko terjadinya preeklampsia, bahkan selain itu juga janin didalam kandungan yang akan membutuhkan kalsium dan juga fosfor dalam proses pembentukan tulang, gigi, serta otot yang kuat dan selain kedua kandungan tersebut ternyata kandungan mineral, vitamin C dan juga zat tembaga juga yang memiliki fungsi yang sama untuk mendukung proses pembentukan tulang dan juga otot yang kuat untuk janin.

Membantu Mencegah Terjadinya Konstipasi

Ibu hamil yang biasanya kerap mengalami keluhan yaitu konstipasi atau susah buang air besar atau BAB, masalah ini yang dikarenakan perubahan hormon selama masa kehamilan, kurang minum air dan juga rahim yang membesar, namun untuk masalah konstipasi pada ibu hamil ini yang bisa diatasi dan dicegah hanya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayuran.

Salah satu jenis buah-buahan yang bisa dipilih oleh ibu hamil untuk membantu memenuhi asupan serat harian yaitu dengan buah Kelengkeng, dengan mengkonsumsi buah Kelengkeng ini yang bisa membantu mencegah terjadinya konstipasi  karenakan kandungan serat dalam buah Kelengkeng yang dinilai efektif untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan juga meringankan gejala sembelit atau susah BAB.

Membantu Mencegah Bayi Cacat Lahir

Manfaat Kelengkeng untuk ibu hamil yang lainnya yaitu bisa membantu untuk mencegah terjadinya bayi cacat lahir, bibir sumbing dan juga penyakit jantung bawaan, manfaat ini yang berasal dari kandungan folat yang terkandung didalam buah Kelengkeng dengan kekurangan folat selama  hamil yang bisa menyebabkan bayi cacat bawaan lahir seperti spina bifida dan anensefalus.

Sehingga dengan begitu untuk ibu hamil yang sebaiknya mencukupi asupan folat dari suplemen atau makanan seperti buah Kelengkeng ini agar membantu mencegah bayi mengalami cacat dari lahir, selain itu juga asupan folat ini juga yang berguna untuk membantu mencegah keguguran, anemia dan juga menurunkan risiko preeklamsia.

Membantu Mencegah Anemia

Manfaat Kelengkeng untuk ibu hamil yang terakhir yaitu berasal dari kandungan zat besi di dalamnya yang memiliki peran penting dalam membantu membentuk sel darah merah, sehingga dengan begitu buah Kelengkeng ini yang bermanfaat untuk membantu mencegah ibu hamil mengalami atau terkena anemia dan anemia ini jika tidak diobati yang akan berbahaya bisa membuat bayi lahir prematur atau berat badan yang rendah.

Selain itu juga anemia atau kurang darah yang bisa meningkatkan risiko ibu hamil yang mengalami pendarahan setelah melahirkan, sehingga ibu hamil yang aman mengkonsumsi buah Kelengkeng dan bisa membantu untuk mendukung kesehatan jantung ibu hamil dan juga janin serta menjaga tekanan darah tetap stabil berkat kandungan kalium dan antioksidan didalamnya.

Manfaatnya dari buah Kelengkeng ini selain baik untuk ibu hamil namun baik juga untuk membantu mendukung pertumbuhan kembang janin, namun pastikan juga dalam mengkonsumsi buah Kelengkeng ini dengan porsi atau jumlah yang wajah tidak berlebihan dan juga tidak terlalu sering agar terhindar dari dampak negatifnya.

Namun tidak hanya dengan mengkonsumsi buah Kelengkeng saja ibu hamil juga yang perlu dilengkapi dengan asupan nutrisi lainnya dengan mengkonsumsi buah, sayuran dan juga jenis makanan yang bergizi lainnya, jika ibu hamil masih ragu untuk mengkonsumsi buah ini maka bisa dengan berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk memastikannya agar kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan tetap aman terjaga.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat Kelengkeng untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui dan juga beragam manfaatnya yang bisa dirasakan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan juga bermanfaat.