Monday, 17 Jun 2024

10 Manfaat Kencur Untuk Burung Merpati

6 minutes reading
Thursday, 2 Nov 2023 15:20 0 215 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Sudah kita ketahui bahwa kencur yang tidak hanya bermanfaat untuk manusia saja namun kencur juga memberikan manfaat untuk burung merpati, namun hal ini yang masih banyak orang yang belum tahu untuk itu kali ini kita akan membahas dengan manfaat kencur untuk merpati.

Dimana kencur yang merupakan salah satu tanaman obat dari jenis temu-temuan atau Zingiberaceae yang sering digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang ada pada burung termasuk juga burung merpati, kencur ini memang sangat bermanfaat untuk membantu dalam menjaga kesehatan tubuh burung merpati agar tetap stabil.

Terkhususnya pada saat burung merpati tersebut yang hendak mengikuti kontes atau perlombaan, namun jika kamu ingin memberikan kencur pada burung merpati kesayangan kamu yang sebaiknya untuk pemberiannya tidak dilakukan sembarangan atau secara asal-asalan.

Karena hal tersebut bukan tanpa alasan pasalnya jika burung merpati yang diberi kencur secara berlebihan yang tentu saja akan menimbulkan beberapa efek sampingnya, oleh karena itu sebelum memberikan kencur ke burung merpati sebaiknya mengetahui cara pemberian dan juga kapan waktu yang ideal memberikannya.

Untuk artikel kali ini kita yang akan membahas bersama-sama apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari kencur untuk burung merpati, selain itu juga kita akan membahas dengan cara memberikannya hingga efek sampingnya oleh karena itu yuk simak.

Manfaat Kencur Untuk Merpati

Manfaat Kencur Untuk Merpati

Beragam manfaat yang bisa didapatkan dari kencur untuk burung merpati tentu saja berkat adanya kandungan nutrisi dan gizi di dalam kencur tersebut, untuk beberapa kandungan gizi terdapat dalam kencur yaitu ada pramuria, asam sinamat, camphene, asam metil kain dan renda dekan.

Tidak hanya itu masih ada yang lainnya seperti asam anisat, etil ester, mineral, bondol, pati, sineol, minyak-minyak atsiri, alkohol dan juga bom, dengan beragam kandungan tersebut membuat kencur ini memberikan banyak manfaatnya untuk kesehatan burung merpati.

Adapun untuk beberapa manfaat kencur untuk merpati yaitu sebagai berikut:

Membantu Menambah Kekebalan Tubuh

Kencur yang memiliki banyak nutrisi atau kandungan gizi didalamnya yang sangat baik untuk burung merpati seperti anti bakteri yang bermanfaat untuk membasmi kuman atau virus pada burung merpati, dengan adanya kandungan ini yang akan membuat kekebalan tubuh burung merpati semakin bertambah terutama di musim hujan ada saat udara berubah menjadi dingin.

Membantu Mengobati Cedera

Untuk burung merpati jantan maupun burung merpati betina yang biasanya mengalami cedera baik itu di sayap, dada ataupun sayap yang diakibatkan stut kencang, hal ini yang bisa kamu atasi dengan memanfaatkan kencur untuk membantu mengobati cedera pada burung merpati,

Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan karena pasalnya kencur sendiri yang memiliki kandungan anti inflamasi sehingga memberikan manfaat untuk mengobati cedera pada burung merpati.

Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Untuk manfaat kencur untuk merpati lainnya yaitu bisa membantu dalam melancarkan sistem pencernaan burung merpati, dimana sistem pencernaan burung merpati menjadi salah satu hal yang sangat penting harus diperhatikan terutama burung merpati jenis balap membutuhkan stamina dan tenaga cukup besar.

Sehingga dengan begitu kamu bisa dengan mencoba untuk memberikan kencur pada burung merpati secara rutin agar sistem kelancaran pernapasannya yang dapat terjaga dengan baik, dengan pemberian kencur secara rutin juga diharapkan pernapasan burung merpati yang bisa lebih kuat sehingga staminanya yang akan lebih terjaga.

Membantu Mengobati Radang Tenggorokan

Dengan memberikan kencur ke burung merpati yang bisa memberikan manfaat untuk membantu mengobati radang tenggorokan, hal ini biasanya burung merpati yang mengalami masalah radang tenggorokan menjadi malah terbang sehingga untuk mengatasinya bisa dengan memberikan kencur ke burung merpati tersebut.

Membantu Mengobati Flu

Untuk manfaat kencur untuk merpati lainnya yaitu bisa membantu mengobati pilek dan juga flu pada burung merpati, dimana di sisi lain antibakteri dalam kencur ini yang berfungsi bisa membantu untuk mengobati burung merpati yang temboloknya kembung atau keras namun pastikan pemberian kencur dilakukan sesuai porsinya.

Membantu Menjaga Kesehatan Kulit dan Bulu

Kencur yang memiliki kandungan antibakteri di dalamnya sehingga sangat bermanfaat untuk membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan juga bulu pada burung merpati, hal ini melalui pemberian kencur secara rutin maka kesehatan kulit dan bulu burung lebih terjaga dan terhindar dari bakteri dan membuat bulunya menjadi lebih halus serta bagus.

Sebagai Jamu

Terakhir untuk manfaat kencur untuk merpati yaitu bisa dijadikan sebagai jamu agar burung merpati giring keras dengan pasangannya, karena kencur yang bisa membantu untuk meningkatkan birahi pada burung merpati sehingga mereka yang bisa lebih giring dengan pasangannya.

Cara Pemberian

Setelah kamu mengetahui dengan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari memberikan kencur pada burung merpati, selanjutnya kamu tentunya harus mengetahui dengan cara pemberian kencur dan juga waktu yang ideal dalam pemberian kencur yang baik untuk burung merpati.

Sebenarnya terdapat berbagai cara yang bisa coba dilakukan pada saat akan memberikan kencur pada burung merpati, kamu bisa dengan memberikan kencur dengan cara sebagai pakan tambahan atau sebagai air minum dan untuk lebih jelasnya yaitu sebagai berikut:

Sebagai Pakan

Dalam pemberian kencur sebagai pakan burung merpati bisa dilakukan seperti memberikan pakan utama di hari biasanya, tetapi sebelum memberikan kencur maka pastikan burung merpati termasuk jenis burung peliharaan yang sudah jinak dan untuk caranya:

  • Terlebih dahulu kupas kulit kencur hingga bersih.
  • Lalu potong kencur menjadi beberapa bagian kecil menyerupai ukuran jagung.
  • Selanjutnya bisa dilolohkan kencur secara langsung ke paruh burung.
  • Pemberian kencur bisa dilakukan sebanyak 1 hingga 3 butir setiap seminggu sekali.

Sebagai Minuman

Selain dengan diberikan dalam bentuk pakan kencur juga bisa diberikan ada burung merpati sebagai minuman, untuk cara yang satu ini terbilang lebih aman dan tidak akan membuat burung merpati mengalami stres dan untuk caranya:

  • Terlebih dahulu kupas kencur dari kulitnya hingga bersih.
  • Kemudian kencur yang sudah dikupas diparut atau ditumbuk hingga halus.
  • Lalu campur kencur dengan air secukupnya lalu rebus sampai matang.
  • Selanjutnya diamkan air rebusan kencur hingga dingin
  • Campurkan air rebusan kencur dengan air mineral dalam wadah minuman burung merpati.
  • Cara ini bisa dilakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu, untuk takarannya perbandingan sendiri sekitar 1:1 dengan air mineral biasa.

Jika pemberian kencur untuk burung merpati dalam jumlah yang berlebihan bisa memberikan efek samping seperti menurunkan energi burung merpati, pengeluaran urin yang berlebihan atau diare, menimbulkan iritasi pada kulit hingga nafsu makan yang menurun.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa manfaat kencur untuk merpati, cara pemberiannya hingga efek sampingnya jika berlebihan bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba merasakan manfaatnya.