Monday, 17 Jun 2024

3 Manfaat Kulit Bawang Putih Untuk Tanaman

4 minutes reading
Monday, 18 Sep 2023 01:19 0 209 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya sudah tidak asing lagi saat mendengar dengan bawang putih karena memang biasanya bawang putih dijadikan sebagai bahan dasar memasak, namun ternyata kulit bawang putih yang memiliki manfaat untuk tanaman dan untuk kamu ingin tahu dengan manfaat kulit bawang putih untuk tanaman bisa simak disini.

Biasanya bawang putih sering dilihat di dapur untuk dimasak penambah rasa dan wangi pada makanan untuk keluarga umumnya kulit bawang putih yang biasanya langsung dibuang setelah dikupas, dimana bawang putih atau memiliki nama latin Allium Sativum ini yang memiliki banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Diantaranya terdapat kandungan allicin dalam bawang putih berfungsi membantu dalam mengurangi penyakit hipertensi bahkan bisa membantu mengurangi berat badan, sehingga tidak heran jika bawang putih ini sering digunakan sebagai menu diet.

Namun selain itu bawang putih yang memberikan manfaat untuk tanaman salah satunya sebagai pestisida alami yang dapat membantu untuk mengendalikan hama tanaman yang berupa serangga, tidak hanya itu kandungan bawang putih bersifat fungisida alami berfungsi untuk mengendalikan jamur pada tanaman.

Untuk kamu yang masih belum tahu dengan manfaat kulit bawang putih untuk tanaman, maka untuk mengetahui manfaatnya bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Kulit Bawang Putih Untuk Tanaman

Manfaat Kulit Bawang Putih Untuk Tanaman

Kulit bawang putih merupakan salah satu limbah yang paling umum ditemukan bagaimana tidak bawang putih dijadikan sebagai bumbu dapur esensial, kulit bawang putih jangan langsung dibuang ke tempat sampah karena kulit bawang putih ini bermanfaat dijadikan pupuk organik tanaman.

Karena memang kulit bawang putih ini yang merupakan pupuk terbaik untuk tanaman yang mengandung kalsium, kalium dan juga fosfor yang tinggi, sekitar 3 siung bawang putih yang mengandung sekitar 36,09 mg kalium, fosfor 13,77 mg dan juga magnesium 16,29 kalsium.

Dimana kalium dan fosfor merupakan 2 dari 3 mikronutrien dasar dibutuhkan dalam tanaman agar bisa tumbuh subur, adapun untuk zat mikronutrien lainnya yaitu nitrogen, kalium yang berfungsi pada tanaman untuk menghasilkan lebih banyak bunga dan juga buah.

Hal ini yang akan membantu tanaman mencapai kematangan dengan memainkan peran besar d dalam penyerapan air nutrisi dari tanah, sedangkan untuk kandungan fosfor berfungsi perkembangan akar sedangkan kalsium untuk membuat tanaman kuat dan kokoh.

Berikut untuk cara mengolah kulit bawang putih menjadi pupuk tanaman yang bisa kamu lakukan dengan mudah yaitu sebagai berikut:

Dengan Membuat Teh Kompos

Untuk cara yang lebih aman menggunakan kulit bawang putih untuk mendapatkan manfaatnya yaitu dengan jadikan kulit bawang putih sebagai teh kompos, untuk caranya cukup mudah dengan merendamkan kulit bawang putih di dalam air.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya lebih maksimal dari kulit bawang putih maka kamu bisa mendiamkan kulit bawang putih tersebut lebih lama, jika air sudah berubah warna menjadi kecoklatan dan beberapa gelembung mungkin muncul namun ini normal.

Untuk menggunakannya cukup dengan singkirkan semua partikel padat dengan cara disaring dan kamu bisa langsung menggunakan untuk menyiram tanaman atau bisa juga dengan menyemprotkan langsung ke bunga dan daun, pupuk ini bisa digunakan selama masa pembibitan vegetatif, berbunga dan berbuah dan aplikasi teh kompos seminggu sekali.

Pada saat tanaman di dalam tahap berbunga kamu perlu ketahui untuk menghindari penyemprotan teh kompos kulit bawang putih secara langsung ke bunga,karena bisa mengganggu penyerbukan dan buah tidak akan berkembang menjadi buah dan juga serangga akan cenderung menghindari bau bawang putih

Kulit Bawang Putih Dikubur Dalam Tanah

Sama seperti semua bahan organik untuk kulit bawang putih yang bisa dijadikan pupuk alami hanya dengan dikuburkan dan diubah menjadi kompos, dimana proses ini yang melibatkan mikroorganisme baik dalam tanah yang akan mengurai bahan organik.

Pada saat mikroba memecahkan kulit bawang putih maka ia akan menarik potassium ke dalam tanah dan nantinya akan diserap oleh tanaman, untuk sisi negatifnya yaitu kulit bawang putih untuk bisa terurai membutuhkan waktu.

Biasanya proses ini yang akan memakan waktu beberapa minggu atau bahkan bulan sebelum kulit bawang putih mulai melepaskan nutrisinya, dengan mengganGgu tanah yang akan menimbulkan masalah dan bisa menghancurkan akarnya pada saat menggali sehingga lebih berhati-hati saat akan menggali lubang di tanah.

Kulit Bawang Putih Sebagai Teh Kompos Pupuk Daun

Terakhir untuk cara yang terbaik mengaplikasikan teh kompos kulit bawang putih ke tanaman yaitu dengan menggunakannya sebagai pupuk daun, untuk pemberian makan daun pada saat pupuk diterapkan langsung ke daun tanaman dengan cara penyemprotan.

Memberikan makan pada daun yang akan nutrisinya diserap langsung melalui daun, daun menyerap nutrisi dengan melalui stomata, untuk menyemprotkan pupuk yang terbaik pada pagi hari atau sore hari dan kamu perlu menyaring partikel padat sebelum memasukkan dalam penyemprotannya.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan manfaat kulit bawang putih untuk tanaman yaitu sebagai pupuk alami untuk tanaman menjadi subur, sehat dan juga segar, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.