Saturday, 22 Jun 2024

Manfaat Lari Pagi Untuk Diet

3 minutes reading
Saturday, 10 Dec 2022 21:00 0 216 Muti Karya

Nesiaverse.com – Olahraga lari pagi merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menjaga kebugaran serta menurunkan berat badan. Salah satunya memiliki manfaat untuk diet, benarkah lari pagi bisa memiliki peranan penting dalam melakukan diet? tentunya kamu penasaran bukan, maka kali ini kami akan membahas deretan manfaat lari pagi untuk diet

Salah satu manfaat dari lari pagi memanglah untuk menurunkan berat badan dan menjaga tubuh, postur kebugaran tetap stabil. Mengingat olahraga sendiri akan meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori yang terbilang cepat. Kemudian apa saja manfaat lainnya dari lari pagi untuk kamu yang tengah menjalani diet?

Manfaat Lari Pagi Untuk Diet

Manfaat Lari Pagi Untuk Diet

Lari pagi dinilai menjadi pilihan olahraga yang paling tepat dan baik bagi kamu yang tengah ingin menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan lari merupakan kegiatan olahraga yang cepat dan bisa membakar kalori lebih cepat jika dibandingkan dengan olahraga lainnya.

Manfaat lari pagi untuk diet sendiri sangatlah banyak. Sebelumnya kamu juga harus memiliki tujuan dan manfaatnya masing masing. Seperti berapa lama dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai ke berat ideal kamu. 

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari lari pagi untuk diet kamu harus melakukannya secara maksimal atau dengan intensitas sedang maupun tinggi. Misalnya kamu melakukan latihan lari seperti sprint, HIIT hill run atau lari menanjak. 

Lari sendiri memang memiliki banyak jenisnya, lari fartek sendiri mampu membantu kamu memaksimalkan manfaat dari lari pagi untuk menurunkan berat badan secara baik. Sementara jenis latihan lari dan intensitasnya sendiri memiliki kemampuan membakar kalori lebih efektif, sehingga bisa terus membakar kalori hingga 48 jam lamanya. Tentunya setelah lari yang kamu lakukan.

Lari pagi memiliki beberapa manfaat untuk diet kamu, diantaranya sebagai berikut.

1. Mampu Menekan Rasa Lapar

Dengan melakukan olahraga di pagi hari kamu bisa menekan rasa lapar, dimana olahraga seperti lari atau jogging mampu mengontrol nafsu makan. Tidak hanya itu saja, tentunya tubuh secara otomatis akan terasa kenyang setelah olahraga, selain tubuh bugar kamu juga akan mampu menekan rasa lapar

2. Meningkatkan Energi dan Mood

Lari pagi mampu meningkatkan energi dna mood kamu, hal ini akan membuat pikiran menjadi lebih fokus, Selain itu dalam jurnal Fatigue: Biomedicine, Health & Behavior pada tahun 2015 lalu, para peneliti menemukan manfaat lari pagi yang mampu menurunkan risiko terkena penyakit mental. 

Dengan berolahraga di pagi hari kamu akan meningkatkan kadar endorfin dalam tubuh kamu sehingga bisa menikmati dan meningkatkan energi serta mood saat akan menjalani hari hari. Maka, selain diet kamu juga akan mendapatkan metal dan mood yang baik dari lari di pagi hari.

3. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan dengan cara lari merupakan salah satu cara diet yang paling baik. Lari merupakan olahraga yang memiliki pengaruh dalam hal meningkatkan metabolisme, sehingga nantinya tubuh mampu membakar kalori secara optimal dan baik. Maka penurunan berat badan memang didapatkan ketika kamu melakukan kegiatan berolahraga dengan cara lari pagi.

Selain manfaat diatas, masih banyak lagi manfaat yang kamu dapat dari lari pagi untuk diet, kamu bisa mengurangi tekanan darah tinggi, bisa membantu dan membuat kebiasaan hidup sehat. 

Sebelum melakukan lari pagi saat diet, kamu tidak boleh lupa melakukan pemanasan atau warm up. Adapun tips melakukannya antara pukul 6 hingga 8 pagi sebelum memulai aktivitas sehari hari. Semoga informasi kali ini bermanfaat.