Monday, 17 Jun 2024

Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah Jerawat dan Flek Hitam

5 minutes reading
Monday, 12 Dec 2022 01:04 0 320 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya sudah tidak asing lagi dengan tanaman kaktus yang satu ini dengan memiliki banyak manfaat untuk kecantikan yaitu lidah buaya, salah satu manfaat dari lidah buaya ini yaitu untuk wajah jerawat dan flek hitam untuk mengetahui lebih jelasnya kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Aloe vera atau biasanya dikenal dengan sebutan lidah buaya ini yang merupakan salah satu tanaman kaktus yang bertangkai pendek dengan mempunyai daun yang hijau lebat dan didalam daun tersebut menyimpan air, dan tanaman ini juga yang menjadi salah satu bahan untuk mengatasi masalah pada kulit.

Dimana setiap daun lidah buaya ini yang di dalamnya mengandung jaringan berlendir dan juga air sehingga membuat daun lidah buaya yang menjadi lebih tebal jika dibandingkan dengan daun tanaman yang lainnya, untuk kandungan air di dalam lidah buaya ini yang agak pekat sehingga dengan begitu seringkali diasosiasikan dengan gel.

Hal ini yang menjadi salah satu ciri khasnya dari produk yang berbahan lidah buaya, dalam gel lidah buaya ini yang mengandung senyawa bioaktif yang cukup  besar dan ini tentu saja sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Lidah buaya menjadi salah satu tanaman yang serbaguna dan sudah dikenal manfaatnya dan khasiatnya sejak berabad-abad yang lalu, nah untuk kamu yang ingin tahu dengan manfaat lidah buaya untuk wajah jerawat dan flek hitam bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah Jerawat dan Flek Hitam

Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah Jerawat dan Flek Hitam

Lidah buaya ini yang merupakan salah satu tumbuhan dengan memiliki daun berdaging tebal dan biasa tumbuh di tempat yang beriklim tropis, semi tropis dan juga kering, dimana untuk manfaat dari lidah buaya ini yaitu sebagai salah satu bahan penyubur rambut, kesehatan kulit dan juga penyembuh luka.

Lidah buaya memiliki banyak kandungan nutrisi didalamnya dimana terdapat enzim seperti kaliasem carboxy peptidase, amilase, bradykinase, katalase, selulase, alkaline phosphatase, lipase dan peroksidase, kandungan vitamin diantaranya vitamin A yang berbentuk beta karoten, asam folat (B9), vitamin B12, vitamin C, kolin dan vitamin E.

Selain itu juga lidah buaya mengandung mineral yang diantaranya kalium, magnesium, kalsium, selenium, seng, tembaga, mangan, kromium, dan natrium, terdapat juga kandungan antrakuinon dan juga terdapat asam amino.

Dengan memiliki banyak kandungan dalam lidah buaya ini sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit dan tidak heran jika sudah banyak masyarakat yang menggunakan lidah buaya ini untuk bisa mendapatkan manfaatnya dalam berbagai macam manfaat.

Salah satu manfaat dari menggunakan lidah buaya yaitu sangat baik untuk perawatan kulit hal ini karena kandungan di dalam lidah buaya yang dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah pada kulit, salah satunya untuk wajah jerawat dan flek hitam.

Mengatasi Wajah Jerawat

Untuk kamu yang sedang mempunyai masalah dengan wajah yang timbulnya jerawat cenderung munculnya ringan atau sedang, makan dengan menggunakan lidah buaya yang sangat ampuh untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi wajah jerawat.

Hal ini karena lidah buaya yang mengandung asam salisilat di dalamnya yang dikenal salah satu kandungan yang bisa membersihkan pori-pori, sehingga lidah buaya yang dapat dijadikan bahan untuk membantu dalam menghilangkan bekas jerawat pada wajah.

Mengatasi Flek Hitam

Lidah buaya yang terdapat komponen aktif yang ada pada gel lidah buaya atau dalam daunnya yaitu glukomanan, aloin, barbaloin, dan juga glikosida antrakinon, untuk kandungan aloin yang merupakan salah satu komponen aktif bersifat antioksidan, antiseptik dan juga antibiotik.

Untuk komponen senyawa yang bersifat antioksidan ini  yang dapat membantu dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari yaitu seperti UVB dan UVA dan ini yang dapat menyebabkan timbulnya flek hitam pada wajah, selain itu juga dalam lidah buaya yang terkandung vitamin C dan vitamin E yang membantu dalam memudarkan flek hitam di wajah.

Lidah buaya juga yang bermanfaat untuk menghentikan peradangan yang menjadi salah satu penyebab munculnya flek hitam pada wajah, sehingga dengan begitu tidak heran jika banyak orang yang menggunakan lidah buaya untuk flek hitam yang digunakan dalam membantu meredakan peradangan jerawat.

Adapun untuk cara menggunakan lidah buaya untuk  wajah jerawat dan flek hitam sebenarnya sangat mudah, namun jika kamu belum tahu dengan cara menggunakannya maka kamu bisa dengan mengikuti cara dibawah ini.

Gel Lidah Buaya yang Murni

  • Oleskan gel lidah buaya yang murni pada area kulit yang mengalami flek hitam sebelum tidur,
  • Diamkan selama selama satu malam dan bilas pada besok paginya.
  • Lakukan cara ini setiap hari hingga warna kulit semakin membaik dan flek hitam di wajah telah pudar.

Gel Lidah Buaya dan Lemon

  • Siapkan satu sendok makan gel lidah buaya dan air perasan buah lemon dalam satu wadah.
  • Kemudian campurkan kedua bahan tersebut hingga merata.
  • Lalu oleskan ke seluruh area wajah.
  • Diamkan selama 10 atau 25 menit.
  • Jika masker sudah meresap sempurna lalu bilas wajah dengan menggunakan air.

Gel Lidah Buaya dan Kunyit

  • Siapkan kunyit secukupnya lalu haluskan sampai halus.
  • Jika sudah halus campurkan dengan 1 sendok makan gel lidah buaya dan aduk hingga campur merata.
  • Oleskan pada permukaan wajah.
  • Diamkan selama 5 menit lalu bersihkan dengan menggunakan kain basah.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai manfaat lidah buaya untuk wajah jerawat dan flek hitam yang dapat kamu ketahui dan juga ada beberapa cara menggunakannya yang bisa dicoba, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.