Saturday, 22 Jun 2024

Manfaat Lobak Putih dan Nanas Untuk Asam Urat

4 minutes reading
Tuesday, 27 Dec 2022 03:03 0 335 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Manfaat lobak putih dan nanas untuk asam urat mungkin masih banyak orang yang belum tahu akan hal tersebut, jika kamu ingin tahu dengan manfaatnya dari kedua jenis buah tersebut maka bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini dengan baik.

Lobak putih dan Nanas menjadi buah yang bisa membantu untuk mengatasi penyakit asam urat, dimana kedua buah ini yang ternyata sama-sama memiliki kandungan vitamin C di dalamnya yang bisa membantu dalam meredakan intensitas rasa nyeri pada saat asam urat kambuh.

Dimana untuk nyeri pada saat asam urat kambuh atau tinggi ini yang biasanya terjadi karena terdapat kristal kecil pada bagian persendian, menyebabkan bisa dari makanan dan juga minuman yang memiliki kandungan purin didalamnya hal ini jika semakin banyak maka akan membentuk terjadinya penumpukan asam urat.

Untuk penderita asam urat mungkin ini menjadi salah satu kabar yang sangat berguna untuk membantu mengatasi asam urat yang ternyata bisa dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan, salah satunya yaitu Lobak dan Nanas lalu apa saja manfaat Lobak putih dan Nanas untuk asam urat.

Lobak putih dan Nanas ini yang ternyata bisa membantu dalam mengobati asam urat, adapun untuk manfaat Lobak putih dan Nanas untuk asam urat yaitu sebagai berikut.

Manfaat Lobak Putih Untuk Asam Urat

Manfaat Lobak Putih dan Nanas Untuk Asam Urat

Lobak putih yang merupakan salah satu sayuran dengan memiliki nama lain yaitu daikon dan lobak jepang dan sayuran ini  yang berasal dari negara Tiongkok, dan sekarang sayuran ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia yang terkhususnya pada daerah pegunungan dan dataran rendah.

Lobak Putih yang bisa membantu dalam meredakan gejala asam urat tinggi atau kambuh, hal ini dikarenakan Lobak putih yang termasuk kedalam sayuran yang rendah kalori dan purin adapun untuk manfaat Lobak putih yaitu:

Vitamin C

Lobak putih menjadi sumber vitamin C dimana hanya 1/2 cangkir sayuran ini yang sudah memenuhi 14% kebutuhan harian tubuh, pada tahun 2011 dari 13 studi dalam meta analisis yang berbeda dengan mengkonsumsi suplemen vitamin C dalam 30 hari yang ternyata bisa membantu untuk menurunkan kadar asam urat di dalam darah.

Serat

Lobak putih yang memiliki kandungan serat yang tinggi yang sangat baik untuk sistem pencernaan, selain itu juga membantu dalam melindungi liver dan juga kantung empedu agar tidak mengalami retensi cairan di dalam tubuh dan juga sayuran ono yang rendah purin.

Manfaat Nanas Untuk Asam Urat

Manfaat Lobak Putih dan Nanas Untuk Asam Urat

Selain Lobak Putih ternyata buah Nanas juga bisa membantu untuk mengatasi gejala asam urat, dimana buah Nanas ini yang merupakan salah satu buah yang tumbuh dari daerah tropis yang tergolong kedalam buah yang rendah kalori tetapi mempunyai nutrisi yang sangat melimpah.

Buah Nanas juga yang memiliki warna kuning yang kaya akan kandungan vitamin, antioksidan dan enzim yang sangat baik untuk tubuh, selain itu juga terdapat kandungan nutrisi lainnya di dalam buah ini yaitu sebagai berikut:

Vitamin C

Buah Nanas yang memiliki keunggulan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh sekitar 131%, dimana kandungan vitamin C ini yang bisa membantu dalam mengurangi level asam urat didalam tubuh.

Walaupun dalam mengkonsumsi vitamin C yang tidak secara signifikan dalam mengurangi asam urat tetapi, dengan mengkonsumsi vitamin C yang cukup dengan jangka yang panjang bisa mengurangi risiko menderita gout yang berdasarkan dengan penelitian lain.

Folat

Buah Nanas yang bisa membantu memenuhi kebutuhan harian folat yaitu sekitar 7% dalam satu cangkir nanas, dengan mengkonsumsi folat yang memang belum terdapat bukti mengenai dapat meredakan gejala asam urat.

Namun dengan demikian terdapat penelitian yang menemukan bahwa folat yang bisa membantu untuk memecahkan protein homocysteine, hal ini yang merupakan protein yang biasanya ditemukan di dalam kadar yang cukup tinggi untuk penderita gout atau asam urat.

Bromelain

Buah Nanas yang mengandung enzim yang bernama bromelain yang bisa membantu untuk mengurangi peradangan dan juga membantu melancarkan sistem pencernaan, dan penelitian yang menemukan bahwa senyawa zat bromelain ini yang bisa membantu dalam meredakan peradangan yang dikarenakan asam urat.

Serat

Dalam buah Nanas yang kaya akan serat di dalamnya yang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan, dengan mengkonsumsi buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi bisa membantu mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh asam urat.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat lobak putih dan nanas untuk asam urat yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.