Monday, 17 Jun 2024

10 Manfaat Mandi Dengan Air Hangat

5 minutes reading
Friday, 3 Feb 2023 16:34 0 305 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Dimana biasanya air hangat yang sering digunakan  untuk mengompres tubuh yang sedang sakit, pegal atau nyeri selain digunakan untuk mengompres bisa juga untuk mandi, namun ternyata dengan mandi menggunakan air hangat yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan pastinya ini masih banyak orang yang belum mengetahuinya,

Dengan mandi setelah melakukan berbagai aktivitas yang melelahkan menjadi salah satu hal yang akan membantu tubuh menjadi segar kembali apalagi mandi dengan air hangat paling nikmat, ternyata dengan mandi dengan air hangat yang terdapat manfaatnya untuk kesehatan.

Nah untuk kamu yang penasaran apa saja manfaat mandi dengan air hangat bisa dengan simak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Manfaat Mandi Dengan Air Hangat

10 Manfaat Mandi Dengan Air Hangat

Masih banyak orang yang belum mengetahui dengan manfaat dari mandi dengan menggunakan air yang hangat, air hangat juga yang cukup baik untuk tubuh dalam jangka waktu yang panjang, adapun untuk beberapa manfaat dari mandi dengan air hangat yang masih jarang diketahui banyak orang yaitu sebagai berikut:

Membantu Membuka Pori-Pori Kulit

Untuk kamu yang memiliki pori-pori tersumbat dan menyebabkan noda serta penumpukan racun pada kulit maka dengan menggunakan air hangat yang akan membantu untuk membuka pori-pori kulit sehingga membuat kulit dengan mudah membersihkan sisa kotoran dan juga make up dan untuk menutup kembali pori-pori kamu bisa dibilas dengan menggunakan air dingin.

Kesehatan Sendi dan Otot

Untuk manfaat dari mandi dengan menggunakan air hangat yaitu membantu untuk mengobati nyeri pada bagian sendi dan otot, mencegah terjadinya kram otot yang berlebihan, mengurangi robekan pada otot, dimana sensasi hangat ini yang bisa merangsang sirkulasi dan juga aliran darah serta melonggarkan persendian yang mengalami tegang.

Mencegah Terjadi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat yang lainnya dari mandi menggunakan air hangat yaitu bisa membantu untuk meredakan kekakuan pada pembuluh nadi, dimana kekakuan arteri ini yang memiliki peran dalam sejumlah organ yang penting di dalam tubuh dan salah satunya bisa menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi.

Sehingga dengan begitu dengan mandi menggunakan air hangat atau terapi air hangat yang bermanfaat untuk membantu melancarkan pembuluh di dalam darah dan juga membantu untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat mandi dengan air hangat yang bisa kamu ketahui dan rasakan yaitu membantu dalam melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, jika darah lancar maka akan mencegah terkena penyakit kronis.

Mengatasi Sakit Leher

Ternyata untuk leher yang kaku dan sakit ini yang bisa diatasi dengan menggunakan mandi air hangat selain dengan memijatnya, dimana biarkan air hangat ini mengalir pada area kulit atau bahu selama 10 menit yang akan membantu mengendurkan otot.

Kamu juga dapat menggerakan bahu atau leher tersebut pada saat mandi yang bertujuan agar semakin mengendur dan tidak kembali kaku, selain itu juga manfaat mandi dengan air hangat yaitu untuk merangsang penyembuhan, mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Dengan mandi air hangat yang akan bermanfaat untuk membantu tidur menjadi nyenyak dan berkualitas dan tubuh akan menjadi lebih rileks, untuk merasakan manfaatnya kamu bisa mandi air hangat sekitar 10 menit jangan sampai terlalu lama yang tidak akan baik untuk tubuh.

Membantu Menjaga Fungsi Otak

Manfaat mandi dengan air hangat lainnya yaitu membantu untuk menjaga otak dan kesehatan otak, dimana menurut International Journal of Hyperthermia yang mengatakan bahwa uap air hangat ini yang berefek untuk membantu dalam menjaga fungsi penting sel-sel dalam otak dan juga sumsum tulang belakang.

Selain itu juga manfaat lainnya yaitu untuk membantu meningkatkan fungsi memori, memelihara pertumbuhan pada sel penting otak dan juga menjaga fungsi sel-sel saraf di dalam otak, dan untuk merasakan manfaatnya dengan mandi sekitar 20 menit dengan air bersuhu 35 hingga 42 derajat celcius.

Membantu Membakar Kalori

Ternyata dengan mandi menggunakan air hangat yang bisa membantu untuk membakar kalori tubuh hal ini diketahui oleh Loughborough University yang menyatakan bahwa efek dari mandi menggunakan air hangat terhadap kontrol gula darah, dengan begitu yang terdapat kalori yang terbakar dan ini setara dengan setengah jam berjalan kaki yaitu sekitar 140 kalori yang terbakar.

Membantu Mengurangi Stres

Manfaat mandi dengan air hangat lainnya yaitu membantu untuk kesehatan mental dengan mengurangi stres dan untuk merelaksasi extra bisa menambahkan essential oils yang menjadi lebih tenang, dimana tidak sedikit orang yang mengalami masalah stres atau mungkin sulit untuk tidur maka hal ini bisa diatasi dengan mandi menggunakan air hangat selama 10 menit yang akan membantu menenangkan tubuh, saraf dan juga pikiran.

Membantu Mengatasi Sakit Kepala

Untuk kamu yang sedang mengalami masalah sakit kepala maka bisa diatasi dengan mandi menggunakan air hangat yang akan membantu untuk melancarkan pembuluh darah di kepala, dimana sakit kepala ini yang disebabkan adanya penyempitan pembuluh darah di bagian kepala.

Dengan mengurangi tekanan pembuluh darah ini yang akan menyembuhkan sakit kepala kamu dan kamu bisa mandi dengan menggunakan air hangat ini hanya sekitar 5 hingga 10 menit saja, dengan begitu kamu akan merasakan manfaatnya pada tubuh yang secara menyeluruh.

Membantu Mengatasi Iritasi Kulit

Untuk kamu yang memiliki kulit yang gatal atau iritasi maka bisa diatasi dengan mandi atau berendam dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan oatmeal yang khusus untuk menjaga kelembaban kulit dan juga mengatasi atau mengurangi iritasi pada kulit, selain itu juga bermanfaat untuk meredakan radang di kulit.

Membantu Meredakan Dahak

Dimana untuk uap dari air hangat yang bisa membantu untuk meredakan atau melonggarkan dahak dan juga untuk mengeluarkan lendir yang akan menyebabkan sakit tenggorokan atau batuk, dengan menambahkan minyak kayu putih yang akan membantu uap menjadi lebih efektif dalam membantu bernapas dengan mudah dan selain itu juga bisa mengatasi masalah lainnya yang berhubungan dengan pilek.

Mengontrol Mood Stabil

Tidak sedikit orang yang mengalami mood yang kurang stabil dan ini bisa diatasi dengan mandi menggunakan air hangat dan tubuh akan menjadi lebih rileks dan juga penurunan suhu tubuh, namun jangan sampai mandi air hangat terlalu lama karena bisa membuat kulit menjadi kering dan ini menjadi salah satu manfaat mandi dengan air hangat yang bisa kamu rasakan.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat mandi dengan air hangat yang perlu kamu ketahui namun walaupun banyak manfaatnya pastikan kamu tidak mandi dengan air hangat terlalu lama karena tidak baik juga untuk tubuh, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.