5 Manfaat Nanas Untuk Kolesterol

5 minutes reading
Saturday, 3 Jun 2023 05:28 0 118 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya sudah tidak asing lagi mendengar buah Nanas ini apalagi buah Nanas ini yang terkenal sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sehingga dengan begitu kamu juga perlu mengetahui dengan apa saja manfaat Nanas untuk kolesterol yang bisa kamu rasakan dan dapatkan.

Dimana buah Nanas merupakan salah satu jenis buah berasal dari keluarga Bromeliaceae yang berasal dari Amerika Selatan dan tersedia di Indonesia yang bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional maupun di supermarket, buah Nanas ini yang dikenal dengan nama lainnya seperti Nanas Comosus, Ananas dan juga Nanas domestik.

Buah Nanas ini yang terkenal dengan memiliki daging buah yang lembut dan rasanya manis dan sedikit asam yang sangat menyegarkan, memiliki warna kulit orange dan warna dagingnya kuning pucat hingga kuning dan tersedia dalam berbagai ukuran dan juga bentuk dengan memiliki berat sekitar 2,3 kg, silindris dan juga mata buahnya yang agak datar.

Dimana buah Nanas termasuk ke dalam jenis buah tropikal hal ini dikarenakan biasanya tumbuhan nanas yang berasal dari kawasan tropis dengan memiliki kondisi lingkungan lembab, selain itu juga buah ini yang memiliki tekstur yang menarik dilengkapi kandungan nutrisi penting didalamnya.

Kandungan nutrisi penting yang terdapat di dalam buah Nanas ini yang begitu melimpah sehingga memberikan banyak manfaatnya untuk kesehatan salah satunya untuk kolesterol, mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat Nanas untuk kolesterol maka untuk mengatasinya bisa dengan simak ulasannya disini.

Manfaat Nanas Untuk Kolesterol

Manfaat Nanas Untuk Kolesterol

Buah Nanas yang diperkaya antioksidan, kandungan vitamin A dan vitamin C yang terdapat di dalam buah Nanas ini merupakan sumber antioksidan, selain itu juga ada beberapa kandungan nutrisi penting lainnya seperti kalsium, fosfor, kalium, zat besi, mangan, magnesium, thiamin, natrium, serat dan juga gula buah (sukrosa).

Dengan beragam kandungan nutrisi tersebut yang tidak sedikit manfaat yang dihadirkan dari buah Nanas ini dan bahkan buah Nanas ini yang baik untuk membantu dalam menurunkan kolesterol, alasannya dikarenakan buah Nanas ini yang mengandung senyawa bromelain yang bisa membantu untuk memecahkan endapan kolesterol di arteri.

Sehingga dengan begitu akan mendukung aliran darah yang sehat dan juga membantu untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung, dengan memiliki kadar kolesterol yang tinggi bisa membahayakan tubuh agar hal tersebut tidak terjadi maka kamu bisa dengan mencoba untuk mengkonsumsi buah Nanas secara rutin.

Adapun untuk beberapa manfaat Nanas untuk kolesterol yaitu sebagai berikut:

Membantu Menurunkan Risiko Hiperkolesterolemia

Untuk manfaat dari mengkonsumsi buah Nanas untuk kolesterol yang pertama yaitu dapat membantu untuk menurunkan risiko terjadinya hiperkolesterolemia, dimana hiperkolesterolemia sendiri merupakan penyakit pembuluh darah dan juga perlemakan hati yang dapat berkurang risikonya.

Sehingga dengan begitu untuk mengatasi dan terhindar dari penyakit tersebut kamu bisa dengan mencoba mengkonsumsi buah Nanas ini dalam jumlah wajar untuk merasakan manfaat, manfaat ini yang berasal dari kandungan senyawa yang terdapat didalam buah Nanas yang dipercaya bisa mengurangi kadar kolesterol di hati dan juga trigliserida dan buah Nanas juga yang menunjukan aktivitas antioksidan serta penurunan kadar kolesterol.

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Buah Nanas yang merupakan salah satu makanan yang larut dan juga kaya akan serat di dalamnya yang bisa memberikan manfaat yaitu dapat membantu dalam menjaga kadar gula darah dan juga membantu untuk menurunkan kadar kolesterol yang berlebih.

Kandungan serat larut yang terdapat dalam buah Nanas ini yang sangat efektif untuk membantu dalam menurunkan kadar kolesterol low density lipoprotein (LDL) atau biasa disebut dengan nama kolesterol jahat, sehingga dengan begitu untuk manfaat Nanas untuk kolesterol lainnya yaitu membantu menjaga kesehatan jantung.

Membantu Mengurangi Stres Oksidatif dan Peradangan

Dimana beragam radikal bebas yang bisa menyebabkan stres oksidatif yang nantinya berujung peradangan, jika peradangan (inflamasi) pada sel tubuh yang tinggi di tambah lagi kadar kolesterol yang tinggi maka risiko penyakit ini yang akan semakin tinggi dan parah.

Sehingga dengan begitu agar terhindar dari masalah tersebut kamu bisa dengan mengkonsumsi buah Nanas ini yang menjadi salah satu cara untuk mereka pengidap kolesterol tinggi agar dapat mengurangi inflamasi, untuk manfaat ini yang berasal dari kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah Nanas seperti vitamin C, katekin, asam ferulat, asam galat, dan juga epikatekin.

Membantu Menurunkan Trigliserida

Untuk buah Nanas ini yang mengandung niasin didalamnya yang akan memberikan manfaat untuk membantu menghambat transportasi lemak ke hati dan hal ini yang dapat mengurangi sintesis trigliserida, sehingga dengan begitu untuk manfaat Nanas untuk kolesterol lainnya yaitu membantu dalam menurunkan trigliserida.

Dimana Trigliserida ini yang merupakan salah satu komponen yang bisa menaikkan kadar kolesterol total dalam darah, sehingga agar kadar kolesterol naik maka kamu bisa atasi dengan mencoba mengkonsumsi buah Nanas ini secara rutin.

Membantu Mengurangi Berat Badan Naik

Untuk manfaat Nanas untuk kolesterol yang terakhir bisa kamu rasakan yaitu membantu dalam mengurangi berat badan naik, dimana berat badan yang naik ini yang kerap dikaitkan dengan kadar kolesterol tinggi sehingga dengan begitu untuk menghindari berat badan naik maka bisa dengan mengkonsumsi buah Nanas.

Dimana dengan mengkonsumsi buah Nanas ini memang menjadi salah satu alternatif yang sangat baik untuk membantu mengurangi berat badan yang berlebih, sehingga dengan berat badan yang berkurang dan normal maka kadar kolesterol di dalam tubuh juga yang akan menjadi lebih terjaga.

Dengan adanya beragam manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah Nanas ini untuk membantu menurunkan berat badan diatas, sehingga untuk kamu yang ingin merasakan beragam manfaat tersebut secara optimal maka bisa dengan konsumsi buah Nanas ini secara rutin dengan jumlah porsi yang pas tidak berlebihan.

Selain itu juga sebelum kamu mengkonsumsi buah Nanas ini maka pastikan sebelumnya kamu sudah membersihkan buah Nanas ini dari kulitnya secara menyeluruh, hal ini bertujuan agar kamu tidak merasakan gatal pada saat kulit buah Nanasnya yang termakan.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat Nanas untuk kolesterol yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat bisa mencobanya untuk merasakan manfaatnya.

x