Monday, 17 Jun 2024

7 Manfaat Santan Kelapa Untuk Rambut

6 minutes reading
Saturday, 27 May 2023 18:30 0 216 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Santan kelapa biasanya sering digunakan untuk bahan masakan yang akan memberikan cita rasa yang gurih sedikit manis, namun ternyata santan kelapa selain digunakan untuk bahan masakan namun bisa juga untuk perawatn rambut loh nah untuk itu kamu bisa simak penjelasan mengenai manfaat santan kelapa untuk rambut dibawah ini.

Santan kelapa yang merupakan sari yang didapatkan dari biji kelapa yang sudah dihaluskan dan dicampur air dan air santan kelapa ini yang bisa digunakan di dalam berbagai cara termasuk dalam masakan, perawatan kulit dan rambut dan bahkan terdapat dalam produk kecantikan.

Dimana santan kelap ini yang biasanya digunakan sebagai bahan masakan terutama untuk masakan tradisional di Asia Tenggara, Afrika dan juga India, bahkan santan kelapa juga yang bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat sup, sambal, rempah-rempah dan bisa juga digunakan untuk merawat rambut yang memberikan banyak manfaat.

Untuk bisa mendapatkan manfaat santan kelapa untuk rambut maka kamu bisa dengan menambahkan air santan tersebut ke dalam rutinitas dalam perawatan rambut setiap harinya, selain itu juga cara lainnya yang bisa kamu campurkan santan dengan minyak lainnya seperti minyak almond, minyak kelapa kemudian oleskan pada rambut dan juga kepala sebelum mandi.

Nah untuk kamu yang penasaran dengan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari santan kelapa untuk rambut, untuk mengetahui hal  tersebut bisa simak penjelasannya disini dengan baik.

Manfaat Santan Kelapa Untuk Rambut

Manfaat Santan Kelapa Untuk Rambut

Memang selama ini santan kelapa yang lebih banyak digunakan untuk bahan memasak dan terkenal dengan memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan tubuh, selain itu juga santan kelapa ini  yang menyimpan manfaat lainnya untuk kesehatan rambut dan mungkin hal ini masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Dimana santan kelapa yang diperkaya dengan kandungan nutrisi didalamnya yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan dan bahkan untuk rambut, sumber nutrisi santan untuk rambut ini yang berasal dari daging buah kelapa yang tua dan kemudian diparut sehingga menjadi santan.

Ternyata santan ini yang merupakan salah satu kosmetik tradisional yang mempunyai manfaat yang banyak untuk perawatan rambut, berkat kandungan nutrisi yang melimpah seperti vitamin B6, vitamin E, zinc, fosfor dan juga kalium, dengan beragam kandungan nutrisi ini yang bermanfaat untuk melembabkan kulit kepala dan bahkan dapat mencegah rambut rontok.

Adapun untuk beberapa manfaat santan kelapa untuk rambut yaitu sebagai berikut:

Membantu Menguatkan Kutikula Rambut

Dimana pada setiap rambut yang memiliki struktur yang dimulai dari struktur lapisan terluar sampai dengan struktur lapisan terdalam dan lapisan terluar dinamakan kutikula rambut, dikarenakan lapisan terluar kutikula ini yang memiliki peran sebagai benteng untuk melindungi rambut dari kerusakan.

Santan kelapa ini yang bermanfaat rambut yang berasal dari kandungan asam laurat di dalamnya yang cukup tinggi yang memiliki peran penting dalam membantu untuk menguatkan kutikula pada rambut, dengan kutikula yang kuat dan sehat maka rambut secara otomatis tidak akan dengan mudah rontok atau terkikis.

Membantu Mengatasi Ketombe

Tidak sedikit orang yang ternyata ada ketombe yang menempel pada kepala dan ternyata hal masalah ketombe ini yang bisa diatasi hanya dengan menggunakan santan kelapa, dimana santan kelapa ini yang yang mengandung vitamin B, vitamin E dan juga asam lemak didalamnya, bahkan tidak hanya itu saja kandungan anti bakteri yang terdapat di dalam santan kelapa ini yang akan membantu untuk melawan jamur yang menjadi penyebab adanya ketombe.

Terdapat juga kombinasi bahan alami dari kelapa dan juga ekstrak beras yang dapat membantu untuk mengatasi ketombe, kelapa yang dikenal sebagai anti mikroba yang dapat dipercaya mampu membantu mengusir ketombe dengan aroma yang menenangkan, sedangkan untuk ekstrak beras ini yang bermanfaat untuk membantu dalam membersihkan ketombe penyebab bau dan juga mengangkat kotoran pada kulit kepala dengan maksimal.

Membantu Melembabkan Rambut Kering

Rambut kering dan rusak yang disebabkan karena kurangnya produksi minyak yang dibutuhkan oleh rambut agar rambut tetap lembab, pada saat kekurangan minyak akan membuat lapisan luar rambut yang ikut terkelupas dan menyebabkan rambut menjadi kering dan kusam.

Manfaat santan kelapa untuk rambut yaitu membantu melembabkan rambut kering karena kandungan asam lemak dan berbagai kandungan vitamin seperti vitamin C dan vitamin E yang terdapat di dalam santan yang berperan sebagai pelembab alami rambut dan mengatasi kulit kepala kering.

Membantu Merangsang Pertumbuhan Rambut Baru

Ciri-ciri memiliki rambut yang sehat yaitu rambut yang tumbuh dengan normal tetapi tidak selamanya pertumbuhan rambut pada seseorang yang berlangsung langsung ada kalanya lebih lambat hal ini yang disebabkan oleh beberapa faktor yang dimulai dari diet yang salah, keseringan menggunakan alat catok rambut hingga usia yang membuat rambut rusak dan bercabang.

Untuk semua masalah tersebut yang bisa diatasi dengan menggunakan santan kelapa hal ini dikarenakan santan kelapa yang memiliki kandungan protein dan juga minyak esensial yang akan membuat kulit kepala menjadi tetap sehat, dengan memiliki kulit kepala sehat yang sangat penting untuk menguatkan akar rambut agar tidak mudah rontok, bahkan tidak hanya itu protein yang terdapat pada santan kelapa ini yang berperan untuk melapisi batang rambut agar rambut tumbuh kuat.

Membantu Mengatasi  Rambut Bercabang

Dengan memiliki rambut yang bercabang yang bisa membuat kita merasa kurang percaya diri dan masalah ini yang bisa terjadi diakibatkan kebiasaan yang buruk seperti penggunaan bahan kimia pada saat mewarnai rambut dan juga dikarenakan mengikat rambut yang terlalu kencang, manfaat santan kelapa untuk rambut yaitu membantu mengatasi rambut bercabang hal ini karena terdapat asam lemak yang bermanfaat untuk pelembab rambut alami.

Membantu Mengembalikan Keratin Rambut

Manfaat santan kelapa untuk rambut lainnya yaitu membantu untuk mengembalikan keratin rambut, keratin sendiri yang merupakan komponen protein yang memiliki tugas untuk mengisi batang rambut agar tetap berkilau alami dan juga sehat, memang pada dasarnya tubuh yang bisa memproduksi keratin yang secara alami tetapi ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan produksi keratin yang berkurang seperti penggunaan alat styling yang berlebih dan juga paparan sinar UV.

Dengan memanfaatkan santan sebagai perawatan rambut yang dapat membantu untuk mengembalikan keratin rambut yang telah hilang, manfaat ini yang berasal dari kandungan protein yang terdapat pada santan kelapa yang cukup banyak dan untuk perawatan rambut dengan santan yang bisa dilakukan 1-2 minggu sekali secara rutin.

Membantu Mencegah Munculnya Uban

Dengan memiliki atau munculnya uban yang akan mengurangi rasa percaya diri apalagi jika kamu terbilang masih muda dan masalah ini bisa  terjadi karena beberapa faktor penyebabnya, rambut beruban yang dapat terjadi diakibatkan oleh sel-sel melanocytes atau zat penghasil melanin yang memberikan pigmen gelap pada rambut yang mulai berhenti berfungsi.

Agar rambut kamu tidak muncul uban maka bisa diatasi dengan memanfaatkan santan kelapa yang akan membantu untuk mencegah munculnya uban atau rambut berwarna putih, hal ini dikarenakan santan yang mengandung vitamin B, vitamin C dan juga vitamin E di dalamnya yang berfungsi untuk memperlambat proses penuaan dini.

Setelah mengetahui beberapa manfaat santan kelapa untuk rambut mungkin kamu juga perlu mengetahui dengan beberapa cara memakai santan kelapa untuk perawatan rambut agar bisa mendapatkan manfaat secara maksimal, dimana kamu bisa dengan menggunakan secara langsung maupun di kombinasikan dengan bahan alami yang lainnya yang memiliki manfaat untuk rambut seperti lidah buaya, lemon, madu, dan juga putih telur.

Nah mungkin hanya itu saja beberapa manfaat santan kelapa untuk rambut yang perlu kamu ketahui dan untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal maka gunakan secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.