Monday, 17 Jun 2024

Manfaat Susu Kambing Etawa

5 minutes reading
Sunday, 15 Jan 2023 00:48 0 278 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Selai susu sapi dan juga susu nabati ternyata susu kambing etawa juga memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan, hal ini dikarenakan dalam susu kambing etawa yang terkandung banyak nutrisi yang penting untuk tubuh.

Susu kambing etawa merupakan salah satu susu yang telah diambil dari kambing etawa, dimana kambing etawa ini yang berasal dari hasil perkawinan silang antara kambing kacang yaitu kambing asli Indonesia dan kambing Jamnapari yaitu kambing asli India.

Dimana kambing etawa ini yang akan menghasilkan susu yang kaya nutrisi di dalamnya sehingga membuat susu ini yang digunakan sebagai alternatif untuk sumber asupan gizi selain dengan susu sapi, nah untuk kamu yang ingin tahu dengan manfaat susu kambing etawa maka bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Susu Kambing Etawa

Manfaat Susu Kambing Etawa

Mungkin kamu sudah sering mendengar dengan kambing etawa yang dimana kambing ini yang menjadi salah satu ternak unggulan untuk diambil susu dan dagingnya, dan susu kambing etawa ini yang cocok dikonsumsi untuk siapa saja baik itu anak-anak hingga lansia.

Susu kambing etawa ini yang terdapat beragam kandungan nutrisi yang cukup lengkap terkandung didalamnya diantaranya seperti protein, kalsium, fosfor, karbohidrat, vitamin A, vitamin B2, vitamin B3, sodium dan juga laktoferin, dengan banyaknya kandungan nutrisi sehingga tidak heran jika susu ini memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan beragam manfaat dari susu kambing etawa ini yang maksimal maka kamu bisa dengan mengkonsumsi susu kambing etawa sebanyak dua kali dalam sehari, adapun untuk beberapa manfaat susu kambing etawa yaitu sebagai berikut:

Kesehatan Tulang

Susu kambing etawa yang kaya akan kalsium di dalamnya yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang, gigi dan juga menjaga agar tulang tetap sehat, dimana pada dasarnya tubuh yang memerlukan asupan kalsium untuk proses pembentukan tulang dan sekaligus untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan kandungan kalsium juga yang bisa mencegah pengeroposan tulang.

Kesehatan Jantung

Susu kambing etawa yang mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan juga fungsi jantung, dimana jantung yang merupakan organ tubuh dengan memiliki peran yang vital untuk keberlangsungan hidup sehingga dengan begitu organ ini harus berfungsi dengan baik dan untuk menghindari masalah kesehatan lainnya yang bisa berujung kematian.

Mencegah Infeksi Bakteri

Untuk manfaat susu kambing etawa yang selanjutnya yaitu membantu mencegah dan juga mengatasi infeksi bakteri pada tubuh terutama untuk bakteri E.coli dan Escherichia coli, hal ini karena susu kambing etawa yang mengandung zat antibakteri didalamnya.

Dimana hasil dari penelitian yang menunjukan bahwa jika konsentrasi susu sebanyak 60 hingga 80% yang bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri resisten, namun untuk konsentrasi 100% yang mempunyai respon penghambat bakteri sedang, dan bakteri E. coli ini yaitu jenis bakteri yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti pneumonia dan ISK atau infeksi saluran kemih.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Susu kambing etawa ini yang mengandung kalsium didalamnya yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tetap normal, dimana kalsium dan vitamin D ini yang akan membantu agar tekanan darah tetap stabil dan normal sehingga dengan begitu bisa mencegah dan terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Mengatasi Diare

Minum susu kambing etawa yang bermanfaat bisa membantu dalam mengatasi diare hal ini karena susu ini yang mengandung zat didalamnya yang bernama laktoferin, dimana menurut penelitian kandungan laktoferin pada susu kambing etawa yang mempunyai sifat antidiare dikarenakan zat ini yang sudah terbukti bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri E. coli yang menjadi salah satunya penyebabnya.

Menjaga Sistem Saraf

Kandungan kalsium pada susu kambing etawa yang memiliki manfaat untuk menjaga sistem saraf, dimana kandungan kalsium yang memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga sistem saraf agar bisa berfungsi dengan baik.

Kesehatan Mata

Manfaat susu kambing etawa yang lainnya yaitu membantu menjaga kesehatan mata manfaat ini berasal dari kandungan vitamin A didalamnya, dimana asupan beta karoten sekitar 25% setiap harinya yang telah terbukti bisa membantu mengurangi risiko penyakit degenerasi makula.

Mencegah Penyakit Kanker

Susu kambing etawa yang mengandung riboflavin yang bermanfaat untuk membantu mencegah penyakit kanker, dimana vitamin B2 yang berkontribusi dalam menurunkan terjadinya resiko sejumlah penyakit kanker namun hal ini belum bisa diketahui dengan tingkat efektivitas vitamin B2 ini dalam meminimalisir risiko penyakit kanker.

Meningkatkan Suplai Oksigen

Meningkatkan suplai oksigen pada seluruh tubuh yang menjadi salah satu manfaat susu kambing etawa yang bisa kamu dapatkan, dimana kandungan fosfor yang ada pada susu ini yang berpotensi untuk membantu tekanan darah didalam tubuh yang menjadi lebih lancar.

Dimana kandungan fosfor ini yang bisa membantu hemoglobin dalam menjalankan fungsinya dengan baik yaitu mendistribusikan oksigen pada seluruh jaringan tubuh, dan untuk mendapatkan manfaatnya bisa dengan minum susu ini secara rutin.

Untuk Kekebalan Tubuh

Kandungan A yang terkandung pada susu kambing etawa yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menurut NIH dimana meningkatkan kekebalan tubuh yang menjadi salah satu manfaat dan sekian banyak kegunaan dari vitamin A pada tubuh.

Kekuatan Otot

Dengan mengkonsumsi susu kambing etawa yang secara rutin bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, manfaat ini yang tidak terlepas pada kandungan protein yang terkandung dalam susu kambing etawa degan memiliki otot tubuh yang kuat yang akan memudahkan dalam melakukan aktivitas.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan karbohidrat dengan jenis oligosakarida dalam susu kambing ini yang mengandung prebiotik dan bersifat antibakteri, sehingga dengan mengkonsumsi susu kambing etawa ini yang bermanfaat untuk membantu perkembangan probiotik yang memiliki tugas dalam merawat kesehatan dan juga fungsi sistem pencernaan tetap baik dan lancar.

Membantu dalam Penyerapan Nutrisi

Untuk manfaat susu kambing etawa yang terakhir yaitu untuk membantu dalam penyerapan nutrisi, dimana susu kambing etawa yang mengandung sejumlah mineral yaitu seperti magnesium, kalsium, fosfor dan zat besi.

Sejumlah mineral tersebut yang dibutuhkan oleh tubuh agar bisa berfungsi dengan baik dan mineral yang terkandung pada susu kambing etawa ini yang akan lebih mudah diserap oleh tubuh, sehingga dengan begitu untuk susu yang satu ini disarankan untuk dikonsumsi berguna untuk kebutuhan mineral pada tubuh.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat susu kambing etawa yang bisa kamu ketahui dan untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal kamu bisa dengan mengkonsumsi susu ini secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.