Thursday, 18 Jul 2024

15 Masker Wajah Alami Untuk Mencegah Penuaan Dini

5 minutes reading
Tuesday, 27 Jun 2023 17:13 0 125 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Ingin tahu masker wajah alami untuk mencegah penuaan dini? Kamu bisa membuatnya di rumah, lho! Atau ingin memakai produk masker tapi menggunakan bahan-bahan alami agar aman di wajah? Bisa kok.

Masker adalah salah satu cara agar bisa memperbaiki kulit kita yang bermasalah, entah itu menjadikan kulit lebih cerah atau membuat kulit menjadi lembab. Bahkan ada juga yang membantu kulit kita terhindar dari penuaan dini.

Apa saja sih bahan-bahan yang terkandung dalam masker yang dapat membantu kita mencegah penuaan dini? Hyaluronic acid adalah salah satunya kandungan yang sering kali ada dalam produk masker guna untuk mencegah penuaan.

Selain kandungan hyaluronic acid, ada banyak produk alami yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk membuat masker di rumah. Karena kebanyakan orang ingin memakai bahan-bahan alami supaya terhindar dari resiko yang berbahaya.

Menjaga kulit untuk tetap sehat dan menggunakan produk bahan alami, tentu saja diminati banyak orang. Dan hal ini menjadi incaran para wanita untuk melakukan perawatan homemade yang simple dan bermanfaat bagi kulit.

Disini akan dijelaskan dan diberitahu apa saja bahan alami yang bisa kita gunakan untuk membuat masker wajah alami untuk mencegah penuaan dini secara singkat, padat, dan jelas agar mudah dipahami.

Bahan-bahan Alami Masker Wajah Untuk Mencegah Penuaan Dini

Masker Wajah Alami Untuk Mencegah Penuaan Dini

Bahan-bahan ini bisa kamu temukan dengan mudah, dan bisa dikonsumsi langsung oleh kamu, lho! Sangat praktis dan dari segi kegunaan banyak sekali manfaatnya untuk tubuh maupun kulit kamu all in one sekali bukan? Bahannya adalah sebagai berikut:

Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan zat astringent dan mengandung vitamin serta mineral yang mampu membantu mengecilkan pori-pori di wajah kita, di area T-zone yang cenderung memiliki pori-pori yang lebih besar.

Kentang

Sama hal nya dengan telur, kentang juga memiliki kandungan mineral di dalamnya yang dapat menjadi antibiotik alami untuk memperlambat penyebab terjadinya penuaan dini. Selain itu kentang juga dapat membantu meregenerasi kulit kita dan mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Minyak Kelapa

Kandungan minyak pada kelapa sangat bermanfaat untuk memudarkan kerutan-kerutan halus di kulit wajah kita, karena mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas pada jaringan kulit di wajah kita.

Tomat

Manfaat tomat untuk wajah salah satunya adalah untuk meningkatkan produksi kolagen, yang dimana collagen berperan penting dalam terjadinya penuaan. Tomat juga mengandung vitamin C yang merupakan salah satu zat merangsangnya produksi kolagen dalam tubuh dan dapat mengencangkan kulit wajah.

Alpukat

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, buah alpukat juga bisa dijadikan masker wajah. Alpukat memiliki kandungan antioksidan seperti karotenoid, vitamin E dan vitamin C, serta kandungan dalam alpukat dapat meningkatkan kadar air dan menjaga elastisitas kulit.

Mentimun

Kaya akan mineral dan vitamin timun dapat menjaga kulit kita untuk tetap segar dan fresh, juga berguna untuk mengencangkan kulit wajah di area mata. Jadi selain mengencangkan kulit timun juga dapat merilekskan kantung mata kita, karena dia memiliki efek calming untuk kulit.

Pisang

Menggunakan pisang untuk masker membantu kita mencegah penuaan, dia memiliki kandungan nutrisi, vitamin dan vitamin E yang bagus untuk menyamarkan noda hitam di wajah, menghilangkan kerutan, garis halus dan dapat melembabkan kulit wajah.

Kunyit

Salah satu bumbu dapur ini alias kunyit, dia memiliki anti-inflamasi yang dapat memperlambat penuaan. Juga memiliki sifat anti-mutagenik yang melindungi kulit kita dari sinar UV/UVB yang membahayakan kulit kita dari tanda-tanda munculnya penuaan.

Teh Hijau

Selain bisa diminum ternyata teh juga dapat membantu kulit kita dari masalah penuaan. Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi keriput dan kulit kendur dan masalah kulit yang disebabkan oleh sinar UV dan UVB.

Wortel

Selain kentang, wortel juga dapat dijadikan masker alami untuk mengencangkan kulit wajah. Wortel kaya akan vitamin K, vitamin A, vitamin C, dan kalium yang dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan seperti pigmentasi, keriput, dan warna kulit yang tidak merata.

Kopi

Kafein dan asam klorogenat (CGA) yang terkandung dalam biji kopi dapat mengatasi peradangan di kulit akibat iritasi, kemerahan dan jerawat. Antimikroba yang dihasilkan dari CGA dan kafein bermanfaat untuk meningkatkan mikrosirkulasi darah dan anti-inflamasi pada kulit wajah.

Aloe Vera

Lidah buaya atau juga dikenal dengan aloe vera bisa meningkatkan produksi collagen serta menenangkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari dan mengurangi kerutan di wajah. Vitamin C dan E, beta-karoten yang terkandung di dalamnya guna untuk mengatasi penuaan.

Madu

Antioksidan alami yang ada pada madu akan membantu mencegah munculnya kerutan dan garis halus pada wajah. Dijadikan bahan untuk membuat masker, madu dapat membuat kulit kita terasa kenyal karena madu meningkatkan elastisitas kulit wajah sehingga dapat menyehatkan kulit dan terjaga kelembabannya.

Air Beras

Zat gamma-oryzanol yang ada pada beras khususnya beras merah, memiliki manfaat untuk kulit yang kusam sehingga dapat mencerahkan kulit wajah dan membuat kulit kita terasa lebih lembut, jika kita membersihkan wajah menggunakan air beras.

Semua bahan yang ada di atas sana bisa kamu gunakan sebagai bahan utama membuat masker wajah alami untuk mencegah penuaan dini, cukup mudah dan terjangkau bukan? Selain itu kita bisa mencari aman dengan menggunakan bahan-bahan alami agar tidak terjadi hal yang kita ingin hindari.

Namun dari semua itu kamu juga harus tetap waspada dan hati-hati dalam menggunakannya ya! Apalagi jika yang memiliki kulit sensitif. Lebih bagus lagi jika kamu konsultasi pada dokter kulit mu sebelum melakukan hal itu.

Wajah kita harus senantiasa dijaga mau itu kamu perempuan atau laki-laki, kamu harus bisa menjaga dan merawatnya dengan menggunakan masker wajah alami untuk mencegah penuaan dini. Cintai diri sendiri dengan merawat seluruh tubuh kamu dengan baik yaaa!