Thursday, 18 Jul 2024

6 Minuman Untuk Mengatasi Perut Kembung

6 minutes reading
Friday, 9 Jun 2023 06:02 0 118 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Perut kembung yang akan membuat kamu merasa tidak nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas, namun ada beberapa jenis minuman herbal yang bisa kamu minum untuk mengatasi perut kembung dan untuk kamu yang ingin tahu apa saja minumannya maka bisa dengan simak penjelasannya disini.

Perut kembung merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami oleh orang dewasa maupun balita pada saat musim dingin, dimana perut kembung yang biasanya terjadi dikarenakan adanya penumpukan gas dalam usus dan juga tidak jarang dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan seperti susah buang air besar.

Dimana masalah perut kembung ini selain bisa diobati dengan menggunakan minyak pada bagian luar tubuh, namun kamu juga bisa atasi dengan mencoba mengkonsumsi minuman yang terbuat dari bahan herbal alami untuk perut kembung karena minuman herbal ini yang akan membantu untuk melancarkan sistem pencernaan dan juga tidak akan menimbulkan efek samping.

Sehingga dengan begitu perlu mengetahui dan juga menyediakan minuman untuk mengatasi perut kembung agar dapat dikonsumsi pada setiap kamu mengalami keluhan perut kembung, lalu apa saja minuman yang dapat menjadi obat herbal perut kembung? Untuk mengetahuinya kamu bisa dengan simak ulasan berikut.

Minuman Untuk Mengatasi Perut Kembung

Minuman untuk Perut Kembung

Dimana untuk seseorang yang sedang mengalami perut kembung biasanya akan sering mengeluarkan kentut dan juga sendawa, hal ini dikarenakan dalam perut dan juga usus yang ada penumpukan gas yang berlebihan didalam sana dan masalah perut kembung ini yang bisa disebabkan oleh makan atau minum terlalu cepat, minum bersoda, alkohol dan juga merokok.

Tetapi selain itu juga keluhan masalah perut kembung ini yang bisa disebabkan oleh kondisi tubuh yang kurang sehat seperti mengalami intoleransi laktosa, sembelit, adanya gejala penyakit tukak lambung, infeksi usus, hernia dan juga penyakit yang lainnya menyebabkan perut kembung.

Dimana pada dasarnya perut kembung ini yang dapat diatasi secara alami yaitu dengan mencoba untuk mengkonsumsi makanan secukupnya dan juga tidak makan yang terlalu cepat, selain itu juga kamu bisa dengan menghindari minuman beralkohol atau bersoda, mengurangi makan yang penghasil gas dan jug mengunyah permen karet untuk membantu meredakan gejala perut kembung terjadi.

Bahkan kamu juga bisa dengan mencoba untuk menjaga pola hidup yang sehat dengan melakukan beberapa olahraga ringan seperti jalan santai, yoga dan juga dengan mengoleskan minyak angin pada bagian perut yang berguna untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan juga sekaligus mengurangi risiko perut kembung.

Masalah perut kembung juga yang dapat diatasi dan diredakan dengan mencoba meminum minuman yang sehat untuk perut kembung dari menggunakan bahan alami, adapun untuk beberapa minuman untuk perut kembung yaitu sebagai berikut:

Air Hangat

Salah satu minuman untuk perut kembung yang pertama yaitu kamu bisa dengan minum air hangat hal ini karena air mineral yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan terutama membantu melancarkan sistem pencernaan, dimana mungkin untuk beberapa orang yang mengalami perut kembung cenderung mereka akan mengurangi minum.

Namun sebenarnya untuk sebagian besar permasalahan sistem pencernaan ini yang disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh dan termasuk pada saat kembung, sehingga kamu harus memperbanyak minum air agar gas dalam perut dan usus dapat dilepaskan setidaknya kamu minum sekitar 2 liter atau 6-8 gelas setiap harinya.

Teh Hijau

Teh hijau yang merupakan salah satu jenis minuman yang efektif untuk mereka yang sedang menjalankan program diet karena minuman ini yang diketahui dapat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan, sehingga dengan begitu untuk minuman teh hijau ini yang menjadi salah satu minuman untuk perut kembung yang dapat kamu minum.

Hal ini dikarenakan minuman teh hijau ini yang mengandung antioksidan dan juga bersifat anti inflamasi di dalamnya, sehingga dengan mengkonsumsi minuman teh hijau ini pada saat perut kembung yang akan membantu untuk meningkatkan kerja usus dna juga membantu kamu menjadi lebih tenang dan rileks.

Teh Jahe

Dimana salah satu minuman untuk perut kembung yang dapat kamu konsumsi yaitu teh jahe, jahe sendiri yang merupakan tanaman rempah-rempah yang kerap dijadikan minuman untuk menghangatkan badan dan juga membantu dalam mengatasi berbagai masalah atau keluhan kesehatan dan termasuk juga perut kembung, karena terdapat senyawa antioksidan dan juga gingerol memiliki sifat anti inflamasi yang terkandung dalam jahe.

Senyawa tersebut yang berperan untuk membantu mengurangi gejala irritable bowel syndrome dan salah satunya yaitu perut kembung, bahkan jahe juga yang cocok dijadikan minuman untuk perut kembung karena mempunyai efek relaksasi yang baik untuk perut dan juga bisa membantu mengurangi peradangan usus besar, mengkonsumsi teh jahe akan lebih efektif dengan dibarengi adanya perubahan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Air Lemon

Untuk kamu yang mungkin bosan dengan minum air putih terus maka kamu bisa dengan menambahkan air perasan lemon untuk menambahkan rasanya, dimana lemon yang menjadi pilihan yang tepat sebagai campuran minuman untuk masalah perut kembung dan juga mual.

Hal ini karena lemon yang dipercaya bisa membantu merangsang cairan dan juga gas yang terjebak dalam perut dan usus sehingga dengan begitu sistem pencernaan yang akan menjadi lancar, dengan sistem pencernaan berfungsi dengan lebih baik maka tubuh bisa memecahkan makanan secara efektif dan bisa menyerap lebih banyak nutrisi sehingga terhindar dari gejala perut kembung atau masalah sistem pencernaan lainnya.

Teh Chamomile

Ekstrak bunga chamomile ini yang dapat menjadi salah satu minuman untuk perut kembung yang alami hal ini dikarenakan minuman teh chamomile ini yang mempunyai kandungan antioksidan di dalamnya yang berperan penting untuk membantu mengurangi inflamasi atau peradangan dalam saluran pencernaan sehingga akan membantu untuk mengeluarkan gas dalam perut dan juga membantu melancarkan sistem pencernaan.

Sehingga dengan mengkonsumsi minuman teh chamomile ini yang akan membantu kamu untuk mengurangi perasaan kurang nyaman pada perut dan juga akan terhindar dari masalah sembelit, dan kamu juga bisa mengkonsumsi minuman ini pada saat gejala atau masalah perut kembung terjadi.

Smoothies

Untuk sarapan kamu bisa dengan memilih untuk mengkonsumsi smoothies yang menjadi pilihan yang tepat untuk membuat sistem pencernaan kamu tetap lancar, bahkan selain itu juga smoothies yang terbuat dari buah tinggi kalium seperti semangka, pisang dan juga jeruk yang yang dapat membantu untuk mengatasi kembung dengan cara mengurangi penyerapan air pada usus.

Selain itu kamu bisa dengan menambahkan sayuran tinggi mineral seperti bayam, mentimun dan juga seledri, tetapi kamu harus memperhatikan gangguan gula atau pemanis yang lainnya pada saat mengkonsumsi smoothies sebagai salah satu minuman untuk perut kembung karena pemanis yang dapat memicu timbul masalah sistem pencernaan lain jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Mungkin itu saja untuk beberapa minuman untuk perut kembung dari bahan alami dan sangat aman untuk dikonsumsi yang bisa kamu ketahui dan dikonsumsi secara rutin pada saat perut kembung terjadi, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan juga bermanfaat selamat untuk mencoba.