Thursday, 18 Jul 2024

Minyak Zaitun Terbuat Dari Apa?

4 minutes reading
Thursday, 5 Jan 2023 18:43 0 351 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin tidak sedikit orang yang belum tahu dengan Minyak Zaitun dan bahkan mungkin ada yang bertanya minyak zaitun terbuat dari apa? Nah untuk kamu yang ingin tahu dengan hal tersebut maka bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Minyak zaitun terbuat dari buah Zaitun yang memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan yang tidak perlu diragukan lagi, dimana minyak zaitun alami ini yang tidak hanya bagus untuk membantu menjaga berat badan namun juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga dengan begitu tidak heran jika minyak ini yang sering digunakan untuk mengolah berbagai jenis makanan.

Dimana minyak Zaitun ini yang merupakan minyak alami yang sudah diekstraksi dari buah Zaitun dengan tahap produksi yang cukup sederhana, dimana untuk mendapatkan minyak zaitun ini maka dari buah Zaitun ini yang perlu melewati tahap penekanan yang bertujuan untuk membantu mengeluarkan minyak dari buah tersebut.

Dengan melalui tahapan ekstraksi sehingga mengandung sejumlah kandungan dari asam oleat yang terdapat didalam minyak alami yang satu ini, tentunya dengan kandungan ini yang memiliki peran penting untuk kesehatan dan ini bukan hal yang asing karena memang sudah banyak orang yang mengetahui hal ini.

Minyak zaitun ini yang bisa digunakan untuk memasak, perawatan kulit, obat, kosmetik dan bahkan sabun, bahkan sudah banyak riset yang telah membuktikan manfaatnya untuk kesehatan hal ini dikarenakan minyak zaitun yang kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan pada sel diakibatkan oleh radikal bebas.

Minyak zaitun ini yang ternyata memiliki banyak varian yaitu diantaranya ada extra virgin olive oil, virgin olive oil, refined olive oil, pure olive oil, light olive oil dan juga pomace olive oil, semua jenis minyak zaitun ini yang memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Terdapat dua jenis minyak zaitun yang sering digunakan yaitu jenis minyak zaitun murni dan juga olahan tentunya jenis minyak zaitun ini yang akan menentukan kualitasnya, nah untuk kamu yang penasaran dengan jenis minyak zaitun beserta dengan manfaatnya maka dibawah ini akan kami jelaskan.

Extra Virgin Olive Oil

Extra virgin olive oil ini yang merupakan jenis minyak zaitun yang paling sehat yang telah dibuat dengan menggunakan metode cold-pres, dengan metode atau tahapan ini yang tidak akan mengubah sifat kimiawi dari minyak yang dikeluarkan atau minyak zaitunnya dan minyak jenis ini yang diekstraksi dengan menggunakan metode alami serta distandarisasi.

Untuk minyak jenis ini yang aman dikonsumsi secara langsung dan bahkan memberikan banyak manfaat dengan memiliki rasa tidak sama dan mengandung antioksidan fenolik didalamnya, senyawa fenolik yang memiliki efek antioksidan untuk tubuh yaitu membantu menurunkan risiko kanker, antimikroba, anti inflamasi dan aterosklerosis.

Virgin Olive Oil

Virgin Olive Oil yang kedua dan minyak jenis ini yang mirip dengan jenis minyak zaitun yang pertama namun untuk minyak ini yang tidak masuk dalam proses pemurnian, pemanasan atau menggunakan bahan kimia, minyak zaitun ini yang tahan dengan suhu dengan memiliki rasa lebih ringan yang cocok digunakan untuk kebutuhan memasak dan perawatan kulit.

Refined Olive Oil

Refined olive oil yang diekstrak dari buah Zaitun yang matang dengan warnanya yang kehitaman dan untuk minyak jenis ini yang memiliki kandungan yang sedikit karena telah melewati berbagai tahap penyulingan, minyak ini dimurnikan berguna untuk menghilangkan bau dan rasa yang tidak diinginkan hasilnya hambat dan tidak memiliki warna dan minyak ini cocok digunakan untuk memasak.

Pure Olive Oil

Pure Olive Oil yang dimana untuk jenis minyak ini bukan minyak zaitun murni tetapi minyak zaitun olahan, dimana minyak zaitun olahan ini yang dicampur dengan minyak zaitun extra virgin dan minyak zaitun virgin dengan memiliki rasa sangat ringan dan warnanya cenderung lebih terang.

Light Olive Oil

Light olive oil ini yang merupakan jenis minyak zaitun yang bukan rendah kalori namun sebaliknya minyak ini yang menggambarkan rasa minyak ringan, untuk minyak ini yang diolah dengan menggunakan panas yang tinggi dan pelarut yang bertujuan untuk menghilangkan baunya dengan rasa netral dan titik asap cukup tinggi.

Pomace Olive Oil

Pomace olive oil ini yang merupakan minyak zaitun dengan memiliki kualitas yang paling rendah dan jenis minyak ini yang diekstraksi dari minyak tersisa sesudah buah ditekan, ini akan meninggalkan resiko mengandung air dan minyak setelah air dan minyak dihilangkan maka residu masih mempunyai kandungan minyak dan dapat diekstraksi lagi dan minyak jenis ini yang paling murah di pasaran.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai kegunaan minyak zaitun yaitu dari buah zaitun yang melakukan ekstraksi, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.