Monday, 17 Jun 2024

Mual Tapi Tidak Muntah Apakah Tanda Hamil?

4 minutes reading
Tuesday, 29 Aug 2023 22:07 0 176 Muti Karya

Nesiaverse.com – Umumnya tanda hamil bisa dilihat dari rasa mual hingga muntah, namun bagaimana jika mual tapi tidak muntah? apakah hal tersebut termasuk tanda hamil? Mengingat tidak semua wanita mengalami tanda-tanda tersebut khususnya di awal kehamilan. Dilansir dari halaman Parents, dimana kondisi kehamilan terhadap 30% wanita yang merasakan sensasi kehamilan yang disertai mual dan muntah.

Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan seseorang merasa mual hingga muntah, dan tidak hanya hamil saja. Diantaranya ada beberapa penyakit yang memberikan efek mual-mual hingga muntah yaitu seperti maag atau gerd. Kemudian masih banyak lagi penyebab seseorang mual dan muntah-muntah namun tidak disebabkan oleh hamil. Sehingga penting untuk mengetahui tanda-tandanya dan membuat kamu paham untuk menggunakan cara mengatasinya dengan baik dan benar. 

Mual Tapi Tidak Muntah Apakah Tanda Hamil?

Mual Tapi Tidak Muntah Apakah Tanda Hamil?

Ketika kamu mengalami rasa mual sepanjang hari, khususnya setelah kamu menikah. Umumnya orang-orang akan berpikir bahwa kamu tengah hamil. Karena salah satu tanda kamu hamil adalah kebiasaan mual hingga muntah pada pagi hari. Namun, mual-mual tapi tidak muntah maupun hingga muti bisa jadi bukan salah satu tanda atau sinyal bahwa kamu sedang hamil saja. Karena terdapat beberapa tanda serupa yang justru disebabkan oleh penyakit lain yang ada di tubuhmu. 

Seorang ahli Ginekologi, yaitu Chavi Eve Karkowski MD. mengatakan bahwa bisa jadi seseorang yang keracunan makanan atau hal tersebut sebagai salah satu tanda kanker pankreas. Hal tersebut bisa menjadi salah satu alasan kenapa kamu mual tapi tidak muntah bukanlah pertanda jika kamu tengah hamil saja. Bahkan ada beberapa tanda yang menyerupai tanda hamil, seperti mual tapi tidak muntah dikarenakan berbagai macam penyakit

Ada beberapa tanda dan penyebab seseorang mual tapi tidak muntah dan hak tersebut bukanlah ciri-ciri kehamilan. Karena ada beberapa orang yang sensitif terhadap jenis makanan tertentu, begitupun efek dari kondisi medis seperti mengkonsumsi salah satu jenis makanan. Karena ada beberapa hal yang menyebabkan mual. Berikut penyebab mual tapi tidak muntah dna bukanlah tanda hamil. 

Gerd

Gastroesophageal Reflux atau gerd merupakan salah satu kondisi yang menyebabkan seseorang merasa mual mual meskipun jarang sekali hingga tahap muntah. Kondisi ini kerap kali terjadi, ketika asam lambung naik ke kerongkongan disertai sisi perut akan memberikan sensasi terbakar atau burn hear dan memicu rasa mual-mual pada penderitanya. 

Sehingga ketika sebelumnya kamu pernah memiliki riwayat gerd atau saman lambung, kemudian tiba-tiba kondisi tubuh sering kali mual disertai burn heart. Maka bisa jadi penyebabnya adalah gerd tidak selalu karena kehamilan. 

Infeksi

Infeksi merupakan salah satu merupakan kondisi yang dapat menyebabkan seseorang mengalami efek mual tapi tidak muntah, yang kerap kali diduga karena kehamilan. Infeksi pada saluran pencernaan umumnya disebabkan karena keracunan makanan hingga virus. Hal inilah yang akan menyebabkan timbulnya rasa mual-mual yang ekstrim. 

Keracunan makanan sendiri kerap kali terjadi ketika seseorang mencerna makanan maupun minuman yang memiliki kandungan toksin, bakteri, viru misalnya salmonella dan escherichia coli. Virus pada saluran pencernaan sendiri adala norovirus dan rotavirus. Ini salah satu penyebab mual tapi tidak muntah. 

Maag

Maag bisa disebabkan karena adanya luka di area perut atau selaput pada usus kecil. Maag ini bisa terjadi tanpa kamu rasakan atau duga sebelumnya. Dampak dari maag ini akan memberikan sensasi terbakar dan mual secara tiba-tiba. Sehingga ketika kamu mengalami mual tiba-tiba perlu diingat, mungkin saja karena kamu maag, tidak selalu kehamilan.

Pola Makan Yang Salah

Bagi kamu yang memiliki kebiasan makan dengan pola yang tidak baik atau salah, seperti makanan pedas dan tinggi lemak dapat mengganggu sistem pencernaan yang memicu rasa mual secara ekstrim. Awalnya rasa mual ini hanyalah biasa, namun seiring berjalanya waktu dan pola makan yang salah dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan mual yang ekstrim hingga muntah-muntah. 

Stress

Kemudian salah satu penyebab seseorang mual selain karena hamil adalah kondisi mental yang tidak baik, seperti stress. Hal ini umumnya akan berkaitan dengan gastritis yang mana merupakan peradangan pada area dinding perut. Penyakit fisik ini sendiri memiliki berbagai macam faktor. 

Ketika kamu mengalami stress karena tekanan lingkungan kerja, perkuliahan atau lingkungan pertemanan maka, semnetara jauhi konsumsi makanan yang tidak baik. Yaitu makanan pedas, asam, berkafein tinggi, karena justru akan membuat kondisi stress kamu memicu rasa tidak nyaman dan mual diare perut. 

Migrain

Terakhir adalah migrain, yang aman merupakan salah satu kondisi sakit di area kepala yang dapat menyebabkan mual hingga muntah-muntah. Adanya tekanan atau rasa sakit pada area syaraf di kepala ini akan menghasilkan sensasi yang tidak karuan. Karena selai efek yang berputar-putar kepala kamu akan terasa berat. Hal inilah yang akan menyebabkan kamu mengalami mual yang ekstrim hingga muntah. 

Demikian pembahasan mengenai berbagai faktor yang menyebabkan mual tapi tidak muntah dan bukanlah tanda hamil. Dengan mengetahui berbagai faktor dan penyebabnya kamu tidak akan melakukan self diagnosis dimana kamu hamil hanya karena mual namun tidak muntah.

Alangkah baiknya untuk langsung melakukan tes kehamilan jika dikira kamu mengalami kondisi mual namun tidak memiliki keluhan kesehatan yang sudah kamu bahas diatas. Karena dengan begitu kamu dapat mengetahui secara langsung kondisi kesehatan dan penyebab mualnya berasal.