Monday, 15 Apr 2024

Nektar Burung Kolibri yang Bagus

4 minutes reading
Thursday, 7 Dec 2023 11:29 0 58 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin kamu sudah pernah mendengar jenis burung kolibri dan jenis burung yang satu ini terkenal sebagai burung pemakan nektar, ada juga yang bertanya nektar burung kolibri yang bagus dan untuk mengetahuinya bisa dengan simak ulasan di bawah ini dengan seksama.

Burung kolibri sendiri merupakan salah satu spesies burung sangat populer di kalangan para pecinta burung kicau mania, burung kolibri sendiri yaitu jenis burung penghisap dan biasanya burung ini akan menghisap madu atau nektar yang ada pada bunga.

Burung kolibri adalah jenis burung kecil dengan memiliki panjang sekitar 6,-12 cm sudah termasuk dengan ekor dan paruhnya, dengan berat badannya kebanyakan sekitar 6,5 gram hingga 12-14 gram untuk spesies lebih besarnya dan burung kolibri raksasa bisa mencapai berat 19-21 gram dengan tingginya tidak lebih dari 2.25 inci.

Dengan memiliki ukuran tubuh yang kecil sehingga telur yang dimiliki burung yaitu hanya sebesar kacang polong dan lebih kecil dari telur burung puyuh, ditambah lagi burung kolibri ini memiliki warna bulu tubuh yang sangat cerah.

Biasanya sebagian besar burung kolibri ini hidup atau bisa ditemukan di seluruh Amerika Utara dan Amerika Selatan, namun yang paling banyak ditemukan di daerah tropis yaitu seperti Indonesia serta subtropis yaitu dataran China dan jenis burung yang satu ini yaitu penerbang ulung dengan memiliki gerakan sayap yang sangat cepat.

Burung kolibri memiliki suara kicau sangat khas dan merdu sehingga tidak heran jika banyak yang menyukainya burung yang satu ini, bahkan tidak sedikit orang yang memilih untuk memelihara jenis burung kolibri sebagai hewan peliharaannya dirumah.

Bahkan tidak hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan namun burung kolibri juga yang kerap dijadikan sebagai burung kicau yang hebat dan juga berkualitas, walaupun memiliki ukuran tubuh yang kecil dan mungil namun menjadikan burung tersebut sangat handal dalam urusan terbang.

Burung kolibri dengan aneka warna bulu yang indah ini yang bisa bergerak ke atas dan juga ke bawah dengan cepat, dimana gerakan seperti ini bahkan sulit untuk dilakukan oleh jenis burung yang lainnya, manuver terbang burung ini yang bisa dilakukan di tempat sama dalam beberapa menit.

Tidak hanya itu saja burung kolibri juga yang bisa terbang dengan gerakan ke samping, mundur, ke bawah hingga ke atas, bahkan dalam sekejap burung tersebut dengan sayap lenturnya yang bisa berpindah dari satu pohon ke pohon lainnya.

Tentu saja hal ini bisa dilakukan karena burung kolibri yang mampu mengepakkan sayap sebanyak 80 kali per detiknya, dan untuk umur burung kolibri biasanya bisa hidup kurang lebih selama 3 hingga 4 tahun sesuai dengan perawatan yang diberikannya, untuk makanan utama burung kolibri sendiri yaitu nektar bunga termasuk juga agas dan nyamuk.

Nektar dari bunga sendiri merupakan sumber makanan bergizi untuk burung kolibri, jumlah sukrosa besar di dalam nektar bisa memberikan energi diperlukan untuk metabolisme, bergerak dengan energik dan terbang cepat serta dapat memasok air dibutuhkan oleh burung kolibri.

Dengan memakan nektar yang bisa membuat burung kolibri mendapatkan asupan energi dengan kalori tinggi, energi tersebut yang tentunya sangat berguna untuk menunjang gerakan burung kolibri yang super cepat.

Burung kolibri makan biasanya dengan cara memasukkan paruhnya ke dalam kelopak bunga lalu mereka akan menjilati nektar yang terdapat di dalamnya, dan burung kolibri juga yang bisa makan dengan kecepatan yaitu sekitar 10 hingga 15 jilatan per detiknya dan bahkan bisa makan pada saat ia terbang.

Dimana burung kolibri yang mempunyai metabolisme tinggi dan juga membutuhkan energi yang banyak untuk bisa mempertahankan kepakan sayap yang cepat, akibatnya mereka harus mengkonsumsi gula setengah dari berat badan pada setiap harinya.

Dengan kehandalan terbang yang bisa menjadikan burung kolibri ini yang suka bermigrasi ke tempat jauh untuk bisa mencari sumber makanan dan juga tempat bertelur.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai nektar burung kolibri yang bagus yaitu nektar bunga bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.