Monday, 15 Apr 2024

Apakah Nyamuk Mengalami Metamorfosis?

4 minutes reading
Monday, 29 Jan 2024 15:26 0 52 Muti Karya

Nesiaverse.com – Apakah nyamuk termasuk golongan hewan yang mengalami metamorfosis? Jika iya, termasuk kategori atau jenis metamorfosis sempurna atau tidak sempurna? Metamorfosis adalah salah satu tahap proses pembentukan yang dialami hewan sejak menetas dari telur menjadi dewasa. 

Sehingga seluruh tahapan perubahan yang dialami oleh makhluk hidup selama masa hidupnya itu disebut siklus hidup. Dimana setiap hewan tentunya memiliki tahapan atau fase dalam siklus hidup yang berbeda-beda. Tahapan-tahapan tersebutlah yang dinamakan metamorfosis.

Berdasarkan pada proses perubahan bentuk tubuh, siklus hidup hewan terbagi menjadi siklus hidup tanpa metamorfosis, siklus hidup bermetamorfosis. Kemudian, apakah nyamuk mengalami metamorfosis juga?

Apakah Nyamuk Mengalami Metamorfosis?

Apakah Nyamuk Mengalami Metamorfosis?

Insecta atau serangga selama masa pertumbuhannya adalah dari telur hingga dewasa, dimana mengalami tahap perkembangan yang disebut dengan metamorfosis. Metamorfosis yakni perubahan bentuk yang terjadi secara bertahap hingga ke tahap dewasa.

Pada serangga sendiri, metamorfosa ini dibedakan menjadi dua jenis, yakni metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Nyamuk merupakan salah satu serangga yang termasuk ke dalam ordo Diptera atau lalat sejati. Apakah nyamuk mengalami metamorfosis? Iya, nyamuk mengalami proses metamorfosis dan termasuk metamorfosis sempurna karena melalui 4 tahapan. 

Dilansir dari United States Environmental Protection Agency, yaitu semua spesies nyamuk melewati empat tahap berbeda dalam metamorfosa, yakni sebagai berikut :

  • Telur : menetas ketika terkena air
  • Larva: hidup di air, dengan ganti kulit sebanyak beberapa kali dan sebagian besar spesies akan muncul ke permukaan untuk menghirup udara
  • Pupa: Tidak memberikan makanan, tahap ini sebelum muncul sebagai hewan dewasa
  • Dewasa: Nyamuk dewasa yang dapat terbang dalam waktu singkat, setelah kemunculan dan setelah bagian tubuhnya mulai mengeras. 

Sementara metamorfosis tidak sempurna ini, karena hewan tersebut hanyalah melewati dua tahapan saja atau 3 tahapan yaitu telur menjadi nimfa atau muda kemudian menjadi imago atau dewasa. Selain itu tidak ada perubahan dalam fungsi satu organ. 

Semenatara metamorfosis sempurna sendiri melalui keempat tahap diatas dan akan merubah bentuk hewan yang memiliki perbedaan jauh dari bentuk awalnya yaitu telur. 

Empat tahapan pertama metamorfosis nyamuk sendiri terjadi di air, namun serangga dewasa adalah serangga terbang yang aktif. 

Sehingga, hanya nyamuk betina saja yang menggigit dan menghisap darah manusia atau hewan lainnya. Setelah nyamuk betina ini memakan darah maka ia akan langsung bertelur di dekat air, tahan dan di dasar beberapa tanaman. 

Telur

Tahapan pertama siklus nyamuk dimulai dari telur, dimana hal ini merupakan fase awal metamorfosis sempurna. Tempat bertelur nyamuk ini berada di tempat-tempat atau lokasi yang mungkin terisi air, sehingga aman dan terhindar dari serangan predator atau pemangsa. 

Kemudahan meskipun membutuhkan air, telur nyamuk nantinya akan bertahan dalam kondisi yang kering, selama beberapa bulan lamanya. Jika telur berada diluar air, maka dapat dipastikan jika telur nyamuk ini akan mati dan mengalami kerusakan. 

Kemudian, telur akan menetas di air dan larva nyamuk akan muncul. Perlu kamu ketahui bahwa lamanya waktu telur menetas ini dipengaruhi oleh berbagai macam hal, mulai dari suhu air, jenis makanan hingga jenis nyamuknya. 

Larva atau Jentik

Larva yang hidup di air atau jentik-jentik nyamuk ini disebut dengan tempayak, makan dan mengalami perkembangan ini akan menjadi 3 tahap dari metamorfosis nyamuk yang disebut dengan pupa. Pupa juga hidup di air namun tidak lagi makan. 

Pupa

Akhirnya, nyamuk akan keluar dari pupa atau kepompong setelah melewati 2 hari hingga satu minggu lamanya, hal ini bergantung pada kondisi lainnya. Metamorfosis sendiri bergantung pada kondisi lainnya, namun umumnya berlangsung selama 4 hari hingga 1 bulan lamanya.

Imago atau Nyamuk Dewasa

Nyamuk dewasa akan muncul ke permukaan air dan akan mulai terbang untuk memulai siklus hidupnya yang baru. Karena tahap satu ini maka nyamuk masuk kategori hewan yang mengalami metamorfosis sempurna.

Itulah daur hidup dari nyamuk, yang sesuai penjelasan diatas sebelumnya jika nyamuk termasuk hewan yang mengalami proses metamorfosis. Nyamuk sendiri termasuk yang menjalani proses metamorfosis sempurna karena melewati 4 tahapan fasenya.