Thursday, 18 Jul 2024

5 Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat

4 minutes reading
Tuesday, 8 Aug 2023 02:18 0 247 Muti Karya

Nesiaverse.com – Olahraga  tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, namun juga membantu untuk menurunkan berat badan berat badan dalam waktu singkat. Olahraga menjadi salah satu faktor yang berperan ketika seseorang ingin menurunkan berat badan. 

Olahraga merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas fisik yang memang identik untuk membakar lemak dalam tubuh. Namun, olahraga juga bisa untuk menjaga juga meningkatkan berat badan seseorang. Hal ini dilakukan guna untuk mendapatkan berat badan agar tetap ideal. Selain nutrisi dari makanan,kamu juga harus memperhatikan jenis olahraga yang kamu gunakan. 

Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat

Memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan banyak orang. Hal ini tidak selalu berkaitan dengan penampilan saja, namun juga menurunkan berat badan seseorang akan terhindar dari resiko penyakit lainnya. Maka, tidak sedikit orang yang ingin menurunkan berat badan melakukan diet dan intensitas olahraga yang ditambah. 

Begitupun dengan mereka yang ingin menambahkan berat badan, mereka akan memperhatikan nutrisi pada makanan yang dikonsumsinya. Selain itu kegiatan olahraga juga ada yang membantu untuk menaikan berat badan, hanya saja memang intensitasnya lebih lama, dibandingkan dengan seseorang yang berolahraga untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat. 

Berikut kami sudah merangkum jenis olahraga yang harus diperhatikan untuk menurunkan berat badan dalam intensitas waktu yang singkat. 

Jalan Kaki

Jalan kaki menjadi olahraga yang sangat bagus untuk menurunkan berat badan, dan juga olahraga satu ini sangat mudah untuk dilakukan. Kamu juga tidak memerlukan pakaian khusus untuk berjalan kaki. Selain itu aktivitas olahraga berjalan kaki ini bisa kamu lakukan kapan saja. Jalan kaki selama 30 menit dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. 

Kamu bisa membuat target untuk menurunkan berat badan dengan cara berjalan kaki setiap harinya secara rutin. Dalam sebuah penelitian berjalan kaki selama 30 menit dapat membakar setidaknya 167 kalori tubuh. Dengan begitu dengan melakukannya akan mudah bagi kamu untuk membakar banyak kalori dalam tubuh yang berlebihan.

Jogging

Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat

Jogging juga menjadi salah satu olahraga yang sering kali menjadi rekomendasi olahraga yang dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Jogging dapat membantu kamu membakar kalori sekitar 300 hingga 370 kalori dalam 30 menit. Tentukan banyaknya kalori yang terbakar berdasarkan pada intensitas dan kecepatan yang kamu raih. 

Jogging tidak membutuhkan peralatan khusus, kamu hanya perlu berpakaians ecara nyaman saja. Lakukan di ruang terbuka tentunya, namun jika kamu memiliki treadmill kamu bisa memanfaatkanya. Jika kamu melakukan kegiatan jogging secara rutin maka kamu akan mudah untuk membakar kalori lemak setiap harinya. Sehingga penurunan berat badan bisa kamu raih.

Bersepeda

Bersepeda juga masuk dalam kategori olahraga yang bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan menjadi lebih menyenangkan lagi. Bagi kamu yang malas bersepeda keluar kamu bisa menggunakan sepeda statis yang biasa terdapat di tempat gym. Bersepeda di luar ruangan selama 30 menit juga mampu membakar 230 hingga 280 kalori.

Selain untuk mengurangi berat badan, melakukan kegiatan bersepeda setiap ahrinya akan meningkatkan kesehatans ecara meneylurh. Kamu akan terhindar dari ancaman risiko penyakit kanker, penyakit jantung hingga penyebab kematian lainnya. Lakukanlah kegiatan bersepeda secara rutin guna mendapatkan hasil yang sempurna. 

Interval Training

5 Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat

Interval training disebut juga dengan High Intensity interval training atua HIIT. Olahraga ini adalah istilah bagi olahraga kardio intens untuk membakar kalori dalam waktu yang singkat. Umumnya latihan HIIT sendiri dilakukan selama 10 hingga 30 menit. Dalam sebuah studi yang dikutip dari Journal of Strength and Conditioning Research pada tahun 2015, dikatakan bahwa HIIT mampu membakar jumlah kalori dengan persentase 25 hingga 30% kalori daripada latihan beban, jogging dan bersepeda.

HIIT sendiri akan membantu kamu untuk mengecilkan perut yang buncit baik pada wanita maupun pria. Dalam melakukan olahraga penurun berat badan HIIT, kamu akan mendapatkan penurunan berat badan yang cepat, namun kamu butuh ketahan tubuh yang lebih prima lagi. Kamu bisa melihat video tutorial dalam melakukan HIIT di youtube. 

Senam Aerobik 

5 Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat

Senam aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang akan meningkatkan denyut jantung dan pernapasan selama kamu berolahraga. Gerakan senam aerobik akan bekerja untuk membakar kalori dan membantu untuk mengendalikan berat badan dengan cepat. Dalam sebuah penelitian di jurnal Obesity, kamu bisa mengendalikan berat badan dengan melakukan senam aerobik. 

Senam aerobik memiliki banyak manfaat selain untuk menurunkan berat badan. Pasalnya senam aerobik juga dapat menyehatkan sistem pernapasan, meningkatkan kesehatan jantung, kesehatan ginjal dan melakukan penurunan berat badan yang baik bagi penderita obesitas. Maka, senam aerobik bisa kamu coba untuk menurunkan berat badan dengan baik.

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis olahraga untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. Kamu bisa mencoba dan mempraktekan salah satu jenis olahraga diatas sesuai dengan kebutuhan kamu.