Thursday, 20 Jun 2024

Olahraga yang Baik Untuk Jantung dan Paru-Paru

6 minutes reading
Monday, 2 Jan 2023 18:13 0 321 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Semua orang pastinya sudah tahu dengan melakukan olahraga atau aktivitas fisik ini yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satu manfaat dari olahraga yaitu baik untuk jantung dan paru-paru lalu apa saja jenis olahraganya kamu bisa mengetahuinya dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Olahraga yang merupakan salah satu kegiatan latihan fisik yang sangat baik untuk kesehatan tubuh yang dimulai dari mengurangi penumpukan lemak di tubuh, meningkatkan mood dan juga membantu dalam memperkuat jantung dan juga paru-paru.

Pada saat tubuh aktif secara fisik maka dengan begitu jantung dan juga paru-paru yang akan bekerja lebih keras untuk dapat mensuplai oksigen tambahan yang dibutuhkan oleh otot, sehingga dengan begitu oto akan lebih kuat beserta dengan jantung dan juga paru-paru.

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu atau penasaran apa saja jenis olahraga yang baik untuk jantung dan paru-paru, nah untuk kamu yang ingin tahu maka dibawah ini terdapat beberapa jenis olahraga yang bisa kamu coba.

Olahraga yang Baik Untuk Jantung dan Paru-Paru

Olahraga yang Baik Untuk Jantung dan Paru-Paru

Jantung dan juga paru-paru yang merupakan dua organ yang sangat vital memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan setiap orang, jika dalam dua organ ini yang memiliki masalah maka akan menimbulkan dampak yang sangat serius untuk kesehatan tubuh.

Sehingga dengan demikian untuk menjaga jantung dan paru-paru yang sangat penting agar tetap sehat dan bugar sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit yang mematikan, salah satu caranya yaitu dengan melakukan aktivitas olahraga.

Dimana olahraga yang memang terbukti bisa membantu dalam memperkuat otot jantung, memicu paru-paru untuk bekerja keras dalam memasok oksigen tambahan yang dibutuhkan otot, dan juga menjaga berat badan agar tetap stabil.

Untuk melakukan olahraga ini kamu bisa dengan melakukan dalam intensitas selama 150 menit per minggunya atau dalam 75 menit per minggu untuk melakukan olahraga intensitas berat, yang artinya kamu dapat berolahraga sebanyak 5 kali selasa 30 menit dalam perharinya.

Nah sehingga untuk kamu yang ingin tahu dengan olahraga yang baik untuk jantung dan paru-paru, maka dibawah ini ada beberapa jenis olahraga yang bisa kamu coba dan lakukan untuk menjaga jantung dan paru-paru tetap sehat.

Yoga

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan juga paru-paru, hal ini karena yoga  yang merupakan bentuk latihan kebugaran jasmani yang akan menggabungkan meditasi, latihan pernapasan dan juga gerakan fisik.

Dimana dengan latihan pernapasan dengan melakukan yoga selain baik untuk paru-paru namun akan membantu merangsang nervus parasimpatis, menjadi lebih rileks dan juga membantu untuk mengatasi keluhan jantung berdebar.

Berjalan Kaki

Ternyata olahraga jenis yang satu ini menjadi salah satu olahraga yang baik untuk jantung dan paru-paru yang bisa kamu coba dan lakukan, dimana dengan jalan kaki yang terutama jalan cepat yang menjadi cara yang bagus untuk memperkuat jantung serta paru-paru.

Dengan melakukan jalan kaki cepat yang dapat meningkatkan detak jantung dan juga dapat mempermudah persendian dan untuk jenis olahraga ini yang bisa dilakukan kapan saja, dimana saja dan juga low budget.

Aerobik

Aerobik yang merupakan salah satu olahraga o yang baik untuk jantung dan paru-paru, dimana olahraga ini yang bisa membantu dalam membuat laju pernapasan dan juga detak jantung menjadi lebih kencang sehingga dengan melakukan aerobik yang akan membantu meningkatkan kekuatan pada jantung dan juga paru-paru.

Selain itu bisa membantu mengontrol gula darah di dalam tubuh, dengan melakukan aerobik secara rutin maka akan membantu sirkulasi darah yang akan meningkat dan ini membantu menurunkan tekanan darah dan juga detak jantung.

Senam Zumba

Senam zumba yang merupakan salah satu jenis olahraga yang terinspirasi dari gerakan tarian yang berasal dari Amerika Latin, dimana senam zumba yang ternyata menjadi olahraga yang baik untuk jantung dan paru-paru yang bisa kamu coba dan lakukan.

Dengan melakukan senam zumba yang secara rutin maka dapat membantu meningkatkan kebugaran di dalam sistem kardiovaskular, selain itu juga olahraga jenis ini yang bisa menjadi pilihan untuk wanita yang memiliki risiko tinggi akan terkena penyakit kardiovaskular.

Berenang

Olahraga yang baik untuk jantung dan paru-paru yang selanjutnya yaitu dengan berenang, dimana berenang ini yang merupakan salah satu olahraga favorit kebanyakan orang yang memiliki manfaat untuk kesehatan yaitu dapat menjadi full body workout memperkuat tubuh, untuk kesehatan jantung dan juga paru-paru.

Olahraga jenis berenang ini yang tidak hanya membebani persendian dan juga akan memungkinkan kamu untuk menggerakan seluruh tubuh tanpa merasakan sakit, selain itu juga bisa membantu dalam melatih pernapasan hal ini karena di dalam air nantinya akan menahan napas.

Weight Training

Weight Training yang merupakan salah satu jenis olahraga latihan angkat beban yang akan membantu untuk meningkatkan kekuatan pada otot dan juga membantu menghilangkan lemak yang menumpuk, namun selain juga olahraga jenis ini yang bisa meningkatkan kesehatan untuk jantung dan juga paru-paru.

Dimana untuk melakukan jenis olahraga weight training tidak haru pergi ke gym kamu juga bisa dengan melakukannya di rumah yaitu dengan berlatih melakukan pull up, push up, squat dan juga yang lainnya.

Stretching

Stretching atau peregangan yang merupakan salah satu olahraga yang baik untuk jantung dan paru-paru, dimana untuk jenis olahraga yang satu ini yang memiliki tujuan untuk membantu dalam meregangkan otot sebelum melakukan aktivitas atau berolahraga.

Dimana penelitian yang telah menunjukan bahwa untuk jenis olahraga peregangan ini yang bisa membantu dalam meningkatkan aliran darah dan juga membantu untuk menjaga kesehatan jantung, selain itu juga berbagai jenis stretching yang dapat membantu dalam menurunkan resiko terjadinya serangan jantung dan juga stroke.

Bersepeda

Olahraga yang baik untuk jantung dan paru-paru yang terakhir yaitu dengan melakukan bersepeda dengan memiliki manfaat untuk membantu dalam mengurangi risiko penyakit jantung, selain bermanfaat bersepeda juga menjadi salah satu hal yang sangat menyenangkan.

Pada saat melakukan bersepeda kamu yang akan menggunakan otot besar kaki dan ini yang akan membantu dalam meningkatkan detak jantung, selain itu juga untuk jenis olahraga ini juga yang sangat baik dalam meningkatkan kesehatan mental.

Dengan melakukan semua jenis olahraga yang terdapat diatas yang dapat kamu lakukan secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang baik untuk memperkuat jantung dan juga paru-paru, dimana manfaatnya diantaranya membantu memperkuat jantung dengan menyeluruh, meningkatkan kekuatan tubuh, menurunkan tekanan darah.

Selain itu juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, mengurangi resiko berbagai macam penyakit, mempertahankan berat badan ideal, mengelola stres, meningkatkan kualitas tidur dan masih banyak lagi manfaat lainnya dari melakukan berbagai jenis olahraga diatas.

Mungkin hanya itu saja beberapa olahraga yang baik untuk jantung dan paru-paru yang bisa kamu coba dan lakukan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.