Saturday, 22 Jun 2024

10 Oleh-Oleh Khas Jakarta Yang Kekinian dan Tahan Lama

7 minutes reading
Sunday, 13 Nov 2022 23:42 0 553 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pada saat berwisata atau liburan pastinya akan teringat dengan oleh-oleh dan untuk berwisata ini yang sebenarnya tidak harus dilakukan di luar negeri saja, kamu juga bisa dengan berwisata ke tanah air sendiri karena memang Indonesia yang terdapat banyak tempat wisata yang dapat kamu kunjungi dan salah satunya ke Jakarta jika kamu ingin tahu apa saja oleh-oleh khas Jakarta kekinian yu simak ulasannya dibawah ini.

Jakarta sebagai ibu kota pastinya tersedia banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan tempat ini yang cukup banyak diminati oleh wisatawan, selain tempat wisata Jakarta juga yang terdapat berbagai macam makanan, minuman atau barang yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jakarta kekinian untuk keluarga, teman atau pacar pada saat berkunjung ke tempat yang satu ini.

Penasaran bukan apa saja yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jakarta kekinian pada saat kamu berkunjung atau jalan-jalan di ibu kota, untuk mengetahuinya agar tidak bingung kamu bisa dengan simak ulasannya dibawah ini.

Oleh-Oleh Khas Jakarta Yang Kekinian dan Tahan Lama

Pada saat kita berwisata atau berkunjung ke suatu tempat seperti ke Jakarta  pastinya tidak akan lengkap jika kita tidak membawakan oleh-oleh khas Jakarta, tersedia cukup banyak pilihan produk yang bisa dijadikan oleh-oleh dimulai dari kuliner hingga dengan barang unik yang kekinian.

Kamu juga bisa menemukan berbagai produk tersebut dengan mudah karena untuk berbagai cenderamata tersebut yang sudah tersedia di pusat Jakarta, nah jika kamu bingung apa saja yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jakarta kekinian maka berikut dibawah ini beberapa rekomendasi yang bisa menjadi pilihan kamu.

Keripik Aneka Buah

10 Oleh-Oleh Khas Jakarta Yang Kekinian dan Tahan Lama

Oleh-oleh khas Jakarta kekinian yang berupa makanan ringan atau cemilan kamu bisa dengan membeli keripik aneka buah yang bisa diberikan kepada keluarga, teman atau pacar, dimana pada umumnya keripik yang menggunakan bahan kentang atau singkong namun di Jakarta tersedia keripik dengan aneka buah.

Keripik aneka buah ini yang biasanya terbuat dari buah apel, nanas, salak pondoh, nangka, mangga, pisang dan juga bagian buah yang lainnya, selain itu juga keripik aneka buah ini yang menawarkan berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan dan dikemas dengan rapat sehingga amet jika dibawa pulang dan tentunya akan tetap renyah.

Dodol Betawi

10 Oleh-Oleh Khas Jakarta Yang Kekinian dan Tahan Lama

Jakarta terkenal dengan dodol Betawinya dengan memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya manis dan gurih, pembuatan dodol Betawi ini yang menggunakan ketan putih namun untuk sekarang dodol yang bisa dibuat dengan menggunakan ketan hitam dan bahkan durian dan makanan ini awet dengan harga yang murah.

Dodol Betawi yang dikemas dengan praktis sehingga dengan begitu dodol ini yang bisa dijadikan sebagai cemilan kecil yang dapat dibawa kemanapun, dengan memakan dodol yang ternyata bisa mengisi perut dan mengganjal pada saat kamu merasa lapar sejenak.

Roti Buaya

Jika berbicara dengan mengenai makanan khas Jakarta makanan bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Jakarta kekinian yang bisa kamu pilih yaitu ada roti buaya, sesuai dengan namanya roti ini yang dibuat dengan berbentuk buaya dan biasanya untuk roti buaya ini yang digunakan untuk seserahan dari pengantin pria ke pengantin wanita.

Dimana roti buaya ini yang memiliki rasa yang manis dan gurih dengan berbagai varian rasa, untuk penggunaan desainnya menggunakan bentuk buaya yang terinspirasi dari pendapat orang Betawi yaitu mengatakan jika buaya yang hanya menikah sekali seumur hidup sehingga roti buaya ini yang dianggap oleh orang Betawi sebagai lambang kesetiaan.

Bir Pletok

10 Oleh-Oleh Khas Jakarta Yang Kekinian dan Tahan Lama

Selain makanan kamu juga bisa memilih minuman yang menjadi pertimbangan dalam memilih oleh-oleh khas Jakarta kekinian ini, dimana bir pletok ini walaupun disebut sebagai bir namun sebenarnya minuman ini yang tidak beralkohol malah minuman ini yang terbuat dari rempah-rempah alami yang khas dari Betawi.

Karena bir pletok ini yang terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, serai dan lainnya sehingga bisa menyehatkan badan, dimakan minuman ini yang mempunyai khasiat untuk meredakan masuk angin, flu dan juga pegal-pegal sehingga bir pletok ini bisa menjadi pilihan untuk oleh-oleh kamu bisa membelinya dalam bentuk serbuk atau botol.

Miniatur Monas

10 Oleh-Oleh Khas Jakarta Yang Kekinian dan Tahan Lama

Ikon utama dari Jakarta yaitu monas atau monumen nasional pastinya sudah tidak asing lagi dengan ikon yang satu ini dengan tugu tinggi dilengkapi dengan api emas di atasnya, dimana dengan letak tugu ini berdiri yang menjadi salah satu landmark terpopuler di ibu kota.

Miniatur monas ini yang bisa menjadi salah satu bahan perimbangan untuk oleh-oleh khas Jakarta kekinian pada saat kamu berkunjung ke tempat ini, dimana biasanya untuk miniatur monas ini yang terbuat dari kayu, plastik, fiberglass dan juga yang lainnya dan miniatur monas ini yang bisa dijadikan sebagai pajangan di rumah.

Boneka Abang None

Boneka abang none bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas Jakarta kekinian dan abang none ini juga bisa dikasih kepada pacar atau mungkin sebagai hiasan dirumah saja, dimana abang none sendiri yang merupakan sebutan untuk sepasang pria dan wanita dan biasanya kamu bisa mendengar istilah nama ini yang biasanya disebutkan dalam promosi pariwisata.

Dimana boneka abang none ini yang tidak hanya sekedar ikon sepasang dengan didesain menggunakan busana tradisional khas Betawi sehingga membuat boneka ini yang disebutnya sebagai abang none karena menjadi salah satu ikon Jakarta yang desainnya memperkenalkan busana khas daerahnya.

Topeng Ondel-Ondel

Oleh-oleh khas Jakarta kekinian yang selanjutnya kamu bisa dengan berupa benda yang bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan yaitu salah satunya dengan membeli topeng ondel-ondel yang merupakan ikon untuk masyarakat Betawi, dimana untuk boneka raksasa ini yang pada umumnya digunakan dalam pesta-pesta rakyat.

Walaupun hal ini yang merupakan tradisi lama tetapi untuk boneka raksasa ini yang masih bisa kamu temukan di ibu kota, karena boneka ini  yang memiliki ukuran yang besar maka kamu bisa dengan membeli topeng ondel-ondel sebagai oleh-olehnya, dimana dalam pernak pernik di Jakarta ternyata topeng ondel-ondel ini yang menjadi salah satu pilihan utama untuk  para wisatawan dan ini sangat cocok untuk oleh-oleh kepada sang pacar karena topengnya yang berpasangan.

Kaos Jakarta

Kaos Jakarta juga bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Jakarta kekinian yang bisa kamu pilih untuk dibagikan kepada keluarga, teman atau pacar kamu, dimana pada setiap wilayah seperti di Bali, Jogja dan juga yang lainnya pastinya memiliki pakaian yang khas dari kota itu sendiri dan salah satunya kaos Jakarta.

Sama seperti kaos yang lainnya dimana kaos Jakarta ini yang pada dasarnya kaos oblong yang ditambahkan dengan tulisan dan juga gambar di bagian tengahnya, hal yang membedakannya yaitu dari tulisan dan juga gambarnya dan untuk di Jakarta yang menggunakan gambar tugu monas dan juga yang lainnya khas Jakarta.

Kebaya Betawi

Kebaya Betawi menjadi salah satu oleh-oleh khas Jakarta kekinian untuk kamu yang ingin membeli pakaian dengan menunjukan kekhasan Jakarta, karena Jakarta yang terkenal dengan kebaya Batak Nya dimana untuk kebaya betawi ini yang berbeda dengan kebaya pada kota yang lain yang ada di Indonesia.

Dimana kebaya Betawi yang memiliki karakteristik utamanya yaitu dengan bentuknya lebih sederhana, namun terlihat sederhana kebaya Betawi ini yang mempunyai rupa yang sangat elegan, selain itu juga kamu bisa menggunakan kebaya Betawi ini dengan memadukannya dengan macam-macam bawahan dan akan tetap serasi.

Kaleng Kerupuk

Terakhir ada kaleng yang bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Jakarta kekinian mungkin kamu awalnya akan merasa aneh dengan oleh-oleh yang satu ini, namun sebenarnya kaleng kerupuk yang dimaksud yaitu sebening dari Jakarta yang unik dan bahkan kaleng kerupuk ini juga sangat populer di kalangan para wisatawan.

Dimana kaleng kerupuk ini yang dibuat lebih kecil dari biasanya dan diisi dengan berbagai macam permen dan snack yang jadul, hal ini bertujuan agar para wisatawan bisa bernostalgia dengan panganan pada jaman dulu, sehingga dengan begitu kaleng kerupuk yang bisa menjadi oleh-oleh yang sangat unik  dan menarik.

Mungkin hanya itu saja beberapa oleh-oleh khas Jakarta kekinian yang bisa kamu pilih dan kasih kepada teman, keluarga atau pacar kamu pada saat kamu berkunjung ke Jakarta, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.