Monday, 17 Jun 2024

6 Pakan Untuk Burung Kenari Mabung

6 minutes reading
Thursday, 5 Oct 2023 17:45 0 187 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Memberikan pakan pada saat burung kenari sedang dalam proses mabung menjadi salah satu hal yang wajib dan perlu kamu perhatikan, untuk itu kamu harus mengetahui dengan beberapa jenis makanan atau pakan untuk burung kenari saat mabung dan untuk mengetahuinya bisa dengan simak penjelasannya disini.

Dimana perawatan burung kenari yang sedang mabung atau proses pergantian bulu yang merupakan suatu siklus normal pada setiap jenis burung termasuk burung kenari, pada saat pergantian bulu yang lama ke bulu yang baru yang terjadi secara periodik.

Tentu saja selama proses mabung terjadi burung kenari ini yang akan memerlukan banyak energi dan juga vitamin terutama protein yang sangat dibutuhkan, minimal sejumlah 1/4 dari total protein yang ada di dalam tubuh untuk membantu menghasilkan bulu yang baru lebih baik dan juga kuat.

Ciri-Ciri Burung Kenari Mabung

Sangat penting harus kamu lakukan dalam melakukan perawatan burung kenari sedang mabung yaitu dengan memberikan protein sebagai penggantinya, namun sebelum ke pakan kenari mabung kamu juga perlu mengetahui dengan ciri-ciri dan faktor penyebab burung kenari mabung.

Ciri-ciri burung kenari mabung yaitu:

  • Burung kenari yang menjadi malas berkicau atau tidak intensitas gacor atau suaranya yang berkurang.
  • Bulu burung kenari yang banyak berjatuhan atau rontok.
  • Pada tubuh burung kenari yang terlihat tumbuh bulu-bulu muda yang baru.

Faktor penyebab burung kenari mabung yaitu:

  • Faktor alami, jika burung kenari yang telah memasuki masa mabung maka secara kodratnya bulu burung kenari yang akan rontok atau ambrol dengan sendirinya.
  • Faktor umur, burung kenari yang muda umumnya akan mulai mengalami masa proses mabung atau pergantian bulu pada umur 3-4 bulan, untuk burung kenari dewasa biasanya pada setiap 6 bulan sekali, hal ini yang tentu saja kurang dan lebihnya yang tergantung dengan faktor lainnya.
  • Faktor alam, dimana dengan memiliki cuaca yang ekstrim dan juga perubahan yang tidak menentu menjadi salah satu faktor penyebab burung kenari mabung.
  • Faktor pakan, dengan pemberian pakan yang mengandung panas berlebih yang bisa mempercepat proses mabung pada burung kenari, salah satu jenis makannya seperti biji niger seed.

Setelah kamu mengetahui dengan ciri-ciri dan juga faktor penyebab burung kenari mabung, maka selanjutnya kamu harus mengetahui dengan beberapa jenis pakan yang bagus dan aman untuk burung kenari mabung dan untuk mengetahuinya simak ulasannya disini dengan seksama.

Pakan Burung Kenari Mabung

Dimana proses mabung atau ganti bulu pada burung kenari yang akan berhasil jika pola perawatannya yang bagus dan ada beberapa makan atau pakan agar burung kenari mabung tuntas dengan memiliki bulu yang cantik dan membuat berat badan burung menjadi ideal.

Pada saat burung kenari mabung yang ternyata tidak bisa diberikan makanan dengan sembarangan dan pakan atau makanan agar burung kenari tuntas tersebut merupakan makanan extra tambahan selama proses ganti bulu, adapun untuk beberapa jenis pakan kenari mabung yaitu sebagai berikut:

Eggs Food

Eggs food merupakan salah satu jenis pakan yang baik untuk burung kenari mabung, dimana makanan ini yang sangat direkomendasikan karena memiliki kadar protein sekitar 23% pas untuk burung kenari, eggs food ini yang digunakan sebagai energy boost dan juga sumber dari biotin.

Sayuran

Pada burung kenari sedang mabung atau proses pergantian bulu maka kamu bisa dengan memberikan jenis pakan seperti sayuran yang sangat baik untuk burung kenari mabung, pastikan mereka mendapatkan asupan sayuran seperti sawi hijau, brokoli, wortel, labu, selada, gambas, sawi putih, timun dan juga beberapa sayuran hijau lainnya.

Buah-buahan

Untuk pakan burung kenari yang sedang dalam proses mabung tidak hanya diberi sayuran saja namun buah-buahan juga yang sangat penting untuk diberikan yang memiliki banyak manfaatnya, beberapa jenis buah-buahan yang baik yaitu seperti buah pir, apel, anggur dan juga lainnya.

Canary Seed

Salah satu jenis pakan kenari mabung lainnya bisa kamu berikan yaitu canary seed atau biji kenari yang tetap menjadi pakan utama, tetapi perlu kamu ingat bukan biji kenari dengan kualitas standar, upayakan agar burung kenari mendapatkan asupan pakan yang lebih baik walaupun biasanya untuk jenis pakan ini harganya yang sedikit lebih mahal.

Grit

Pakan grit juga yang ternyata harus selalu diberikan pada burung kenari yang sedang mabung, dimana grit ini yang berfungsi untuk membantu melancarkan sistem saluran pencernaan dan juga membantu dalam memenuhi kebutuhan kalsium, yodium serta untuk pembentukan tulang dan juga bulu.

Flaxseed

Jenis pakan yang baik diberikan pada burung kenari mabung yaitu flaxseed yang dimana pekan ini seperti biji bunga matahari hanya flax yang lebih mungil, biasanya memiliki warna kuning dan juga coklat, makanan ini sedikit memiliki kandungan lemak namun tidak berlebihan cukup sebagai asupan lemak burung kenari pada saat mabung.

Kamu bisa mendapatkan makanan flaxseed dan juga eggs food ini yang bisa ditemukan dengan mudah, karena memang kedua jenis pakan burung kenari ini yang biasanya banyak dijual di toko-toko atau hanya bisa kamu beli di beberapa toko online pakan burung.

Selain itu juga terdapat beberapa cara atau tips perawatan burung kenari saat mabung yaitu sebagai berikut:

  • Burung kenari di angin-anginkan di tempat yang tidak langsung menerima sinar matahari, pada saat mabung burung kenari tidak membutuhkan asupan cahaya matahari secara langsung bagi tubuh burung kenari.
  • Memberikan pakan extra fooding yang berupa sayuran hijau dan buah-buahan.
  • Menempatkan burung kenari sedang mabung di tempat sepi atau memiliki suasana tenang jauh dari keramaian agar burung kenari tenang dan aman dari gangguan binatang yang bisa mengganggu seperti anjing, kucing, tikus atau binatang yang lainnya.
  • Pada saat mabung burung kenari jangan dimandikan, pada saat kenari merontokkan bulunya dan kamu memandikannya yang akan menghambat proses mabung.
  • Memberi asupan pakan mengandung protein keratin, kadar protein jangan melebihi sekitar 30%, karena saat kadar protein tinggi akan membuat burung kenari menjadi sering bunyi dan birahi dan hal ini tidak bagus.
  • Membersihkan sangkar dan air minumnya setiap hari dan air minumnya diganti dengan yang baru lalu campurkan multivitamin dosis yang sudah ditentukan.
  • Sangkar burung kenari mabung harus dikerodong agar suhu dalam sangkar menjadi lebih stabil dan burung kenari akan menjadi lebih fokus dan tenang dalam menyelesaikan proses mabung.
  • Bisa memaster burung kenari pada saat proses mabung dengan menggunakan suara rekaman MP3 burung masteran.
  • Cukup memandikan burung kenari seminggu sekali dengan menggunakan air mandi dicampur dengan shampo yang mampu membunuh kuman dan kutu, mengandung aloe vera dapat menyuburkan serta menghaluskan bulu burung kenari.

Nah mungkin hanya itu saja untuk beberapa jenis makanan atau pakan yang baik diberikan pada burung kenari pada saat sedang mabung untuk membantu mempercepat proses mabungnya, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan juga bermanfaat selamat mencoba.