Thursday, 18 Jul 2024

10 Pakan Burung Kenari yang Bagus

6 minutes reading
Monday, 9 Oct 2023 11:26 0 196 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Walaupun sudah banyak orang yang memilih untuk memelihara burung kenari sebagai burung peliharaannya di depan rumah, namun ternyata masih banyak sebagian orang belum tahu dengan apa saja makanan atau pakan untuk burung kenari yang bagus.

Dimana selain kucing, ikan, dan anjing namun burung juga yang menjadi salah satu jenis hewan favorit kerap di pelihara untuk jenis burung yang dipelihara juga beragam dengan memiliki keunggulan yang berbeda masing-masing salah satu jenis burung banyak dipelihara yaitu burung kenari.

Hal ini karena burung kenari yang memiliki keunggulan dari seekor burung peliharaan yaitu suara kicauan yang dihasilkan yang sangat merdu dan juga memiliki warna bulu yang beragam dan indah, sehingga tidak heran jika burung kenari ini yang memiliki banyak penggemarnya terutama para pecinta burung kicau.

Jika kamu tertarik untuk mencoba memelihara burung kenari yang satu ini maka hal yang sangat penting perlu kamu ketahui yaitu pakan atau makanan untuk burung kenari yang bagus dan bisa membuatnya menjadi sehat dan juga gacor, untuk makanan burung kenari sendiri yang dapat bermacam-macam dan bisa ditemukan dengan mudah.

Memberikan makanan yang akan membantu dalam melakukan perawatan atau merawat burung kenari yang baik dan tetap terpenuhi dengan gizi dan nutrisi, untuk kamu yang belum tahu dengan jenis makanan atau pakan apa saja untuk diberikan ke burung kenari yang bagus dan untuk mengetahuinya bisa simak penjelasannya disini.

Rekomendasi Pakan Burung Kenari yang Bagus

Pakan Burung Kenari yang Bagus

Dalam merawat burung kenari yang tentu saja menjadi salah faktor agar bisa burung kenari menjadi gacor dan ngeplong salah satunya pemberian pakan yang bagus pada burung, makanan umum untuk burung kenari yaitu terdiri dari kenari seed, milet putih, merah, dan juga beragam biji-bijian yang lainnya.

Pada dasarnya burung kenari adalah jenis burung pemakan biji-bijian, sehingga dengan begitu dibuatkan makanan dari bahan biji-bijian untuk membuat burung kenari menjadi rajin berkicau dan juga sehat, adapun untuk beberapa jenis pakannya yaitu sebagai berikut:

Kroto

Salah satu jenis pakan untuk burung kenari yang bagus bisa diberikan yaitu ada kroto yang bisa membuat burung kenari menjadi lebih gacor dengan memberikan kroto seminggu sekali di selingi pemberian extra fooding menjadikan burung kenari tetap stabil gacor, kroto yang memberikan manfaat untuk burung kenari tetap sehat dan memiliki fisik bagus.

Namun sebelum memberikan kroto pada burung kenari sebaiknya untuk mengecek terlebih dahulu apakah kroto tersebut yang masih segar atau sudah berbau, karena jika sudah berbaik sebaiknya jangan diberikan pada burung kenari karena ditakutkan malah membuat burung kenari yang menjadi keracunan.

Telur Puyuh

Burung kenari yang bisa diberikan telur puyuh yang bisa membuat burung kenari menghasilkan suara yang ngeplong dan gacor sehingga telur puyuh yang termasuk ke dalam jenis pakan kenari yang bagus, manfaat telur puyuh yang cukup tinggi untuk burung karena kandungan nutrisi yang lengkap baik untuk perkembangan otak anakan burung kenari.

Selain itu juga kandungan protein dalam telur puyuh yang tinggi sebagai sumber tenaga untuk membuat burung kenari menjadi tampil lebih maksimal di perlombaan, beragam manfaat telur puyuh untuk burung kenari ini yang memang sudah tidak perlu diragukan lagi tetapi kamu harus memberikan makanan ini sewajarnya saja.

Biji-bijian

Biji-bijian yang termasuk ke dalam salah satu makanan atau pakan utama burung kenari yang bisa kamu berikan yang sangat baik dan bagus untuk burung kenari, dimana untuk beberapa biji-bijian yang baik diberikan untuk burung kenari diantaranya ada biji milet, biji sawi dan juga biji canary.

Gambas atau Oyong

Gambas atau oyong menjadi salah satu jenis pakan yang baik untuk burung kenari karena sayuran ini yang bisa membantu untuk meningkatkan kegacoran burung kenari, karena sayuran ini yang memiliki gizi dan nutrisi yang banyak dan sayuran gambas juga yang lebih sering digunakan untuk burung kenari bahan atau kenari masih ngeriwik.

Untuk burung kenari yang sedang drop atau kurang gacor maka bisa memberikan gambas ini sebagai extra fooding menjelang digantang, semua itu yang bisa disesuaikan dengan karakter burung kenari tersebut mau dilombakan jika kamu terbiasa memberikannya tidak akan ada masalah.

Buah Apel

Buah Apel menjadi salah satu jenis makanan atau pakan untuk burung kenari yang sangat bagus karena buah apel ini yang bisa membuat burung kenari menjadi lebih semangat, meningkatkan kegacoran, dan juga daya tempur yang meningkat, dengan begitu buah apel sering digunakan sebagai makanan penambah menjelang lomba karena memiliki efek yang cepat dan stabil.

Sawi atau Pakcoy

Pakan kenari yang bagus lainnya bisa diberikan yaitu ada sawi atau pokcoy yang bisa membuat burung kenari menjadi lebih rajin berkicau, selain itu sayuran ini yang sering digunakan sebagai extra fooding atau EF untuk lomba burung yang sering diberikan sayuran pakcoy akan membuat burung kenari ini memiliki fisik lebih kuat dan alunan lagu yang panjang serta mengkristal sehat.

Sayuran pakcoy dan juga  yang memiliki kandungan gizi yang banyak diantaranya ada protein, kalori, karbohidrat, lemak, kalsium, serat, besi, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, pemberian sayuran ini yang bisa diberikan seminggu sekali atau bisa juga menyesuaikan dengan karakter burung kenari tersebut.

Ulat Hongkong

Ulat hongkong menjadi salah satu makan atau  pakan untuk burung kenari yang bagus akan membuat burung kenari menjadi rajin berkicau, dimana ulat hongkong dapat menjadi solusi atau alternatif untuk kamu yang ingin memiliki burung kenari rajin berkicau dan gacor karena dengan reaksi gatal pada burung kenari setelah makan ulat hongkong membuatnya menjadi tersebut berbunyi.

Ulat hongkong juga yang dapat kamu gabungkan dengan makanan jenis yang lainnya seperti kroto atau biji-bijian, namun kamu harus selalu memperhatikan porsi makanannya jangan sampai berlebihan, karena jika berlebihan bisa menyebabkan obesitas dan burung kenari menjadi cenderung pendiam.

Tulang Sotong

Untuk pakan kenari yang bagus yaitu tulang sotong yang memiliki kandungan vitamin dan protein yang tinggi untuk membantu melengkapi kebutuhan gizi burung kenari, tentunya untuk membantu memperkuat tulang burung kenari yang akan membutuhkan kalsium.

Sehingga dengan begitu burung kenari yang akan memiliki bobot yang ideal, kandungan gizi pada tulang sorong ini yang tidak hanya terdapat kalsium saja namun terdapat mineral yang cukup tinggi sehingga akan melengkapi kebutuhan gizi burung kenari dimulai dari protein, vitamin, fosfor, mineral dan juga jenis zat lainnya.

Daun Mengkudu

Makanan atau pakan untuk burung kenari yang bagus lainnya yaitu ada daun mengkudu yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan untuk burung kenari, karena daun mengkudu yang memiliki kandungan protein dan getah yang dianggap sangat baik untuk burung kenari agar suara kicau burung kenari yang semakin mantap.

Dikarenakan daun mengkudu ini sebagai makanan pendamping sehingga ada baiknya untuk tidak memberikan daun mengkudu setiap hari, pastikan juga untuk porsi yang diberikannya tidak berlebihan pada burung kenari, karena hal ini bisa berpengaruh buruk pada burung kenari.

Egg Food

Egg food merupakan makanan yang baik dan bagus untuk anakan burung bukan untuk burung dewasa, namun sebagai burung lomba makanan eggfood ini yang diperlukan dan juga pada saat burung kenari drop, dimana egg food yang bisa kamu buat dirumah dengan mudah atau bisa juga membelinya di kios burung.

Jika ingin membuatnya kamu memerlukan telur puyuh sebagai bahan dasar egg food , apel yang dihaluskan atau serbuk, sayuran, dan tumbukan tulang sotong, semua bahan dicampurkan lalu dikeringkan dan berikan kepada burung kenari di H1 dan saat burung kenari menjelang di gantang.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa jenis makanan atau pakan untuk burung kenari yang bagus bisa kamu ketahui dan berikan sesuai dengan porsi tepat tidak berlebihan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.