Monday, 17 Jun 2024

10 Penyakit yang Bisa Dicegah Dengan Makan Apel

5 minutes reading
Saturday, 3 Dec 2022 17:54 0 159 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Ternyata dengan mengkonsumsi buah Apel secara rutin yang bisa mencegah beberapa komplikasi kesehatan, lalu apa saja penyakit yang bisa dicegah dengan makan Apel untuk mengetahuinya bisa dengan simak ulasannya di sini.

Buah Apel pastinya sudah tidak asing dengan buah yang satu ini yang memiliki rasa yang manis lezat dan juga kaya akan kandungan nutrisi didalamnya, sehingga banyak orang yang dipercaya bahwa buah Apel ini sangat baik untuk membantu menunjang kesehatan tubuh dan tentunya dapat mencegah berbagai penyakit.

Dimana tidak sedikit orang yang mengkonsumsi buah Apel ini dan bahkan sebagian orang yang makan buah Apel setiap harinya, ternyata dengan mengkonsumsi buah Apel secara rutin yang mempunyai manfaat yang sangat penting dan besar untuk kesehatan tubuh.

Terdapat banyak sekali berbagai penyakit yang dapat dicegah hanya dengan memakan buah Apel secara rutin, nah untuk kamu yang penasaran apa saja penyakit yang bisa dicegah dengan makan Apel bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Penyakit yang Bisa Dicegah Dengan Makan Apel

Penyakit yang Bisa Dicegah Dengan Makan Apel

Apel merupakan salah satu tanaman buah tahunan berasal dari Asia Barat dengan iklim subtropis dengan memiliki daging yang termasuk ke dalam golongan pome, buah Apel termasuk anggota famili Rosaceae dengan memiliki bagian buah yaitu terdiri dalam mesocarp (daging buah), pericarp (kulit buah), core (ati), biji dan juga endocarp (rongga biji).

Dimana buah Apel ini yang kaya akan kandungan nutrisi didalamnya yaitu diantaranya ada mineral yaitu magnesium. potasium, kalsium, zinc, zat besi, dan vitamin yaitu ada vitamin A, vitamin B1, vitamin B5, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B3, vitamin 9 dan juga vitamin C.

Dengan kaya akan nutrisi didalam buah Apel ini sehingga dengan mengkonsumsi buah Apel secara rutin yang bisa mencegah berbagai penyakit, selain itu juga buah Apel ini yang rendah kalori sehingga sangat cocok dijadikan untuk cemilan pada saat melakukan program diet.

Adapun untuk penyakit yang bisa dicegah dengan makan Apel di bawah ini ada beberapa manfaatnya yaitu sebagai berikut:

Penyakit Diabetes

Dengan kandungan polifenol dalam buah Apel ini yang  mampu mencegah jaringan rusak di dalam sel beta dimana sel beta ini yang memproduksi insulin dalam tubuh dan sel ini yang sering rusak untuk penderita diabetes tipe 2, sehingga dengan mengkonsumsi buah Apel secara rutin yang dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

Penyakit Kanker

Antioksidan dan antiinflamasi di dalam buah Apel ini yang memungkinkan dapat bertanggung jawab dalam efek pencegahan terjadinya potensial kanker, dimana menurut Finland’s National Public Health Institute yang menyimpulkan dengan diet buah Ape yang berhubungan dengan penurunan risiko terjadinya pengembangan kanker.

Penyakit Jantung

Mengkonsumsi buah Apel yang ternyata bisa mencegah risiko penyakit arteri koroner sehingga dengan asupan buah Apel atau jusnya yang bisa mengurangi penyakit jantung dengan waktu yang cepat, selain itu juga buah Apel yang mengandung flavonoid yang akan membantu dalam mencegah penyakit jantung dengan membantu menurunkan tekanan darah, bertindak sebagai antioksidan dan juga mengurangi oksidasi LDL.

Penyakit Asma

Buah Apel yang kaya akan antioksidan didalamnya yang mampu membantu dalam melindungi paru-paru dari adanya kerusakan oksidatif, sehingga dengan mengkonsumsi buah Apel yang secara rutin yang memiliki risiko penyakit asma terendah dengan kulit Apel yang mengandung quercetin yang akan membantu dalam mengatur sistem kekebalan pada tubuh serta mampu mengurangi peradangan.

Kesehatan Tulang

Penyakit yang bisa dicegah dengan makan Apel yaitu dikaitkan dengan kepadatan tulang akan lebih tinggi hal ini yang penanda kesehatan pada tulang, dimana antioksidan dan antiinflamasi didalam buah Apel yang mampu membantu dalam meningkatkan kekuatan dan juga kepadatan tulang.

Sistem Kekebalan Tubuh

Memakan buah Apel yang mampu membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh hal ini karena buah Apel yang mengandung vitamin C di dalamnya yang akan membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh, dengan memperkuat pada sistem kekebalan tubuh serta epitel yang akan menjadi penghalang terhadap kuman penyakit dan juga mampu melindungi dari stres oksidatif lingkungan yaitu seperti radiasi dan juga polusi.

Kesehatan Otak dan Mental

Dimana buah Apel yang mempunyai manfaat yang mampu membantu mencegah penurunan mental yang terkait dengan usia dan juga membantu menjaga asetilkolin yaitu neurotransmiter yang dapat menurun dengan seiring bertambah usia dengan tingkat asetilkolin yang rendah yang berkaitan dengan munculnya penyakit alzheimer, dimana konsentrat pada jus Apel ini yang mengurangi spesies oksigen reaktif yang berbahaya atau ROS di dalam jaringan otak dan juga untuk meminimalkan penurunan mental.

Melindungi Sel-Sel Perut dari Cedera yang Akibat dari NSAID

Dimana untuk obat antiinflamasi non steroid atau NSAID ini yang merupakan obat penghilang rasa sakit namun obat ini juga yang bisa melukai lapisan perut, tetapi dengan mengkonsumsi buah Apel yang secara rutin yang akan membantu dalam melindungi sel-sel perut dari cedera yang diakibatkan oleh NSAID ini yang dikarenakan oleh dua senyawa yaitu asam klorogenat serta katekin.

Pada Sistem Pencernaan

Penyakit yang bisa dicegah dengan makan Apel yaitu yang berkaitan pada sistem pencernaan contohnya seperti diare atau konstipasi, hal ini dikarenakan buah Apel yang mengandung pektin didalamnya seperti sejenis serat yang akan bertindak sebagai prebiotik.

Dengan mengkonsumsi buah Apel yang akan memberikan makan bakteri baik di dalam usus dan nantinya serat yang akan pergi ke usus besar hal ini yang bisa mendorong pertumbuhan bakteri baik, serat ini yang akan berubah menjadi senyawa yang sangat bermanfaat lainnya akan beredar ke seluruh tubuh.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dan air yang cukup banyak didalam buah Apel sehingga dengan mengkonsumsi buah Apel yang akan membuat kamu menjadi lebih mudah kenyang, selain itu juga terdapat beberapa senyawa alami di dalam buah Apel yang akan membantu dalam menurunkan berat badan.

Mungkin hanya itu saja beberapa penyakit yang bisa dicegah dengan makan Apel yang mungkin bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.