Thursday, 18 Jul 2024

Penyakit yang Tidak Boleh Makan Mangga

3 minutes reading
Monday, 6 Mar 2023 18:43 0 328 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Mangga yang kerap dijadikan sebagai minuman jus atau dimakan secara langsung karena buah ini yang menyegarkan ditambah rasanya yang manis, namun ternyata tidak semua orang bisa mengkonsumsi buah Mangga karena alasan tertentu lalu apa saja penyakit yang tidak boleh makan Mangga yuk simak penjelasannya disini.

Buah Mangga atau mempelam ini merupakan salah satu nama jenis buah yang termasuk ke dalam genus Mangifera yang dimana terdiri dari 35 hingga 40 anggota dari keluarga atau famili anacardiaceae, dimana buah Mangga ini yang berasal dari bahasa Tamil, mankay berarti man “pohon mangga” dan kay “buah”.

Pohon mangga ini yang memiliki perawakan yang besar dengan mencapai tinggi sampai 30 m atau bahkan lebih namun ada juga pohon mangga yang hanya sekitar 15 m, buah Mangga ini yang memiliki batang yang tegak bercabang kuat dengan daun yang lebat yang berbentuk kubah, memanjang atau oval yang berdiameter hingga 10 m.

Buah Mangga ini yang terkenal sebagai salah satu jenis buah yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh dan manfaat ini yang berasal dari kandungan mineral, vitamin didalamnya, namun ternyata ada beberapa orang yang tidak dibolehkan mengkonsumsi buah Mangga dengan berbagai alasan tertentu.

Untuk kamu yang belum tahu penyakit yang tidak boleh makan Mangga, maka bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini untuk mengetahuinya.

Penyakit yang Tidak Boleh Makan Mangga

Penyakit yang Tidak Boleh Makan Mangga

Pastinya sudah tidak asing dengan buah Mangga ini yang memiliki rasa yang manis dan juga menyegarkan ditambah lagi memiliki manfaat dan khasiat yang sangat melimpah, dimana buah Mangga merupakan salah satu buah tropis dengan memiliki warna kuning yang cerah dan rasanya yang manis dan menyegarkan.

Buah Mangga ini yang terkandung vitamin A, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, zat besi serta antioksidan seperti kalium, niasin, mangan tiamin, magnesium, folat, tembaga dan juga riboflavin, dengan beragam kandungan ini yang memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh.

Dimana buah Mangga ini yang telah dikonsumsi hampir di seluruh dunia dan bahkan di Indonesia buah Mangga bisa ditemui dengan mudah, namun ada beberapa kondisi atau penyakit yang tidak boleh makan Mangga hal ini yang bisa menyebabkan masalah kesehatan bukannya mendapatkan manfaatnya.

Adapun untuk beberapa penyakit yang tidak boleh makan Mangga yaitu sebagai berikut:

  • Pengidap alergi atau iritasi terhadap urushiol pada kulit Mangga yang akan menyebabkan kulit menjadi gatal, ruam-ruam, melepuh dan juga perih.
  • Diare, untuk kamu yang mengalami masalah pencernaan seperti diare sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi buah Mangga hal ini dikarenakan serat dalam buah Mangga yang banyak.
  • Penderita diabetes, mengkonsumsi buah Mangga untuk penderita diabetes yang bisa meningkatkan gula darah, hal ini yang dikarenakan kandungan gula sangat tinggi.

Sebenarnya bisa saja mengkonsumsi buah Mangga setiap hari namun dengan jumlah atau porsi yang wajar, karena memang buah Mangga ini yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh seperti sumber vitamin, melancarkan sistem pencernaan, dan juga mencegah berbagai penyakit kronis.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai penyakit yang tidak boleh makan Mangga yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.