Monday, 15 Apr 2024

5 Penyebab Mulut Terasa Pahit dan Mual

4 minutes reading
Saturday, 24 Feb 2024 05:16 0 48 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Terkadang dalam suatu kondisi, mulut kita terasa sangat pahit dan mual. Sebenarnya mengapa dan apa penyebab mulut terasa pahit dan mual ini? Pada dasarnya, kondisi seperti ini biasanya terjadi ketika kamu sedang tidak sehat atau sakit.

Namun, ada juga beberapa faktor lain yang menyebabkan mulut terasa pahit dan mual. Salah satunya adalah Dysgeusia, dimana kondisi ini pengidapnya dapat mengalami mulut terasa asam. pahit, atau asin seperti tersentuh logam, dan bahkan dysgeusia ini menimbulkan bau yang tidak sedap serta menyengat di mulut.

Lantas, apa saja penyebab mulut terasa pahit dan mual lainnya? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan mengenai penyebab mulut terasa pahit dan mual, secara menyeluruh. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Penyebab Mulut Terasa Pahit dan Mual

Penyebab Mulut Terasa Pahit dan Mual

Banyak diantara kamu mungkin merasa tidak nyaman ketika mulut terasa pahit dan mual. Makanan yang seharusnya sangat enak pun tidak akan menggugah nafsu makan kamu karenanya.

Pada dunia medis, kondisi ini kerap dikenal dengan sebutan dysgeusia. Dysgeusia sendiri tidak hanya memicu rasa pahit, tapi juga rasa asam atau seperti habis menjilat logam. Sebagian dari kamu mungkin akan merasa bahwa ketika sedang dalam kondisi sakit, kamu mendapati diri dalam dysgeusia tersebut.

Memang, secara alami ketika seseorang sedang sakit, tubuh mereka akan melepaskan protein-protein yang tercipta dari berbagai sel berbeda pada tubuh. Nantinya pelepasan protein ini akan berpengaruh terhadap indera pengecap maupun menyebabkan sensitivitas mulut akan rasa pahit dan mual.

Kondisi saat tubuh sedang sakit memang berpengaruh terhadap hal tersebut. Namun saat kondisi tubuhmu ternyata baik-baik saja, tetapi kamu mendapati kondisi mulut terasa pahit dan mual akan tetapi tidak tahu penyebabnya. Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan dysgeusia atau penyebab mulut terasa pahit dan mual yang perlu kamu waspadai, yaitu:

GERD atau Asam Lambung

Mulut kamu yang terasa pahit bisa saja disebabkan oleh naiknya asam lambung yang merupakan gejala dari penyakit GERD.

Penyebab utama penyakit ini adalah saat kamu mengonsumsi makanan asam, pedas, dan berlemak secara berlebihan. Selain itu, ketika kamu terlambat makan dan stress terus menerus juga dapat memicu penyakit ini.

Mulut Kering

Ketika kamu kekurangan produksi air liur juga dapat memunculkan rasa pahit pada mulut. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut xerostomia atau mulut kering. Di sisi lain, kondisi ini juga kerap menimbulkan bau napas dan mulut tidak sedap.

Kamu dapat mengalami kondisi ini akibat sering merokok, kurang asupan cairan, penggunaan obat-obatan tertentu, penuaan, hingga penyakit autoimun.

Ketidakseimbangan Hormon

Perubahan kadar estrogen pada wanita ketika sedang hamil atau menstruasi besar kemungkinan menjadi penyebab mulut terasa tidak enak.

Inilah sebabnya, banyak dari wanita hamil atau yang akan menstruasi merasakan pahit dan mual pada mulutnya.

Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Sejumlah obat-obatan medis juga dapat menimbulkan efek samping yang memicu gejala tersebut. Obat seperti antibiotik, obat tidur, obat diabetes, obat osteoporosis, obat jantung dan obat kanker.

Dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu akan menimbulkan segelintir efek samping pada tubuh kamu, salah satu diantaranya mulut terasa pahit dan mual.

Kurangnya Menjaga Kebersihan Gigi

Kebersihan gigi yang buruk sangatlah berpotensi menyebabkan bakteri dan kuman menumpuk di dalam rongga mulut kamu. Sehingga, mulut kamu jadi terasa pahit, mual, dan bahkan menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam mulut.

Nah, kondisi inilah yang nantinya membuat mulut terasa tidak enak layaknya sehabis menjilat logam. Selain itu, masalah gigi seperti gigi berlubang, infeksi dan penyakit gusi juga dapat menimbulkan gejala mulut menjadi pahit dan terasa mual.

Itulah beberapa penyebab mulut terasa pahit dan mual yang perlu kamu ketahui. Supaya kamu dapat mencegah permasalahan tersebut semakin memburuk. Cobalah untuk konsultasi ke dokter, jika dirasa kondisimu semakin tidak nyaman.

Ada baiknya, kamu juga menjaga kebersihan mulut secara menyeluruh agar tidak menjadi sarang bakteri yang dapat menyebabkan munculnya gejala tersebut. Hindari juga makanan yang memengaruhi pada kondisi tersebut. Good Luck semoga membantu.