Thursday, 18 Jul 2024

5 Penyebab Ngantuk Saat Belajar

6 minutes reading
Tuesday, 17 Oct 2023 20:50 0 179 Muti Karya

Nesiaverse.com – Apakah kamu sering kali merasa ngantuk saat belajar? Apakah penyebab ngantuk ketika jam pelajaran berlangsung. Sering mengantuk ketika mengikuti jam pelajaran di sekolah tidak jarang dirasakan beberapa pelajar. Ternyata kebiasaan ini memiliki banyak dampak negatif. Sehingga dengan mengetahui penyebabnya kamu yang biasa ngantuk saat belajar bisa mengatasinya di kemudian hari. 

Mengantuk mungkin memang menjadi salah satu penyebab banyaknya siswa yang kehilangan fokus pada jam pelajaran di kelas. Ketika kamu sedang mendengarkan materi penting yang akan masuk sebagai kisi-kisi soal ulangan, maka motivasi belajar kamu akan berangsur sirna, karena rasa ngantuk yang menyerang. Tentunya contoh ini merupakan salah satu dampak negatif yang bisa dirasakan. Sehingga penting untuk mengetahui penyebabnya dan mencari solusinya. 

Penyebab Ngantuk Saat Belajar

Penyebab Ngantuk Saat Belajar

Mengantuk merupakan salah satu sinyal yang dikirimkan otak, sebagai salah satu tanda bahwa tubuh membutuhkan istirahat. Rasa ngantuk ini ditandai dengan kondisi menguap yang terjadi berkali-kali, hilangnya fokus hingga konsentrasi, kemudian akan dilanjutkan dengan menurunnya tingkat kesadaran secara perlahan-lahan. 

Kondisi ini tidak hanya dialami pada malam hari saja, namun ngantuk juga dapat muncul ketika kamu tengah beraktivitas di pagi hari maupun siang hari. Salah satunya ketika kamu tengah jam belajar dalam kelas. Sehingga akan menghambat dan mengganggu fokus kamu untuk belajar. Banyak sekali efek negatif yang ditimbulkan karena mengantuk saat jam pelajaran dimulai. 

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, kamu harus mengetahui penyebab kenapa bisa ngantuk saat jam belajar. Karena dengan mengetahui penyebabnya maka akan mudah bagi kamu untuk mulai menghindari kondisi tersebut seraya mencari solusinya. 

Berikut kami sudah merangkum beberapa penyebab ngantuk saat belajar. 

Makan Secara Berlebihan

Penyebab dari ngantuk saat belajar diantaranya karena kebiasaan makan terlalu banyak atau dalam porsi berlebihan. Porsi makan memiliki pengaruh terhadap aktivitas sehari-hari seorang pelajar. Jika kamu mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak, maka kamu akan merasa kekenyangan yang memicu datangnya rasa ngantuk, ketika sampai di sekolah. 

Hal ini memang menjadi salah satu hal yang wajar terjadi pada manusia. Sehingga yang perlu kamu perhatikan adalah dengan mengatur pola sarapan yang tepat dan cocok. Maksudnya, yang mana mampu memberikan energi untuk menjalani aktivitas harian di sekolah, namun tidak dalam jumlah berlebihan. Karena justru akan menimbulkan efek ngantuk saat belajar. 

Tidak Sarapan

Jika sebelumnya penyebab ngantuk saat belajar karena makan dalam jumlah yang berlebihan, maka berikutnya adalah tidak sarapan. Kebiasaan tidak sarapan memiliki banyak efek dan dampak buruk pada tubuh,salah satunya adalah dapat menimbulkan rasa ngantuk saat belajar di kelas. Ketika kamu tidak makan pagi atau sarapan, hal ini akan membuat otak tidak bisa fokus dan kamu akan mengalami sengatan yang berangsur-angsur hilang sembari dalam kondisi menahan lapar. 

Sama halnya jika kamu tidak bisa jajan di sekolah, karena satu hal lainnya dan tidak membawa bekal. Nyatanya kamu tidak dapat mengisi ulang energi yang sudah terkursa di pagi hari karena kegiatan sekolah. Hal-hal inilah yang dapat membuat rasa kantuk kamu akibat kamu tidak sarapn sehingga tidak ada energi atau tenaga untuk aktivitas harian. 

Tidur Terlalu Malam

Tidur terlalu larut malam, merupakan salah satu penyebab ngantuk saat belajar. Penyebab satu ini memiliki hubungan yang erat, karena aktivitas begadang ini mungkin sering dilakukan namun tidak pernah kamu sadari. Seseorang yang kurang tidur akan membuat tubuh cenderung merasa leti dan menyebbakan kepala menjadi lebih pising. Nantinya mata kamu akan menjadi lebih lelah bahkan memerah. 

Nantinya akan menyebabkan kamu sering menutup mata bersamaan dengan kantuk yang menyerang. Tubuh manusia sendiri tahu apa yang harus dilakukan ketika mata kelelahan, yaitu adalah waktu tidur. Namun, hal ini memang menjadi salah satu tindakan yang tidak pantas dilakukan di dalam kelas, khususnya saat jam belajar berlangsung. Namun, jika kamu tidak dapat mengatasinya lagi, maka inilah untuk mengunjungi UKS, yang kemudian meminta saran pada guru di ruang UKS. 

Suasana di Ruang Kelas

Penyebab satu ini termasuk salah satu faktor penyebab ngantuk saat belajar. Penyebab satu ini tergantung dengan posisi ruang kelas dan lingkungans keitar kamu. Jika lingkungan kamu dalam kondisi atau cuaca yang dingin akibat mendung ataupun memasuki musim hujan, maka hal ini dapat memunculkan perasaan yang terlampau nyaman dan timbullah perasaan mengantuk. 

Ruangan kelas yang ber-AC atau menggunakan kipas angin juga menjadi salah satu faktor pemicu kamu ngantuk saat belajar. Dimana hembusan angin yang memiliki konsistensi yang berkalori akan memberikan rasa nyaman pada tubuh. Sehingga kamu mudah untuk mengantuk di tengah-tengah meja belajar. Hal ini nampak sederhana namun faktanya menjadi salah satu penyebab ngantuk saat belajar. 

Pembelajaran di Kelas

Memang tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa dalam proses pembelajaran di kelas maka dapat memicu berbagai perasaan hingga mengantuk. Jika memiliki guru yang kurang mampu membawa suasana kelas menjadi lebih hidup dan semangat untuk belajar, maka tentunya pada siswa-siswi akan cenderung merasakan bosan hingga kehilangan semangat untuk belajar. 

Hal itu menjadi salah satu penyebab ngantuk saat jam pelajaran berlangsung. Sehingga kamu dianjurkan untuk lebih berhati-hati lagi ketika mengalami kondisi tubuh yang ngantuk. Kamu harus mengetahui cara untuk mengatasinya. Yang mana kamu membutuhkan andil dari setiap siswa untuk mengikuti instruksi yang sesuai.

  • Perbanyak gerakan peregangan secara bersamaan atau gerakan lainnya dalam kurun waktu beberapa menit. 
  • Mulai mengatur posisi duduk siswa agar tetap tegak, usahakan menghindari postur yang menunduk. Posis duduk yang tegak ini sangat baik untuk membantu sistem saraf dan mampu mengendalikan fungsi dari kewaspadaan menjadi lebih aktif lagi.
  • Memperhatikan pencahayaan di dalam ruangan kelas, sehingga proses kegiatan belajar mengajar akan berlangsung dengan baik. Pencahayaan yang baik dapat membantu siswa lebih terjaga dan jauh lebih fokus lagi ketika belajar. 
  • Mengkonsumsi air minum yang cukup, sehingga akan terhindar dari kondisi dehidrasi. Tentunya kamu dapat memicu air di dalam kelas, ketika proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Namun, tentunya setiap guru memiliki kebijakan masing-masing di dalam jam kelasnya.
  • Kamu dapat mengatasi rasa ngantuk saat belajar dengan mencuci muka menggunakan air segar,kamut atau ijin ke toilet untuk memercikan air ke wajah. Hal ini dilakukan guna untuk mengembalikan fokus belajar, dan menghilangkan rasa ngantuk yang berlebihan. 
  • Mulai menghimbau para siswa-siswi untuk menghindari belajar di atas kasur kamar Hal ini bisa menjadi salah satu cara berkomunikasi dengan orang tua yang baik.

Nah, demikian pembahasan mengenai beberapa faktor penyebab timbulnya rasa ngantuk di saat jam belajar berlangsung. Tentunya jika rasa ngantuk muncul secara berkala ketika kamu tengah berada di jam produktif untuk bekerja atau belajar, maka kamu dianjurkan untuk segera mengatasinya. Kamu dapat memilih tata cara di atas untuk mengatasinya.