Monday, 15 Apr 2024

7 Penyebab Rumah Tangga Tidak Harmonis

6 minutes reading
Friday, 2 Feb 2024 19:21 0 29 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Tujuan dari pernikahan adalah membangung rumah tangga yang harmonis. Namun, pastinya ada saja yang menjadi penyebab rumah tangga tidak harmonis, dan bahkan menimbulkan berbagai konflik yang terkadang berujung pada perceraian.

Seringkali, orang-orang terlalu menyepelekan hal-hal kecil yang memicu terjadinya ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Bahkan, tanpa mereka sadari hal itu bisa melukai perasaan pasangannya, yang mana lama-kelamaan keharmonisan dalam rumah tangga ini dapat memudar. Memang, kebanyakan penyebab rumah tangga tidak harmonis itu bermula pada masalah-masalah yang kamu anggap sepele.

Lantas, apa saja sih penyebab rumah tangga tidak harmonis? Nah, disini akan memberikan beberapa penjelasan terkait penyebab yang dapat membuat rumah tangga tidak harmonis kembali. Jadi langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Penyebab Rumah Tangga Tidak Harmonis

Penyebab Rumah Tangga Tidak Harmonis

Semua orang ingin mendapatkan rumah tangga yang harmonis dan tetap selalu bertahan meskipun banyak cobaan, yang terkadang membuat seseorang menjadi lebih kemakan emosi dan mengambil keputusan secara impulsif.

Hal itulah yang sering berujung pada perpisahan. Pentingnya mencari pasangan yang bisa menjadi pemimpin dan tau cara mengatasi permasalahan dalam rumah tangga.

Begitupun, sebagai pelengkap dari kekurangan pasanganmu, kamu juga perlu banyak belajar bagaimana cara memperlakukan pasanganmu dengan layak dan semestinya.

Dengan mengetahui penyebab rumah tangga tidak harmonis, bisa menjadi salah satu solusi untuk mencegah masalah-masalah ketidakharmonisan, serta sebagai pelajaran juga bagi kamu yang baru saja menikah. Karena, pastinya masih banyak hal baru yang belum kamu ketahui setelah menikah.

Maka dari itu, jangan gengsi untuk belajar banyak hal tentang berumah tangga, supaya mendapati rumah tangga yang harmonis di kemudian hari.

Nah, berikut adalah penyebab rumah tangga tidak harmonis, diantaranya yaitu:

Masalah Ekonomi

Faktor ekonomi adalah salah satu penyebab rumah tangga tidak harmonis. Setelah berumah tangga, kebutuhan akan meningkat secara drastis. Keadaan ekonomi yang stabil jelas diperlukan untuk memenuhi kebutuhan yang begitu besar.

Namun, masalah ekonomi seringkali mengganggu keharmonisan rumah tangga dan keluarga. Jika tidak ada rasa bersyukur dan lapang dada di antara pasangan dan anak-anaknya, situasi ekonomi yang tidak stabil pasti akan menyebabkan konflik.

Selain itu, permasalahan ekonomi bukan hanya tentang nominal. Bisa saja akar permasalahannya berasal dari rasa ketakutan dalam diri sendiri. Misalnya, takut akan tidak dianggap penting dan dihargai ketika mengambil sebuah keputusan.

Pada sebagian kasus, ketika suami sudah kesulitan menafkahi keluarga, istri dan anak-anak menjadi enggan untuk menurut. Di sini, peran ayah sangat penting untuk menjaga rumah tangga agar tetap damai dan harmonis.

Komunikasi Tidak Berjalan Dengan Baik

Komunikasi yang efektif tentu dapat membantu menciptakan lingkungan yang harmonis, saling mendukung, dan penuh kebahagiaan di dalam rumah tangga.

Hal ini karena, komunikasi yang sehat memainkan peran sentral dalam menjaga hubungan yang sehat dan harmonis antara anggota keluarga.

Komunikasi yang intens, saling terbuka, jujur, dan penuh pengertian antara pasangan merupakan kunci penting dalam membangun hubungan yang baik.

Dengan demikian, apabila komunikasi ini tidak berjalan dengan semestinya, dapat menjadi penyebab rumah tangga tidak harmonis dan bahkan menimbulkan ketidakseimbangan rumah tangga, konflik berkepanjangan, bahkan risiko perceraian.

Salah Satu Diantaranya Merasa Tidak Terpenuhi Kebutuhan Biologisnya

Aktivitas seksual merupakan salah satu aspek paling penting dalam pemenuhan kebutuhan biologis pada rumah tangga. Apabila salah satu diantara pasangan tidak merasa terpenuhi secara biologisnya, besar kemungkinan akan menghasilkan kerenggangan jika tidak diselesaikan secara baik dan benar.

Kerenggangan ini juga dapat menjadi efek domino terhadap keharmonisan rumah tangga, misalnya lebih sering terjadi konflik karena ketidak sepemahaman, atau keduanya jadi lebih jarang menghabiskan waktu bersama.

Maka dari itu, sebaiknya dibicarakan baik-baik untuk mendapatkan alternatif solusi dari permasalahan yang dihadapi. Sebab, penyebab rumah tangga tidak harmonis yang sudah menyangkut pada ketidakpuasan biologis, ternyata jangan disepelekan.

Ada Orang Ketiga Dalam Rumah Tangga

Permasalahan rumah tangga, kelebihan serta kekurangannya ada baiknya harus tetap terjaga privasinya. Sebab, penyebab rumah tangga tidak harmonis ini lebih banyak disebabkan oleh adanya ikut campur tangan dari orang lain, akibat terlalu sering bercerita tentang permasalahan dalam berumah tangga kepada orang lain.

Orang ketiga disini tidak hanya tertuju pada perselingkuhan ya, melainkan keterlibatan terlalu berlebihan, semisal dari orang tua terhadap permasalahan yang tengah dihadapi anak dengan pasangannya, atau anak terhadap permasalahan orang tuanya. Bahkan lebih buruknya sampai bercerita ke teman atau orang asing yang memiliki niat jahat atau mempengaruhi pada kehancuran rumah tanggamu.

Munculnya Kekerasan Secara Fisik Maupun Verbal

Ketika sudah menyangkut kekerasan, keharmonisan sudah menjadi hal yang asing ditelinga. Bagaimana tidak? kekerasan tidak menyelesaikan permasalahan apapun, terkhususnya dalam berumah tangga. Yang ada, hanya akan memicu lebih banyak perkara yang nantinya menjadi cikal bakal terjadinya konflik dan ketegangan antar pasangan.

Kekerasan secara verbal, sering diartikan juga sebagai ketidakmampuan mengkomunikasikan keinginan secara baik dan efektif. Begitupun kekerasan secara fisik, sama sekali tidak dapat dibenarkan sebagai upaya mendisiplinkan dan mengajari pemahaman yang ingin kamu sampaikan pada pasanganmu, bahkan kamu dapat berurusan dengan hukum nantinya.

Dengan demikian, hal tersebut menjadi penyebab ketidakharmonisan dalam berumah tangga.

Malas Tampil Sempurna di Depan Pasangan

Semakin lama suatu usia pernikahan, maka tingkat kenyamanan pasangan dalam keinginan untuk tampil sempurna di hadapan pasangan pun akan semakin berkurang. Alasannya cenderung lebih terhadap persepsi bahwa pasangan yang sudah dalam usia pernikahan yang lama menjadi sudah saling menerima satu sama lain.

Jika kamu berpikiran begini, maka kamu harus hati-hati karena hal tersebut dapat melukai perasaan pasanganmu. Menjaga kebersihan dan penampilan tetaplah perkara yang penting meskipun kamu sudah menikah, dengan demikian pasanganmu akan tetap merasa bahwa dirinya istimewa dan berharga ketika kamu tampil sempurna di hadapannya.

Hilangnya Rasa Percaya Satu Sama Lain

Kepercayaan adalah bagian penting dari pernikahan yang baik. Pasangan yang saling percaya satu sama lain tidak akan menaruh rasa curiga satu sama lain.

Jika kamu merasa curiga tetapi pasanganmu tidak menunjukkan tanda-tanda bersalah, cobalah bicarakan dengan jujur dan cari tahu alasan di baliknya.

Dengan cara ini, keharmonisan dalam hubungan akan tetap terjaga. Akan tetapi, bila tidak diatasi dengan baik, maka dapat menjadi penyebab terjadinya ketidakharmonisan dalam berumah tangga.

Itulah beberapa penyebab rumah tangga tidak harmonis yang perlu kamu ketahui. Mungkin dengan kamu menyadari hal itu, kedepannya bisa diperbaiki lagi agar hubungan dalam berumah tangga kamu jadi lebih baik dan saling mengerti satu sama lain.

Jangan sungkan bercerita atau belajar untuk lebih terbuka kepada pasanganmu, karena kunci dari rumah tangga yang harmonis adalah dengan berkomunikasi. Supaya, keduanya dapat saling memahami dan mengerti apa yang kita mau ataupun butuhkan. Good Luck semoga membantu.