Wednesday, 17 Jul 2024

8 Penyebab Suara Murai Batu Monoton

6 minutes reading
Saturday, 23 Sep 2023 09:20 0 189 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Dengan memiliki burung murai batu yang sehat dan juga gacor menjadi salah satu keinginan kebanyakan orang para kicau mania, namun tidak sedikit burung murai batu yang mengeluarkan suara yang monoton untuk itu kamu perlu mengetahui penyebab suara murai batu monoton.

Dimana burung murai batu ini yang sering diikutsertakan dalam perlombaan oleh para kicau mania, dengan mendapatkan gelar kejuaraan menjadi salah satu kebanggaan tersendiri untuk pemiliknya, kejuaraan yang akan didapatkan jika burung murai batu yang dimiliki sudah gacor, bermental bagus dan juga materi isian banyak.

Tetapi diantaranya masih terdapat sebagian burung murai batu yang kurang mental lalu suara kicauannya yang monoton, pada umumnya untuk bunyi monoton yang hanya dimiliki oleh jenis burung betina sementara pejantan harusnya berbeda atau bervariasi.

Untuk itu agar suara kicauannya tidak monoton maka perlu mengetahui mengenai penyebab suara murai batu monoton, biasanya pola perawatannya yang kurang baik menjadi penyebab suara monoton tersebut dihasilkan.

Tetapi selain itu juga masih banyak beberapa penyebab lainnya, untuk mengetahui dengan beberapa penyebab suara murai batu monoton kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan seksama.

Penyebab Suara Murai Batu Monoton

Penyebab Suara Murai Batu Monoton

Burung murai batu merupakan salah satu jenis burung sangat populer di kalangan para pecinta burung kicau, dimana suara kicauan yang dihasilkan burung murai batu ini terkenal merdu dan lantang sehingga membuat burung ini disukai dan diminati oleh para penggemarnya.

Bahkan burung murai batu ini tidak hanya memiliki suara yang merdu saja tetapi terkenal dengan memiliki warna yang sangat indah menjadi daya tariknya, tetapi sering ada masalah dialami oleh pemilik burung murai batu yaitu suara yang monoton.

Suara burung murai batu mulai monoton bisa membuat kehilangan daya tarik sehingga jika ingin burung murai batu yang kamu miliki suaranya tidak monoton maka perlu mengetahui penyebabnya, adapun untuk beberapa penyebab suara murai batu monoton dan cara mengatasinya yaitu sebagai berikut:

Kurangnya Pemasteran

Untuk penyebab suara murai batu monoton yaitu kurangnya pemasteran dan pemasteran sendiri yaitu proses memberikan latihan pada burung untuk meniru suara kicauan dari burung lain, burung murai batu kurang pemasteran yang akan cenderung lebih menghasilkan suara kicauan monton.

Hal tersebut karena burung murai batu ini yang hanya menirukan suara kicauan dasar saja, dengan begitu pemasteran sangat penting diberikan agar burung murai batu bisa menirukan suara kicauan yang berkualitas dan juga lebih bervariasi.

Makanan Kurang Bergizi

Makanan kurang bergizi yang diberikan pada burung murai batu menjadi salah satu penyebab suara murai batu monoton, karena burung murai batu ini yang membutuhkan makanan mengandung vitamin, protein, mineral dan juga lemak yang cukup agar bisa menghasilkan suara yang bagus.

Sehingga dengan begitu kamu harus memastikan burung murai batu mendapatkan makanan yang bergizi dan seimbang, selain dengan memberikan pakan utama kamu juga yang perlu memberikan extra fooding yaitu makanan tambahan seperti ulat hongkong, jangkrik, kroto yang mengandung nutrisi dan protein dibutuhkan oleh burung.

Pola Makan Tidak Seimbang

Salah satu penyebab suara murai batu monoton yaitu pola makan tidak seimbang karena burung murai batu yang membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk meningkatkan suara kicaunya, jika burung tersebut tidak diberi makanan dengan seimbang dan nutrisi tepat maka bisa menyebabkan suara kicaunya menjadi monoton.

Dengan pola makan tidak seimbang bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan pada burung murai batu seperti kekurangan mineral dan vitamin sangat penting, berfungsi mempertahankan kondisi fisik serta suara kicaunya yang berkualitas.

Selain itu juga burung murai batu yang memerlukan mineral dan vitamin tertentu untuk membantu meningkatkan kesehatan dan juga stamina burung tersebut, dengan begitu pemilik burung murai batu sebaiknya memberikan makanan seimbang dan berkualitas agar burung tersebut memiliki suara kicauan yang bervariasi dan merdu.

Kurangnya Dijemur

Kurangnya dijemur burung murai batu ini yang akan cenderung menghasilkan suara kicauan monoton, proses penjemuran burung bertujuan untuk membantu membentuk suara kicauan lebih berkualitas dan bervariasi serta membentuk bulu-bulu burung agar lebih sehat, bersih dan juga kuat.

Saat penting untuk selalu menjemur burung murai batu secara teratur pada waktu yang tepat di pagi hari atau sore hari, hal ini yang akan memberikan manfaat untuk membantu burung murai batu  tersebut agar tetap sehat serta menghasilkan suara kicauan yang bervariasi dan juga berkualitas.

Jarang Pengembunan

Dengan jarang pengembunan yang menjadi salah satu penyebab suara murai batu monoton dan pengembunan sendiri yaitu proses memberikan air pada burung melalui semprotan air, hal ini dilakukan agar menjaga kelembaban tubuh burung serta membersihkan bulunya.

Dimana burung murai batu yang tidak atau jarang melakukan pengembunan maka akan lebih cenderung menghasilkan suara kicauan monoton, hal ini karena kualitas suara yang terpengaruh oleh kondisi kesehatan tubuh burung tersebut dengan begitu sangat penting burung murai batu ini diberikan pengembunan secara teratur sesuai kebutuhan burung tersebut.

Belum Mencapai Pada Titik Berahinya

Burung murai batu belum mencapai pada titik birahi yang akan cenderung menghasilkan suara kicauan monoton, hal tersebut dikarenakan kondisi hormonal burung yang belum siap untuk berkicau dengan suara yang berkualitas dan juga lebih bervariasi.

Sangat penting untuk pemilik burung murai batu untuk selalu memperhatikan usianya dan menunggu hingga burung tersebut mencapai titik birahi sebelum memberikan pemasteran dan juga latihan berkicau, sehingga burung yang akan menghasilkan suara kicauan lebih berkualitas dan bervariasi.

Kondisi Kandang Tidak Mendukung

Dengan kondisi kandang yang tidak mendukung atau buruk bisa mempengaruhi kualitas suara burung murai batu seperti kandang tidak bersih, terlalu kecil, terlalu mengandung bahan kimia, ventilasi tidak baik, hal ini bisa mempengaruhi pada kondisi fisik dan juga suara kicauan burung menjadi monoton.

Burung murai batu ini yang lebih membutuhkan lingkungan sehat dan bersih untuk berkembang dan tumbuh dengan baik, sehingga pastikan untuk kandang burungnya selalu terawat dengan baik dan bersih dengan kandang sehat dan bersih bisa meningkatkan suara kicauan burung lebih berkualitas.

Mengalami Stres

Burung murai batu yang mengalami stres bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya perhatian, lingkungan buruk, hingga masalah kesehatan, jika mengalami stres yang akan cenderung menghasilkan suara kicauan monoton hal ini karena kondisi kesehatan burung murai batu yang tidak optimal.

Agar burung murai batu tidak mudah stres maka pastikan untuk selalu memberikan lingkungan yang nyaman dan sehat, memperhatikan kondisi kesehatannya serta memberikan perhatian yang cukup, hal ini sangat penting terutama jika sering melatihnya maka burung tersebut akan semakin rentan mengalami stres.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa penyebab suara murai batu monoton yang harus kamu ketahui dan juga beserta cara mengatasinya bisa kamu lakukan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.