Perawatan Cucak Ijo Harian

6 minutes reading
Sunday, 15 Oct 2023 15:45 0 13 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Sekarang ini sudah banyak sekali sebagian masyarakat yang memilih untuk memelihara burung kicau salah satunya burung cucak ijo, namun sebelum kamu memelihara burung yang satu ini maka pastikan kamu mengetahui dengan beberapa perawatan cucak ijo harian dan untuk mengetahuinya yuk simak penjelasannya disini.

Burung cucak hijau atau lebih dikenal dengan sebutan burung cucak ijo ini merupakan salah satu jenis burung kicau dengan memiliki bulu dominasi berwarna hijau dan pada bagian bawah paruhnya yang berwarna hitam.

Tidak hanya itu saja burung cucak ijo atau cucak hijau ini yang memiliki nama sebutan lainnya yaitu burung cica daun (Chloropsis sp.) yang termasuk ke dalam kelompok burung yang lebih senang bernyanyi dengan suara yang nyaring dan juga merdu.

Burung burung cucak ijo ini merupakan salah satu jenis burung yang tidak dapat dipandang sebelah mata, karena memang burung cucak ijo ini yang memiliki suara yang merdu dan nyaring sehingga burung ini sering di ikut sertakan dalam perlombaan.

Bintangnya yang semakin gemilang dan sudah terbukti dalam perlombaan burung berkicau di beberapa daerah, bahkan untuk kelas yang dibuka untuk burung cucak ijo ini yang selalu penuh karena memang sudah banyak sekali orang yang memilih untuk memelihara burung kicau yang satu ini.

Tidak heran jika banyak orang yang mulai memelihara burung cucak ijo ini di rumahnya yang dijadikan sebagai hewan peliharaan kesayangan dan bahkan sahabatnya, namun masih banyak orang yang belum tahu dengan jelasnya mengenai perawatan cucak ijo harian yang tepat.

Nah untuk kamu yang masih pemula dan ingin tahu dengan apa saja perawatan cucak ijo harian yang tepat dan baik, maka untuk mengetahuinya kamu bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini dengan seksama.

Perawatan Cucak Ijo Harian

Perawatan Cucak Ijo Harian

Burung cucak ijo ini yang memiliki warna bulu yang full hijau dan sekarang ini jenis burung ini yang sedang banyak digandrungi di kalangan para pecinta burung kicau tanah air, selain dengan memiliki perawatan yang sangat bagus burung cucak ijo juga yang memiliki suara kicau yang merdu dan juga gacor.

Terdapat beberapa karakter suara kicauannya yang dapat dikeluarkan oleh burung cucak ijo diantaranya yaitu ngekek, ngebren, nyrecet, nembak, ngerol dan juga masih banyak lagi yang lainnya, sehingga sudah tidak heran jika burung jenis yang satu ini sering diikutsertakan dalam perlombaan ajang kejuaran antar kota, kabupaten dan bahkan nasional.

Tetapi untuk bisa menjaga postur tubuh burung cucak ijo ini tetap ideal dan juga ingin tampil prima pada saat lomba menjadi salah satu hal yang tentunya tidak mudah, para pemiliknya yang harus ekstra dalam pola perawatanya, segi pakannya harus tetap seimbang.

Untuk perawatan cucak ijo harian yang baik dan tepat tentunya hampir sama dengan perawatn pada burung-burung kicau lainnya, adapun untuk beberapa perawatan cucak ijo harian yang bisa kamu coba lakukan yaitu sebagai berikut:

  • Pada setiap pagi burung cucak ijo yang harus dimandikan, kemudian diangin-anginkan di luar rumah dengan waktunya sekitar 20 hingga 30 menit.
  • Selanjutnya untuk waktu penjemuran yang dapat dilakukan mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB menjadi waktu yang paling tepat dan bagus menjemur burung cucak ijo.
  • Pada saat burung cucak ijo dalam proses penjemuran pastikan burung tersebut tidak melihat burung sejenisnya atau burung kicau yang lainnya karena untuk membantu menjaga kondisi burung tidak birahi.
  • Berikan pakan jangkrik sekitar 3 ekor pada cepuk extra fooding (EF), harus diingat jangan memberikan jangkrik secara langsung.
  • Karena pada kaki-kaki jangkrik yang sedikit tajam¬† yang takut nya nanti bisa menyakiti tenggorokan si burung cucak ijo.
  • Setelah burung cucak ijo di jemur selama kurang lebih 20 hingga 30 menit, kemudian angin-angin selama kurang lebih 10 menitan.
  • Lalu pada sore harinya burung cucak ijo yang dilakukan master dengan menggunakan CD master natural therapy plus atau cd master bird contest yang bertujuan untuk membantu melatih suara kicau burung cucak ijo tersebut.
  • Pada pukul sekitar 15.00 atau 16.00 WIB burung cucak di angin-angin kembali di teras depan rumah.
  • Berikan pakan jangkrik atau pakan extra fooding (EF) lainnya seperti kroto atau ulat hongkong.
  • Pastikan jangan memberikan extra fooding dengan jumlah yang secara berlebihan karena bisa mengganggu kualitas dan juga performa burung cucak ijo.

Terdapat beberapa jenis makanan untuk perawatan cucak ijo harian yang bisa kamu berikan agar burung cucak ijo kesayangan kamu bisa juara atau menang, makanan di bawah ini yang yang dapat dijadikan rekomendasi untuk perawatan burung cucak ijo yaitu sebagai berikut:

Voer

Voer yang menjadi salah satu jenis pakan atau makanan yang bisa berikan pada burung cucak ijo dalam perawatan hariannya, voer juga yang sangat cocok untuk burung cucak ijo agar juara dalam perlombaan karena memiliki kadar kandungan protein sedang yaitu sekitar 12 hingga 18%.

Dimana voer yang dapat kamu berikan hanya sebagai pakan pelengkap kebutuhan nutrisi burung cucak ijo saja, pastikan dalam pemberian makanan voer ini dalam jumlah atau porsi yang seimbang tidak berlebihan agar kesehatan burung cucak ijo tetap stabil dan sehat.

Buah-buahan

Buah-buahan segar yang ternyata termasuk ke dalam salah satu jenis makanan atau pakan untuk perawatan cucak ijo harian yang tepat, dimana untuk beberapa jenis buah-buahan segar tersebut yaitu seperti buah apel, pepaya, pisang, pir, dan juga tomat yang sangat disukai oleh burung cucak ijo.

Tetapi buah yang baik untuk dijadikan sebagai pakan burung cucak ijo yaitu buah pepaya karena selain mudah untuk dicerna buah pepaya ini juga yang kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya sehingga mampu membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Extra Fooding (EF)

Terakhir untuk jenis makanan atau akan yang bisa diberikan pada burung cucak ijo dalam perawatan hariannya yaitu ada extra fooding yang berupa jangkrik, kroto, ulat hongkong, ulat bambu, ulat bambu, orong-orong dan juga yang lainnya bisa kamu berikan dengan jumlah yang seimbang.

Dalam pemberian extra fooding pada burung cucak ijo ini yang bertujuan untuk membantu tumbuh kembang burung kesayangan kamu, untuk pemberiannya harus lebih diperhatikan karena untuk pemberian extra fooding jenis kroto dan juga ulat hongkong.

Karena jika kroto dan juga ulat hongkong yang diberikan secara berlebihan justru akan meningkatkan suhu panas pada tubuh burung cucak ijo tersebut, dengan begitu burung cucak ijo yang yang menjadi over birahi dan juga galak sehingga pastikan memberikannya dengan porsi yang tepat seimbang.

Mungkin hanya itu saja untuk beberapa perawatan cucak ijo harian yang tepat untuk menjadikan burung kesayangan kamu menjadi juara dalam perlombaan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba dan terapkan dengan mudah dirumah secara rutin dan teratur.